Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Apa Jenis Tema Blog yang Kamu Sukai?



Ketika menulis di blog, pertama kalinya saya sering banget menulis fiksi. Zaman dulu saya masih senang sekali menulis fiksi, belum mulai menulis buku. Hampir semua tulisan saya adalah cerpen, lho. Hal ini memang wajar, sebab saat SMA dan masuk pesantren, saya memang senang menulis cerpen hingga novela dengan tulisan tangan hingga jadi beberapa novela dan kumpulan cerpen.

Begitu juga saat saya mulai menulis di blog, hampir semua isinya cerpen, sehingga tak salah ketika baru mulai membuat blog, saya membuat kategori cerpen yang nantinya memang saya peruntukkan untuk cerpen saya yang biasa ditulis ketika sedang pengen dan senggang.

Seiring berjalannya waktu, saya tak lagi hanya menjadi penulis fiksi, bahkan sudah menulis nonfiksi hingga buku anak yang meskipun termasuk fiksi, tetapi jenisnya sudah sangat berbeda. Lalu, apa saja kategori blog yang saya sukai selain fiksi? Dan kenapa saya memilih itu?

  • Kesehatan

Kenapa saya menulis tentang kesehatan padahal saya pribadi bukan ahli medis? Itu bermula saat saya baru menikah dan hamil anak pertama. Untuk pertama kalinya saya diperkenalkan pada milis kesehatan yang akhirnya membuat saya benar-benar harus belajar dari nol. Milis Sehat merupakan salah satu milis kesehatan yang benar-benar mengedukasi kita sebagai konsumen kesehatan. Nggak hanya bisa konsultasi pada dokter langsung, tetapi juga tahu bagaimana mengatasi penyakit yang biasa dialami oleh anak-anak pada umumnya. Sejak saat itulah, saya merasa senang menulis kategori satu ini di blog.

  • Traveling

Bukan termasuk orang yang senang traveling, tetapi ada beberapa perjalanan yang bisa saya ulas. Dan meskipun kadang tidak pergi langsung ke tempatnya, saya senang menulis ulasan beberapa tempat. Saya senang melihat dan membaca artikel tema traveling, tetapi saya termasuk orang yang cukup rempong ketika diajak bepergian...kwkwk.

  • Artikel

Kenapa ada kategori ini di blog saya? Semua berawal saat saya mulai belajar menulis artikel di beberapa media. Sejak saat itu saya jadi candu dan senang sekali menulis artikel, terkadang saya pun menulisnya di blog. Sebab itulah saya membuat kategori satu ini.

  • Kuliner

Sudah bisa ditebak dong kenapa saya menulis kuliner? Kalau yang baru main ke sini, pasti belum paham. Sebab saya senang memasak, karena itulah saya sering mengabadikan resep dan foto masakan saya di blog. Jadi, nggak heran ya kalau sekarang ada 'kuliner' di blog saya.

  • Review

Beberapa kali sempat mendapatkan produk untuk di-review, jadi saya pun nggak lagi menganggap ini asing. Bahkan saat ini sudah mengikuti kelas Blogger Review biar tambah pinter ketika nge-review produk..hehe.

Karena banyak banget kategori yang saya tulis, blog saya pun lebih mirip gado-gado. Buat saya, blog itu adalah rumah yang nyaman buat saya singgah. Saya tidak membatasi kategori blog sehingga pada akhirnya menjadi campur-campur seperti sekarang.

Karena pernah menulis buku atau artikel, saya pun tak jarang menulis tips menulis buku atau artikel. Atau lebih enak dibilang dunia literasi. Selain itu, saya juga menulis tentang parenting meskipun jumlahnya tidak banyak.

Jujur saja, saya pribadi menyukai tema lifestyle ketimbang yang lainnya. Sebab lifestyle itu cakupannya banyak. Selebihnya, saya menulis apa pun yang saya mau. Kalau kamu gimana? Tema blog apa yang paling kamu sukai?

#Day2 #bloggerperempuan #BPN30DayBlogChallenge2018
18 comments on "Apa Jenis Tema Blog yang Kamu Sukai?"
  1. kuliner, lihat foto-foto makanan enak, cuma lihat tok :D

    ReplyDelete
  2. Seperti teh muyas ini adalah wanita yg serba bisa dan cerdas. Semoga anaknya bisa punya ilmu seperti ibunya :)

    ReplyDelete
  3. Owalaah.. yang model informatif dan penjelasan detail gitu namanya artikel toh mbak.. saya kirain semua postingan Blog artikel namanya hihi.. 🤭🤭🤭 .. terima kasih, mencerahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. .Bukan mbak.. Maksud sy jenis artikel di kategori dalam blog sy aadalah jenis tulisan yang biasa sy kirim ke media 😁

      Delete
  4. Jalan-jalan...aku suka nulis jalan2. Walaupun jarang main, tapi pas nulisnya itu bahagia banget:)

    ReplyDelete
  5. Saya suka blog yang menginspirasi, kayak blognya mbk muyas ini nih...😊😊😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah. Kumalu karena blog mwsih gado2 dan suka2 ngisinya haha

      Delete
  6. kayaknya saya serabutan deh...masih beajar...hehehe
    thank you atas panduannya dalam memilih tema...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. .Sama sih mbak. .Sy bikin kategori sesuai passion aja..

      Delete
  7. Dan blog gua masuk dalam kategori baru, yaitu sampah masyarakat ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kwkwk.. Menghibur kok walaupun bacanya sering bikin pusing dan senyum sendiri haha

      Delete
  8. Mengawali dgn traveling dan kuliner, dan di blog yg ke dua jadi temanya gado2 tergantung apa yg ada di otak hehehe

    ReplyDelete
  9. Saya suka baca tema traveling, tapi sebab kurang piknik, kalau nulis seringnya tema lifestyle hehehe ... Tapi tulisan tentang piknik tipis-tipis tetap ada lash di blogku

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature