Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Resep Kue Cubit Mudah dan Cepat Bikinnya, Bisa Jadi Teman Ngeteh!



Siapa yang sedang bingung mencari resep kue cubit yang mudah dan cepat bikinnya? Saya pribadi suka bikin kue cubit karena toppingnya bisa suka-suka, selain itu, bikin kue cubit nggak butuh banyak bahan dan prosesnya terbilang mudah ketimbang kita membuat cake yang ujung-ujungnya bantat.

Topping kue cubit umunya adalah mesis cokelat, tetapi nggak menutup kemungkinan bisa pilih berbagai macam jenis topping yang nggak kalah lezat seperti pisang, parutan keju, atau malah keju oles yang super yummy. Kue cubit bentuknya mungil, sehingga cocok banget dibuat menjadi bekal untuk anak-anak.

Kenapa Disebut Kue Cubit?

Tahu nggak sih asal mula nama kue cubit? Kenapa dinamakan kue cubit? Apakah karena makannya sambil nyubitin orang? Pastinya nggak, ya. Kue cubit merupakan adonan yang dituang ke dalam cetakan, yang setelah matang diangkat menggunakan penjepit sehingga namanya pun disebut kue cubit.

Ternyata begitulah sejarah kue cubit yang sekarang banyak banget dijual di pinggir jalan. Kue cubit yang dijual pun beragam, lho. Ada yang terasa santannya, ada yang dicampur parutan kelapa sehingga bikin semakin legit aja. Kue cubit ini favorit anak-anak banget. Kalau kebetulan kita jalan keluar, biasanya anak-anak minta dibelikan.

Tapi, sekali-kali kadang pengen bikin sendiri juga. Malah lebih asyik karena toppingnya bisa macam-macam. Yang paling favorit pakai keju oles dan kue cubitnya dibuat rasa pandan. Hmm, ngiler sendiri ngebayanginnya… haha.

Resep Kue Cubit Mudah dan Cepat Bikinnya

Seperti yang saya bilang di awal, kue cubit ini bikinnya benar-benar simpel banget. Bahkan bisa tanpa mixer, tapi kemarin karena malas ngocok dengan wisk dan takut kelamaan, alhasil saya pakai mixer aja.

Resep ini menggunakan susu cair, kadang kalau bikin rasa pandan, saya lebih suka mencampurnya dengan santan, lho. Rasanya jauh lebih enak dan gurih. Nah, kalau nggak punya santan atau susu cair? Boleh juga pakai air, tapi pasti rasanya kurang gurih, ya.

Resep kue cubit mudah ini saya ambil dari Kokiku TV kemudian saya tulis kembali di Cookpad. Seperti apa bahan-bahan dan cara membuatnya? Yuk, segera bikin!

Bahan yang Harus Disiapkan:

200 gr terigu protein sedang
3 butir telur
100 gr margarin atau butter lelehkan
100 gr gula pasir
Sedikit vanilla cair
100 ml susu cair
¼ sdt baking soda
½ sdt baking powder
Secukupnya pewarna makanan
Secukupnya mesis cokelat untuk topping

Lakukan Langkah-langkah Mudah Ini:

1. Mixer telur dan gula menggunakan kecepatan sedang-tinggi hingga gula benar-benar larut dan telur mengembang.

2. Masukkan terigu dan mixer kembali dengan kecepatan rendah asal rata.

3. Masukkan susu cair dan mixer lagi sampai rata.

4. Masukkan bahan sisa selain butter cair. Mixer rata kembali, tetapi jangan over mix.

5. Masukkan butter cair dan mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur.

6. Panaskan cetakan (saya pakai cetakan takoyaki). Kemudian olesi dengan butter.

7. Tuang adonan, jangan penuh-penuh karena akan mengembang.

8. Setelah keluar gelembung, taburi dengan topping.

9. Tutup dan biarkan sampai matang. Nggak butuh waktu lama untuk matang, ya.


Voila! Kue cubit buatan kamu pun siap disantap atau dijadikan bekal sekolah untuk anak-anak tercinta. Kalau hujan-hujan, cocok banget dong dijadikan teman ngeteh sore. Gampang banget ternyata, ya? Nggak harus punya keahlian khusus untuk membuatnya. Siapa pun kamu insya Allah berhasil.

Yang paling penting mungkin jangan sampai menakar bahan sembarangan. Kadang jarang juga yang punya timbangan bahan kue, padahal ini penting banget. Saya pribadi memakai timbangan digital yang saya beli di salah satu toko online. Harganya bahkan nggak sampai Rp. 50 ribu, lho. Murah banget dan Masya Allah tetap bisa dipakai sampai sekarang. Timbangan ini saya gunakan sejak awal saya belajar nge-baking.

Selain itu, cetakan sebaiknya yang anti lengket supaya kue cubit nggak rusak ketika diangkat. Cetakan kue cubit biasanya banyak sekali jenisnya, ada yang berbentuk lucu seperti bintang atau hati. Tapi, di rumah saya membeli cetakan takoyaki yang serba guna banget. Kadang saya pakai untuk membuat bolu tanpa oven, atau membuat bika ambon yang super yummy. Ukurannya mungil banget memang, sekali suap aja. Dan justru itu jadi disukai sama anak-anak.

Nah, gimana? Tertarik buat bikin kue cubit mudah dan nggak butuh waktu lama ini? Yuk, bikin sesuai selera, beri topping yang kamu suka. Dan sajikan untuk keluarga tercinta! Selamat mencoba.

4 comments on "Resep Kue Cubit Mudah dan Cepat Bikinnya, Bisa Jadi Teman Ngeteh!"
  1. Cocok sekali kue cubit buat teman ngeteh. Bentuknya manis, dua kali gigit uth masuk mulut semua. mmm yummy.

    ReplyDelete
  2. wih...pasti weunaaak…..yummy....hehehe
    thank you for sharing

    ReplyDelete
  3. aku baru tahu sejarahnya nih...sedari dulu bingung mengapa namanya cubit...hehehehe...belum pernah beli juga

    ReplyDelete
  4. Wkwk...bukan makan sambil mencubit yah ckck

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature