Top Social

Cara Menulis Banyak Artikel Hanya dalam Sehari



Kemarin sempat ada yang meminta topik satu ini dibahas. Tapi, sebelumnya saya juga mau cerita lebih dulu, kenapa tiba-tiba ada pertanyaan seperti itu. Bisa jadi karena saya sempat bercerita tentang jumlah artikel saya di media yang sudah lebih dari 1000 artikel dan masih sempat ngisi blog juga dalam setahun terakhir.

Artikel terbanyak saya ada di UC News. Platform satu ini memang menjadi media pertama yang saya coba. Jadi, baru belajar nulis artikel memang ketika bergabung bersama UC News. Yap! Saya paham, platform satu ini penuh dengan kontroversi. Yang artikel orang dicopaslah, judul nggak sesuai sama isi, dan fee tidak dibayarkan. Untuk fee yang tidak cair, saya pribadi hanya mengalami sekali. Selebihnya, Alhamdulillah lancar.

Nah, artikel saya yang jumlahnya 1000 itu saya kumpulkan dari menulis harian yang biasanya dikerjakan sehari maksimal hanya bisa kirim 5 artikel di UC News (jika sudah mencapai poin tertentu). Dan juga dari proyek menulis artikel. Nah, dari proyek ini, saya dibantu juga oleh teman-teman saya dari GSM untuk mengisi. Kalau nggak salah ada sekitar 100an artikel yang mereka bantu untuk beberapa kali proyek. Sisanya saya tulis sendiri semua. Nah, itulah kenapa kok banyak banget artikelnya? Karena dulu saya ngebut nulisnya sebab sedang ikutan proyek di UC News sehingga dalam sehari saya boleh kirim berapa pun yang saya mau dan saya bisa. Jadi, sudah kebayang dong dari mana itu artikel kenapa bisa bejibun? Hihi. Belum di platform lainnya.

Lalu, pertanyaan intinya, gimana kita bisa menulis artikel lebih dari satu dalam sehari? Saya juga bingung dan pengen nanya, kenapa teman-teman tidak bisa melakukannya? Apakah karena kendala waktu, kurang pede, mentok ide atau apa? Minimal menulis artikel cukup 300 kata. Insya Allah dua artikel sehari itu tidak mustahil.

Jika kita sudah biasa menulis, Insya Allah kita pun akan lebih mudah menyelesaikannya. Jadi, kunci pertama yang harus kamu pegang adalah konsisten menulis setiap hari. Karena tanpa melatih kemampuanmu sendiri, mustahil kamu bisa berhasil menyelesaikan tulisan dalam waktu singkat. Sebab menulis itu butuh jam terbang, nggak sekadar suka aja, butuh banget dilatih supaya semakin mahir.

Selain itu, saya coba berikan beberapa tips supaya kamu bisa menulis artikel setiap hari lebih dari satu.

Banyak Membaca Artikel Sejenis
Salah satu cara yang bisa kamu lakukan supaya pandai dan lebih cepat menyelesaikan tulisan adalah dengan banyak membaca jenis artikel yang menarik atau sesuai dengan keinginanmu. Jika kamu ingin menulis artikel untuk platform remaja, sebut saja Hipwee, kamu juga harus membaca artikel-artikel yang terbit di sana. Dengan begitu, kamu sudah ada bayangan dong gimana menyelesaikan tulisan kamu selanjutnya? Gimana membuat sapaan, gimana membuat pembuka dan penutup. Ya, semua ini bukan rahasia, sebab sejatinya memang sering dilakukan, tetapi kadang kamu nggak sadar apa manfaat dari banyak membaca itu.

Sering Berlatih
Nggak ada cara yang lebih baik daripada berlatih secara terus menerus sehingga kamu bisa menguasai rahasia menulis dalam waktu singkat. Jujur saja, beberapa media itu punya karakter sendiri. Artikel bagus belum tentu cocok masuk ke UC News, bisa jadi hanya dihinggapi lalat, semua itu terjadi karena pembaca di sana memang sukanya yang berbeda daripada itu. Kadang artikel simpel, tema ringan justru diserbu pembaca. Begitu juga dengan platform lain, Hipwee misalnya, lumayan susah masuknya karena nggak semua tulisan rapi bisa terbit. Yap! Nggak sekadar rapi saja.

Jadi, kamu harus berlatih dan mempelajari karakter media tersebut. Jika tujuan kamu masuk UC News, tema yang diangkat bisa banyak hal, sayangnya salah langkah dikit saja bisa kena offline. Ada trik-trik tertentu yang harus kamu ketahui ketika masuk ke platform ini dan bertahan di sana demi mengumpulkan dollar.

Luangkan Waktu Untuk Menulis
Bagaimana kamu bisa menyelesaikan banyak tulisan, kalau kamu masih menunda pekerjaan, masih malas meluangkan waktu untuk menulis, minimal buat ngisi blog deh. Gimana kamu bisa menulis lebih dari satu kalau kamu saja enggan memberikan waktu buat diri kamu sendiri?

Jangan menunggu waktu luang, sebab sehari-hari kita memang akan repot nggak ada habisnya. Saya pun merasa capek dan lelah seharian, tetapi saya berusaha meluangkan waktu ketika anak-anak tidur atau sedang bermain bersama ayahnya, saya segera menyelesaikan target. Saya juga nggak sepandai apa mengatur waktu, tapi saya berusaha dan tidak menyerah.

Me time buat saya adalah menulis. Waktu istirahat saya habis untuk menulis, ketika sudah jenuh, saya tidak memaksa. Lebih baik saya ambil jeda, kalau ngantuk saya memilih tidur. Kemudian saya bisa melanjutkan lagi. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan sesuai dengan kemampuan dan kondisi kamu. Jadi, luangkan waktu, meski itu akan mengurangi waktu istirahat dan tidur kamu. Itu jika kamu memang benar-benar ingin melakukannya.

Ikuti Tantangan



Saya tipe orang yang suka mengikuti tantangan. Kalau nggak ada tantangan kadang males mau ngebut nulis. Seperti ketika ada kompetisi, PR kelas menulis dengan deadline, dan keinginan untuk mencoba mengetahui seberapa bisa saya untuk menaklukkan sebuah media.

Dengan ikut tantangan, saya memaksa diri lebih cepat mengerjakan semuanya. Misalnya dalam 3 hari harus nulis 50 artikel, berarti sebelum mulai, saya sudah menyiapkan beberapa artikel sehingga dalam 3 hari hanya mengerjakan separuhnya misalnya. Itu triknya supaya kita mampu.

Untuk bulan Januari 2019, demi membantu para blogger aktif mengisi blognya, Estrilook mengadakan ODOP atau One Day One Post dengan mengisi blog masing-masing selama 31 hari tanpa terputus. Dan cara ini memang terbilang cukup efektif menantang saya dan para blogger lain supaya lebih konsisten mengisi blog. Banyak banget yang ikut ODOP karena telah lama nggak ngisi blognya. Mereka ingin aktif lagi.

Kalau kamu tertarik untuk bergabung, kamu bisa masuk ke FB Grup Estrilook Community. Di sana juga ada blogwalking setiap Senin dan Kamis. Selain bisa ikut kelas bedah artikel (free) setiap dua minggu sekali, kamu juga bisa lebih semangat karena dapat berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi dan passion yang sama.

Fokus
Saya ini nggak bisa fokus ketika terlalu banyak yang dikerjakan. Saya tidak tahu bagaimana dengan yang lainnya. Kalau saya pribadi, lebih baik saya mengejar satu target saja, baru kemudian ganti target lain jika mau. Dengan fokus, kita bisa mengerjakan lebih banyak artikel karena tidak sibuk ingin membereskan yang lain juga. Pikiran pun tidak terpecah. Dan ingat, jangan tergesa, lakukan dengan senang hati dan nikmatilah.

Ikut Kelas Menulis Online


Saya ini, termasuk orang yang senang banget ikut kelas menulis online. Karena sadar masih banyak kekurangan, jadi saya berusaha memperbaiki dengan banyak ikut kelas. Saya juga nggak pilih-pilih kelas. Selama itu bermanfaat buat saya, buat passion menulis saya, Insya Allah akan saya ikuti. Percayalah, uang yang kamu habiskan untuk kelas menulis itu sejatinya tidak hilang, justru menjadi semakin berkembang dan melekat pada diri kamu.

Dengan ikut banyak kelas menulis, kita jadi mengerti apa yang kurang dari diri kita, dan apa yang salah dan perlu dibenahi. Nah, hari ini Estrilook kembali meluncurkan kelas menulis artikel.

Buat kamu yang ingin ikut, bisa banget mengirimkan email ke muyass04@gmail.com. Kelas diadakan di whatsapp. Materi diberikan selama 3 hari. Sedangkan masa pendampingan diberikan selama dua minggu atau hingga akhir Januari 2019.

Nah, kira-kira itu yang saya lakukan selama ini. Kenapa saya bisa menulis artikel lebih dari satu dalam sehari? Dan kadang masih menulis naskah buku. Nggak ada yang khusus selain keinginan dan usaha yang kuat. Saya percaya, semua usaha yang kamu lakukan akan berbuah manis nantinya. Jangan mudah menyerah, dan kuy, semangat!

19 comments on "Cara Menulis Banyak Artikel Hanya dalam Sehari"
  1. Terima kasih mbak atas tips and tricks untuk produktif dalam menulis. Ini penting buat saya..

    ReplyDelete
  2. keren mbak bisa dapet uang dari UCnews , kira kira biasa nulis artikel tentang ap aaja ?
    ODOP keliatannya keren juga ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sy nulis lifestyle aja, kadang tekno tapi jarang..hehe

      Delete
  3. Keren yaaaa. Kadang aku terkendala ama urusan rumah kudu beres dulu baru bisa me time.. Itu juga gak mungkin berjam2 tetep kudu diselingin ama kerjaan lain he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak..semua hampir sama sih..sy juga irt tanpa art..kadang capek banget emang..

      Delete
  4. Mantap mbaaa seneng bacanya, sukses selalu yaaa

    ReplyDelete
  5. Masyaallah, bermanfaat sekali, terutama bagi saya yang belum bisa istiqomah nulis. terima kasiih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Tika..semangat terus ya ngeblognya..

      Delete
  6. Penting nih yang begini, kebetulan saya baru mau memulai nulis di UC News, lagi ikut kelas online sejenis juga. Lain waktu saya ikut kelas yang ini deh

    ReplyDelete
  7. Makasih sharingnya bun ^^ Saya tahu kamu berdarah-darah. Perjuanganmu luar biasa. Moga mkin produktif yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mbak..lukanya udah kering kok..kwkwk..kapan kopdaran nih..hihi

      Delete
  8. Terima kasih sharing kerennya. Semoga saya bisa mengikuti jejak kesuksesan Mbak Muyass. Aamiin 😍👍🙏

    ReplyDelete
  9. Aduh....baca tulisan ini jadi berasa dipaksa-paksa harus nulis terus, nggak cuman dipikirin doang. Penyakit paling parah itu emang suka menunda-nunda, apa aja ditunda. 2019 harus lebih semangat, ah. Jadi pingin coba kirim artikel ke UC News, biar bisa berbuah dolar kayak Mbak Muyass....

    ReplyDelete
  10. Senang bisa kenal Mbak. Penulis yang rapi dan sangat produktif. Menyampaikan sesuatu dengan lugas dan langsung pada inti sasaran. Saya jelas tak akan bisa seperti itu. Sudah upayakan setiap hari menulis untuk blog saja membuat saya bersyukur bisa. Kendala banyak. Saya ibu rumah tangga yang apa-apa harus kerjain sendiri dan manual. Sarana dibagi dengan anak, urusan rumah tangga setiap harinya alan berbeda, lalu masalah teknis karena komputer kinerjanya lamban dan penuh gangguan. Belum lagi kalau ada pemadaman aliran listrik kayak dari pagi sampai sore.Sehari satu tulisan dulu sudah cukuplah bagi saya karena harus baca dan coba tulis untuk medai juga.

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature