Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

7 Alasan Kenapa Menulis di Blog Begitu Menyenangkan



Kenapa menulis di blog begitu menyenangkan bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang memiliki hobi menulis? Pertanyaan itu mungkin pernah terlintas di benak kamu. Tahun 2017, saya mulai rutin mengisi blog. Meski tidak selalu mengisinya setiap hari, tetapi rutinitas mengisi blog minimal beberapa kali dalam seminggu tidak bisa ditinggalkan.


Awalnya saya memiliki blog sejak mulai menulis buku. Menulis membuat saya candu mengisi blog. Blog menjadi salah satu media yang begitu nyaman buat saya. Kenapa? Karena ketika menulis di blog, kita tak perlu khawatir akan adanya aturan. Suka-suka kita aja mau menulis apa, tetapi tetap yang sopan dan bermanfaat, ya.

Dan pada akhirnya, blog menjadi salah satu tempat paling nyaman untuk menyimpan tulisan saya yang tidak bisa dikirimkan ke media atau ditulis menjadi buku. Sharing tentang dunia kesehatan menjadi jauh lebih menyenangkan ketika ditulis di blog, sharing dunia literasi pun tak kalah serunya.

Lalu apa saja alasan kenapa saya bisa bertahan mengisi blog padahal belum sebaik yang lain?

Blog Menjadi Tempat Paling Nyaman Untuk Mengekspresikan Perasaan

Berbeda dengan orang lain pada umumnya, belakangan saya justru sangat jarang menulis status di media sosial. Selain waktu yang semakin sempit, menulis status kadang nggak selalu efektif untuk menyampaikan banyak hal. Yang ada ujung-ujungnya malah curhat…he. Sedangkan ketika menulis di blog, saya harus pastikan bahwa apa yang saya tulis benar-benar ada manfaatnya.

Ngeblog itu asyik banget, apalagi kalau sudah terbiasa. Saya yakin, orang yang pertama kali mencoba akan merasa candu. Terutama jika hobinya menulis seperti saya. Rasanya ngeblog benar-benar asyik dan tak tergantikan.

Menjadi Media Untuk Berbagi

Blog menjadi salah satu media untuk berbagi. Karena itu saya bertahan mengisi blog sampai sekarang. Selain menulis artikel di media dan menulis buku, blog juga jadi media yang sama menariknya untuk berbagi banyak hal, termasuk pengalaman pribadi yang bisa jadi bermanfaat untuk orang lain. Justru menariknya ngeblog itu memang ada pada sisi ‘personal’.

Bertemu Banyak Teman dengan Passion dan Hobi yang Sama

Teman-teman sesama blogger justru rata-rata bukan teman-teman dekat saya di sosial media. Ya, saya jadi punya teman-teman baru sesama blogger yang nggak kalah asyiknya. Kami saling berkunjung dan menyapa. Pengalaman yang mereka tulis di blog menjadi pelajaran berharga untuk saya sebagai pembaca.

Menyimpan Kenangan

Saya memang jarang mengumbar kehidupan pribadi di sosial media, termasuk tentang perkembangan anak-anak. Share foto pun hampir tidak pernah saya lakukan. Tapi pengalaman saat menjaga anak yang sedang sakit, bepergian bersama keluarga, dan pengalaman menyenangkan lainnya bisa saya simpan dengan menuliskannya di blog.

Cara Asyik Berkomunitas

Komunitas blogger itu banyak banget dan seru-seru, lho. Kegiatan ngeblog semakin mengasyikkan. Tidak hanya itu, kamu bakalan punya kesempatan untuk mengikuti event-event seru seperti yang kali ini saya ikuti bersama Blogger Perempuan. Hal semacam ini menjadi amunisi di saat kita sedang malas menulis.

Tujuan Dipinang Penerbit

Pernah dengar nggak kalau ada penerbit yang mencari penulis dengan melihat blognya? Dulunya saya pun punya alasan untuk itu. Menulis di blog dijadikan sebagai tempat menyimpan tulisan karena bukannya mustahil ada penerbit yang meminang penulis dengan melihat tulisannya di blog. Sayangnya, saya belum pernah merasakan itu..he. Buku-buku saya diterima setelah mengajukan naskah, bukan karena melihat blog saya yang masih bayi ini.

Mendapatkan Penghasilan dari Ngeblog

Sudah dapat apa saja sejak ngeblog? Pertanyaan itu kadang mampir pada saya. Orang-orang mungkin bingung, kenapa sih begitu seriusnya mengisi blog kalau memang nggak dapat apa-apa? Kenyataannya, semua tak melulu soal materi. Tapi, selama ngeblog sudah pernah merasakan dapat penghasilan. Dan ternyata itu memang benar-benar nyata.

Jika kamu merawat blog kamu dengan baik, mengisinya dengan hal bermanfaat dan menarik, bukannya tidak mungkin blog memberikan kamu keuntungan lebih selain membuatmu senang.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa saya menulis di blog hingga sekarang. Semakin senang menulis, semakin senang mengisi blog. Ngisi blog seperti jadi pengalih penat saat mengerjakan naskah buku atau menulis artikel di media. Banyak pengalaman menyenangkan terjadi, termasuk saat mengenal banyak orang dengan passion dan hobi serupa.

#Day1 #BPN30DayBlogChallenge2018 #bloggerperempuan

4 comments on "7 Alasan Kenapa Menulis di Blog Begitu Menyenangkan"
  1. Saya tadi membaca tulisan bahasa inggris, katanya "writing is better than meditation". keren ya ada yang sampe situ pemikirannya. saya juga makin sering ngisi blog saya mba, meski kadang malasnya kambuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. Memang menulis sehebat itu. Banyak kisah menakjubkan dan nyata. Semoga tetap semangat ngisi blognya yaa.. Keren blognya

      Delete
  2. Saya menulis di blog utk menyalurkan uneg2 di hati dan sbg tempat berlatih menulis,..kesenangannya seperti yg mbak sebutin di artikel ini,...jadi punya banyak teman yg justru tak didapatkan di medsos yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa betul..sama.. Semakin menyenangkan jadinya.

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature