Top Social

2018 Year in Review Blog Challenge, Mengulas Perjalanan Ngeblog Selama Setahun Terakhir



Bicara tentang ngeblog, sebenarnya saya belum bisa menjadi blogger yang benar-benar fokus pada dunia ngeblog ini. Ya, selama ini saya memang cukup rutin mengisinya, tetapi dibandingkan yang lain, blog saya belum sebagus apa kemajuannya. Semua itu terjadi karena saya memang nggak hanya fokus ngeblog, tetapi setahun terakhir lebih banyak menghabiskan waktu untuk menulis buku dan artikel.

Ngeblog itu adalah sesuatu yang menyenangkan buat saya. Nulis di blog itu berbeda dengan nulis artikel atau buku. Kalau sudah suntuk dan capek nulis yang lain, saya larinya ke blog. Tapi, bukan berarti blog hanya menjadi tempat sampah atau pelarian saja. Saya tetap mengisinya dengan sungguh-sungguh, hanya saja saya belum benar-benar fokus pada satu hal ini dan belum sepenuhnya menguasai.

Melihat jumlah postingan tahun ini, ternyata saya cukup kecewa karena isinya nggak lebih banyak daripada tahun kemarin. Maunya ngejar minimal sama. Tapi, kayaknya saya belum bisa memastikan apakah itu bisa terwujud atau nggak hingga akhir bulan Desember.

Selama setahun ini, apakah hal yang paling menyenangkan dari ngisi blog?

View Satu Postingan Mencapai 1000 Lebih
Wah, seneng banget pas tahu ada salah satu postingan saya yang jumlah view-nya mencapai 1000 lebih. Saya juga nggak kebayang karena memang niat awal hanya sekadar menulis dan berbagi pengalaman saja. Nggak nyangka, baru terbit, ratusan view udah muncul dengan cepatnya. Nggak nyangka banget buat saya yang masih remahan.Biasanya maksimal hanya 500an lebih saja.

Kalau view ribuan terjadi di platform tertentu di mana saya suka mengirimkan artikel, rasanya itu wajar aja karena selama ini bahkan ada artikel saya yang dibaca hingga ratusan ribu kali. Tapi, ini di blog saya, lho. Yup! Blog yang saya bangun sejak setahun silam dan bersyukur tidak sampai ada sarang laba-laba walaupun  saya sibuk banget ngirim artikel ke media yang jumlahnya hingga saat ini mencapai 1000 lebih. Coba 1000 artikel itu ada di blog sendiri...hoho.

Berpenghasilan dari Ngeblog
Dulu, belum pernah ngebayangin dapat fee dari hasil ngeblog. Ya, karena memang masih menulis suka-suka, jadinya saya tidak banyak berharap, membayangkan mau mendapatkan apa saja nggak pernah.

Dan tahun ini, saya memang mulai merasakan betapa manisnya sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan hati, kemudian dirawat dengan sungguh-sungguh, ternyata akan menghasilkan juga. Dan tentu saja kitalah yang akhirnya memetik manisnya itu.

Penghasilan dari blog juga nggak bisa disebut main-main. Karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berpenghasilan dari blog, dan semua itu nyata adanya. Kamu juga pasti sudah merasakannya, ya. Selamat!

Meski Sibuk, Blog Tidak Dipenuhi Sarang Laba-laba
Walaupun setahun ini saya benar-benar nggak bisa fokus karena harus ngejar nulis buku, artikel dan bikin website, tetapi saya bersyukur, blog ini nggak sampai telantar. Sesibuk apa pun itu, saya berusaha banget untuk tetap mengisinya. Seperti saat ini, walaupun super ngantuk dan lelah, tapi saya berusa mengisi, apalagi ingat banget postingan tahun ini kurang 40an artikel dibanding tahun kemarin. Kuy, semangatlah!

Postingan Blog Lebih Mendalam
Nggak lebih banyak, tetapi postingan sekarang memang jauh lebih mendalam, panjang hingga ada yang hampir 2000 kata. Ini bukan asal nulis saja, tetapi memang mulai belajar ngeblog dan nulis suatu tema dengan lebih detail dan nggak ragu dibikin panjang.

DA Blog Naik
Wah, asyik banget! Tahun ini DA blog saya naik meskipun masih lebih layak disebut remahan rengginang, tetapi setidaknya usaha selama ini nggak sia-sia dan benar-benar terjadi. Saya berusaha aktif menulis dan BW, walaupun kadang BW telat, tetapi saya selalu membalas setiap kunjungan, Insya Allah.

Tapi, dari semua kemajuan itu, mungkin yang bikin saya kecewa adalah jumlah postingan yang lebih sedikit daripada tahun kemarin. Agak nyesek juga kenapa nggak bisa capai target minimal harus sama banyak. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi ngeblognya. Karena sekarang tidak banyak target yang ingin saya capai berhubung waktu saya pun terbatas setelah anak-anak beranjak lebih besar.

#BloggerPerempuan #BPN2018Year in Review
10 comments on "2018 Year in Review Blog Challenge, Mengulas Perjalanan Ngeblog Selama Setahun Terakhir"
  1. Sumpahh, keren banget mbk muyass, saya sampai berdebar lho bacanya. Pengen banget bisa kayak gitu juga, setelah baca artikel ini kayaknya saya sadar kalau selama ini kebanyakan khilaf alias males ngurusin blog...
    Saya mau bersemangat juga biar kayak mbk muyass, wah...jafi ngefans ini😍😍😍

    ReplyDelete
  2. semangat embak!
    semoga tahun depan lebih baik lagi ya... :b

    ReplyDelete
  3. Wah untuk PV baru 70 ribuan, DA 16 PA 23 Yang dimiliki blog ini saya pikir itu prestasi yang membanggakan loh Mbak, ayo cemungutz nulis lebih dalam dan lebih banyak di tahun 2019.

    ReplyDelete
  4. Sy juga sibuk bejerja untungnya bisa nulis kapan saja via hape... Klo model zaman dulu sudah menyerah.. 😊

    ReplyDelete
  5. keren banget mbak, bisa nulis buku dan artikel dimana2 tp blognya juga tetap aktif...malah makin cakep, bagi tipsnya dong mbak, gimana caranya bisa nulis postingan lebih daalam sehari, hehe

    ReplyDelete
  6. Enak ya bs ttp aktif walau repot. Smg sy jd tmbh semangat

    ReplyDelete
  7. Semangat mba inget kualitas dibanding kuantitas 😍

    ReplyDelete
  8. Keren banget mbaak PVnyaa~
    Semoga saya bisa sebanyak mbak juga PVnya heheh

    ReplyDelete
  9. Salam kenal Mbak...baru kali ini berkunjung di blog embak. Keren sekali sudah menulis buku, nulsi artikel, hebat view blog sampai 1000 view, semoga target blogging 2019 tercapai ya mbak..

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature