Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

[Review] Rahasia dalam Semangkuk Sup, Kumpulan Cerita untuk Anak Saleh



“Ketika bersin, Rasulullah saw menganjurkan agar memelankan suara, menutup mulut, dan membaca tahmid. Seperti itulah yang Umar tahu dari Ustaz Subhan di Sekolah.”(Hal 86)

Umar dan Fatimah memiliki banyak cerita menarik dan penuh pesan moral. Di dalam buku Rahasia dalam Semangkuk Sup mereka tidak hanya bermain dan bersenang-senang layaknya anak 7 tahun pada umumnya, tetapi juga mengajarkan banyak pesan kebaikan termasuk tentang keutamaan berakhlak mulia.

Umar yang merupakan kakak kandung dari Fatimah kadang juga teledor dan lalai. Seperti saat dia keasyikan bermain sehingga harus tidur terlalu larut dan imbasnya dia bangun kesiangan. Masalah sederhana ini juga sering dilakukan oleh anak-anak. Mereka yang sudah asyik bermain kadang susah sekali ketika diingatkan untuk berhenti sekadar shalat atau mengerjakan tugas sekolah.

Umar, seperti layaknya anak-anak pada umumnya, ternyata juga tidak terlalu suka menyantap sayuran, lho. Dia suka makan sup krim buatan Ummi, tetapi ketika sesuatu berwarna oranye menyembul dari sendok, Umar pun urung menyantapnya. Umar sempat menolak menghabiskan sup krim yang sudah dibuatkan Ummi, dia sungguh tidak menyukai sayuran termasuk wortel yang ternyata Ummi campurkan ke dalam supnya.

Tapi, setelah mencobanya, ternyata rasanya tidak terlalu buruk. Justru Umar jadi suka menyantap sayur terutama setelah tahu manfaat besar yang terkandung di dalamnya.

Buku Rahasia dalam Semangkuk Sup ini adalah buku solo pertama saya yang terbit pada awal 2018 kemarin. Ini juga kali pertama saya berani menulis cerita untuk anak-anak yang sebelumnya tidak pernah saya jamah. Dulu, saya paling suka menulis cerpen romance. Selain itu, saya juga pernah menyelesaikan buku nonfiksi Islami. Jadi, menulis cerita untuk anak-anak adalah hal baru pada saat itu.

Buku Rahasia dalam Semangkuk Sup ini tidak hanya berisi 30 kisah teladan untuk anak-anak, tetapi juga berisi hadits dan fakta-fakta di dalamnya. Buku yang saya rampungkan sekitar 2 minggu dengan tebal 248 halaman ini saya tulis dalam bimbingan menulis di Sekolah Perempuan pada saat itu.

Di antara 30 kisah menarik di dalam buku Rahasia dalam Semangkuk Sup adalah kisah tentang Umar yang tidak suka makan sayur, Umar yang bangun kesiangan, adab masuk dan keluar kamar mandi, adab bersin, adab makan dan minum, larangan marah, dan masih banyak lagi cerita menarik lainnya.

Menulis cerita-cerita anak itu kalau dibayangkan mudah banget, tetapi ketika dicoba ternyata nggak semudah yang dibayangkan. Kisah-kisah di dalam Rahasia dalam Semangkuk Sup ini mungkin masih belum wow banget dibanding buku-buku kumpulan cerita anak lainnya, tetapi saat membuatnya saya harus memastikan bahwa ada pesan moral di dalamnya.

Selain itu, saya juga berusaha mengambil dalil-dalil shahih, sampai-sampai ada satu doa yang saya ragu apakah itu dalilnya benar atau tidak, hingga harus bertanya kepada ustadzah saya, dan ustadzah saya pun kemudian bertanya kepada rekannya yang saat itu sedang belajar dan tinggal di Mesir.

Kelebihan Buku Rahasia dalam Semangkuk Sup

Apa saja kelebihan dari buku dengan cover berwarna cerah ini? Selain kisah-kisahnya yang bisa menginspirasi anak-anak untuk melakukan kebaikan, buku ini juga berisi adab-adab yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Ceritanya dikisahkan senatural mungkin, sehingga tak berbeda dengan kejadian-kejadian sehari-hari yang sering dialami oleh anak-anak. Misalnya saja seperti tertib saat mengantre atau memberikan tempat duduk pada orang lain ketika naik angkutan umum.

Selain itu, dalil-dalil yang disebutkan insya Allah shahih. Buku ini bisa jadi teman baik buat anak-anak kita di rumah. Mereka bisa belajar dari kisah Umar dan Fatimah yang kadang serius, konyol, dan seru.

Kelemahan dari Buku Rahasia dalam Semangkuk Sup


Jika cerita anak-anak pada umumnya dipenuhi ilustrasi, lain lagi dengan buku satu ini. Karena terbit indie, buku ini pun tak memasukkan banyak ilustrasi kecuali beberapa gambar sederhana pada setiap ceritanya.

Di Mana Kamu Bisa Mendapatkan Buku Rahasia dalam Semangkuk Sup?

Buku ini diterbitkan di Bitread dan bisa dipesan langsung di sini, atau bisa juga membaca versi digitalnya di Gramedia Digital.  

Membacakan buku-buku yang dipenuhi pesan moral akan membantu membentuk karakter anak menjadi lebih positif. Jangan sampai kita lupa membacakan cerita penuh teladan kepada mereka. Suatu saat kita akan takjub ketika mengetahui bagaimana anak-anak belajar banyak dari itu semua.

2 comments on "[Review] Rahasia dalam Semangkuk Sup, Kumpulan Cerita untuk Anak Saleh"
  1. Selamat telah menelurkan buku. Dari reviewnya sangat menarik. Soal kekurangan itu hal wajar, karena dikerjakan sendirian. Beda jika secara tim.

    ReplyDelete
  2. selamat ya mbak, aku juga suak nulis cerita anak dan novel anak terbaruku juga baru terbit, kalau cerpen aku juga suka bikin

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature