Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

10 Rekomendasi Buku Paling Menarik Untuk Dibaca di Akhir Pekan


Tema ke-10 membicarakan film, buku, atau musik. Dari ketiganya, saya akan memilih membahas buku. Kenapa? Karena hanya itu yang paling banyak saya tahu. Bicara buku pasti tidak terlepas dari aktivitas membaca. Dan sebagai penulis, kalau tidak membaca, berarti dia sudah menghilangkan nyawanya sendiri. Minimal harus membaca beberapa sumber referensi sebelum menulis cerita baru.

Nah, kalau bicara buku, kira-kira buku apa saja yang bisa saya rekomendasikan buat kamu yang suka membaca?

1. Novel ‘Pulang’

Saya pribadi termasuk pengagum cerita fiksi. Dan penulis yang bukunya belakangan banyak mengisi rak buku saya adalah Tere Liye. Kalau dulu, ada lebih banyak penulis fiksi yang saya suka, termasuk Asma Nadia, Bernard Batu Bara, dan Pipit Senja. Tapi, jujur saja sekarang tidak terlalu banyak mencari buku fiksi. Hanya ketika melihat buku Tere Liye, saya tertarik mengambil dan membayarnya di kasir.

Nah, novel Pulang ini benar-benar yang paling saya suka. Karena ceritanya keren banget, bikin merinding dan berurai air mata pake banget. Kamu harus punya, deh!

2. Novel ‘Sunset Bersama Rosie’

Nggak jauh-jauh dari Tere Liye lagi, novel ini juga termasuk yang saya sukai karena kisahnya yang cukup rumit, tetapi sungguh manis. Kalau sebelumnya banyak adegan perkelahian dan saling bunuh, kalau yang ini jatuh cinta diam-diam yang bikin ngilu. Kamu pasti penasaran kalau belum punya.

3. Novel ‘Tentang Kamu’
What? Tere Liye lagi? Saya benar-benar suka buku-bukunya Tere Liye, jadi beberapa list ini akan diisi oleh buku-buku beliau. Jadi, kamu jangan eneg, ya! Buku Tentang Kamu berkisah tentang Sri Ningsih. Kisahnya sangat menarik karena penuh dengan teka teki. Belum lagi sosok Zaman yang digambarkan begitu keren membuat saya sangat tertarik membacanya. Apakah saya menangis ketika membacanya? Hampir semua buku Tere Liye memang membuat saya menangis. Entah saya yang terlalu mellow dan cengeng atau memang Tere Liye yang pandai banget bikin buku fiksi mellow begini. Hiks.

4. Novel ‘Hujan’
Belum move on dari Tere Liye, novel ini pun sukses membuat saya menangis. Kisahnya manis dan cukup mengerikan juga karena berkisah tentang gempa dahsyat. Bisa membayangkan kalau jadi korban dan mengungsi. Kisah-kisah mellow begini nggak bakal sanggup bikin saya nggak menangis. Asli ini membekas banget di hati.

5. Buku Memasak ‘Home Cooking ala Xander’s Kitchen’
Pernah bergabung dan sampai sekarang masih aktif di Cookpad membuat saya mengenal banyak wanita yang jago memasak secara otodidak. Nah, salah satu orang yang paling banyak muncul di beranda dan masakannya di-recook banyak orang adalah Ci Xander atau Junita. Nah, ternyata beliau yang memiliki followers 500k di Instagram ini juga menerbitkan buku dari resep-resep andalannya selama ini. Nggak ragu dong mau beli, secara sebelum bukunya terbit, saya sudah banyak me-recook resep-resepnya. Dan percayalah, bukunya bagus banget, pantas saja menjadi buku memasak mega best seller pertama di Indonesia.

6. Buku Baking ‘Simple & Moist Cake’
Nggak kalah kece dengan buku memasak sebelumnya, buku ci Tintin Rayner ini mengupas tuntas segala jenis cake dkk. Sudah sering banget recook resep-resepnya di cookpad sebelum buku ini terbit. Bahkan resep roti saya pun banyak menggunakan resep beliau. Isinya lengkap banget, mulai dari cake, roti, cookies, hingga pudding.

7. Buku ’50 Rules to be Wonderful Teenager’
Buku Sienta Sasika Novel ini benar-benar kece banget. Ringan, renyah, penuh semangat, dan dipenuhi quote. Saya pribadi termauk penggemarnya sejak 2014 silam. Ketika tanpa sengaja menemukan buku ini di toko buku, nggak ragu saya bawa pulang.

8. Buku ‘Jago Nulis Artikel, Ubah Hobi jadi Profesi’
Boleh nggak, sih, merekomendasikan buku sendiri? Kwkwk. Bukan kepedean, tetapi buku yang lolos seleksi dan akan segera diterbitkan insya Allah tahun depan ini benar-benar mewakili saya sebagai penulis artikel. Buku ini dipenuhi kecintaan saya akan dunia literasi. Tidak hanya berisi contoh artikel, tetapi juga ada panduan, bahkan quote menulis yang bikin kamu semua jadi semangat. Bahkan editornya sempat bilang, saya jadi pengen nulis lagi...hihi. Doakan bukunya segera terbit, ya! *modus.

9. Buku ‘Q&A Smart Parents for Healthy Children’
Entah kenapa buku ini sudah tidak cetak ulang, padahal peminatnya banyak banget. Buku ini ditulis oleh dokter Wati. Dokter Wati mengajari kita sebagai orang tua supaya tetap rasional dan tidak mudah panik ketika anak sakit. Buku ini jadi pegangan saya banget sejak saya hamil. Bahkan pernah menang debat dengan dokter-dokter di sebuah rumah sakit…kwkwk. Iya, saya kekeh banget nolak permintaan dokter karena lebih percaya sama buku ini. Qadarallah, semua keputusan saya tidak salah.

10. Buku-buku Arleen A
Kenapa tidak disebutkan judulnya? Karena semua buku-buku Bu Arleen begitu spesial buat saya. Saya menyukai buku anak dan mencoba menulis beberapa. Buku-buku Bu Arleen menjadi inspirasi. Imajinasinya tidak terbatas. Sungguh luar biasa.

Itulah 10 rekomendasi buku yang bisa kamu baca dan miliki. Buku-buku Tere Liye cukup mendominasi karena memang itu favorit saya banget. Dengan membaca, ide-ide baru akan berlesatan dengan sendirinya. Sebagai penulis, membaca tidak akan pernah bisa lepas dari keseharian. Seperti saya bilang, minimal kamu membaca referensi untuk tulisanmu berikutnya! 

#Day10 #Bloggerperempuan #BPN30daychallenge2018

18 comments on "10 Rekomendasi Buku Paling Menarik Untuk Dibaca di Akhir Pekan"
  1. Saya harus baca nih buku-bukunya...soalnya saya pengeeeen banget jadi penulis, makanya juga saya nge-blog...Thanks ya Mbak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga impiannya segera terwujud ya mbak 🤗

      Delete
  2. Entah kenapa ku dari dulu cuma suka novel horor doang hahaha

    ReplyDelete
  3. Kok gak ada satupun yang pernah saya tau yah bukunya, hahahaha

    ReplyDelete
  4. Dari semua buku yg disebutkan diatas blum satupun yg pernah saya baca hehehe...
    Saya biasanya baca buku yg gratisan alias pinjam di Perpusda

    ReplyDelete
  5. Dulu saya suka sekali baca Novel,kalau tidak salah karya Fredy's dan buku wiro sableng, tapi sekarang ini sudah lama ngk baca, cibuk selonjoran di depan tivi,hehehe

    ReplyDelete
  6. Maknyaaak...peerku akeh yoo...itu buku dan novel blom pernah aku baca...mana duluan yang musti dibaca yaaa...suggest dong..

    ReplyDelete
  7. mbak muyas, no.8 itu buku rame-ramenya estrilook bukan?

    ReplyDelete
  8. Hwah. Buku-bukunya keren semua euy! Masuk list 🤗 terimakasih. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Eh serem ya pake ada bunuh2an segala di novelnya 🙈

    ReplyDelete
  10. Saya juga penyuka Tere Liye mba muyass, ada kali 12 novelnya nangkring di rak buku,
    Xander Kitchen baru punya, udah lecek karena di bolak -balik terus (prakteknya ntah kapan, haha)

    Nah yang 6-10 boleh lah dilirik-lirik cantik, tapi aku jadi penasaran sama buku Arleen A

    ReplyDelete
  11. Saya juga suka buku Tere Liye, Mbak. Yang lainnya belum tahu. Penasaran juga, mau minjemin atau hehe 😅

    ReplyDelete
  12. Kalau saya masuk di katogeri tere liye dari serial bumi bulan matahari bintang komet dan sekarang lagi nunggu ceros dan cerutu semoa saya keturutan

    ReplyDelete
  13. Tere liye, dari dulu saya penggemar berat novelnya. Serial anak-anak Emak yang paling saya suka ,Mba. BTW jadi penasaran sama Arleen A. Mau cari buku ah...

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature