Top Social

Berbagai Macam Terapi Untuk Penyakit Kanker Payudara

Foto: sumber.com


Kanker payudara kini menempati posisi kedua sebagai penyebab kematian akibat kanker di Indonesia. Untuk itu, bisa dikatakan penyakit kanker payudara ini sebagai salah satu penyakit yang paling dihindari oleh para wanita yang ada di Indonesia maupun di seluruh belahan dunia manapun. Apalagi jika kankernya sudah masuk stadium lanjut, maka kemungkinan untuk sembuh akan sangat kecil sekali. Kamu pun pasti merasa was-was dengan kondisi ini.

Namun, tidak ada yang tidak mungkin jika kamu sudah melakukan perawatan kanker payudara atau berusaha mengobatinya sedini mungkin, agar bisa sembuh secara total. Metode pengobatannya pun bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, ada yang dilakukan secara medis maupun pengobatan secara non medis.

Secara medis, ada metode pengobatan kanker payudara yang dengan melakukan operasi dan ada juga pengobatan secara sistemik, yang mana dapat diberikan melalui oral (mulut) atau bisa langsung juga diberikan ke aliran darah. Adapun metode pengobatan secara sistemik ini adalah sebagai berikut :

1. Terapi Tertarget

Pengobatan dari terapi tertarget ini bisa menyerang kelainan spesifik di dalam sel-sel kanker. Obat yang digunakan dalam terapi tertarget ini seperti di antaranya palbociclib, lapatinib, pertuzumab, tratuzumab, ado-tratuzumab, dan everolimus.

2. Terapi Hormon

Terapi hormon atau lebih tepatnya disebut sebagai terapi penghambat hormon sering digunakan untuk pengobatan kanker payudara yang sensitif terhadap hormon. Jika kanker sudah terlanjur menyebar, maka terapi hormon dapat membantu mengecilkan dan mengendalikan sel kanker ganas tersebut. Pengobatan yang biasa digunakan dalam terapi hormon ini seperti di antaranya obat-obatan yang menghambat hormon agar tidak melekat ke sel-sel kanker, obat-obatan yang menghentikan tubuh agar tidak menciptakan estrogen setelah menopause, dan lain sebagainya

3. Kemoterapi

Jika kanker yang diderita seorang wanita itu berisiko untuk kambuh kembali, ataupun bisa menyebar ke bagian tubuh lain, maka kemoterapi ini bisa dilakukan untuk mengurangi kemungkinan kambuhnya kembali sel kanker tersebut pada payudara. Kemoterapi ini juga biasanya dilakukan sebelum operasi pada wanita yang tumornya berukuran besar, karena mengingat tujuannya yang tak lain adalah untuk mengecilkan ukuran tumor sehingga lebih mudah ketika diangkat selama dilakukannya operasi.

Nah, kalau kamu masih penasaran dengan informasi mengenai penyakit mematikan ini, kamu bisa dapatkan informasi lebih lengkapnya hanya di situs dan aplikasi kesehatan terbaik saat ini yang ada di Indonesia, yakni di https://www.guesehat.com/.

Kanker memang menjadi salah satu momok menakutkan, bukan hanya bagi wanita, tetapi juga bagi semua orang. Bahkan tak pandang bulu, kanker juga bisa diderita oleh bayi sekalipun. Semoga kita semua senantiasa terhindar dari penyakit ini. Keep healthy dan tetap waspada dengan cara peka terhadap segala macam perubahan yang ada pada diri kita.

1 comment on "Berbagai Macam Terapi Untuk Penyakit Kanker Payudara"
  1. Kesehatan itu emang mahal harganya ya mbak, kita sebagai wanita juga rentan terhadap penyakit-penyakit berbahaya seperti itu. Nggak cuma kanker payudara, ada juga kanker serviks yang sama mengerikan. Makannya penting buat jaga kesehatan dan menjaga pola hidup sehat....

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature