Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Buat yang Hobi Mendaki, 3 Gunung di Switzerland van Java Ini Wajib Banget Kamu Coba, Nomor 2 Keren Banget


Kamu termasuk salah satu orang yang senang mendaki? Yap! Mendaki gunung memang menjadi salah satu hal menyenangkan bagi sebagian traveler. Mendaki bukan soal seberapa hebat kamu menaklukkan puncak, tetapi seberapa hebat kamu menklukkan ego.

Ya, nggak harus sampai ke puncak, jika memang keadaan tidak memungkinkan, kamu tidak boleh memaksakan diri, lho. Ini memang bukan soal seberapa tangguh kamu mencapai target tertinggi, tetapi ada banyak pembelajaran hidup yang perlu kamu resapi. Termasuk bagaimana menyelesaikan masalah di setiap tantangan yang kamu lewati, membuatmu lebih dewasa menapaki hidup nantinya.

Nah, buat kamu yang suka mendaki dan tinggal di ibu kota, gunung di Switzerland van Java atau Garut ini cocok banget, lho buat kamu coba. Kira-kira apa saja, ya? Simak ulasannya, ya!

Gunung Guntur

Foto: Instagram.com/adiraoktaroza
Gunung yang memiliki ketinggian 2.249 mdpl ini merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi, lho. Tahun 1847, untuk terakhir kalinya gunung ini meletus. Meskipun memiliki ketinggian yang tak seberapa, tetapi mendaki Gunung Guntur tetap butuh ketahanan fisik dan mental yang kuat. Kamu tetap harus melakukan banyak persiapan sebelum memutuskan untuk mendaki.

Uniknya, selain di musim kemarau kamu bisa menikmati ilalang merah yang mengagumkan. Pemandangan yang memanjakan mata banget. Karena itu cobalah kamu tentukan waktu yang tepat untuk mendaki selain Agustus hingga Oktober, supaya kamu bisa melihat pemandangan menakjubkan ini.

Kamu bisa melewati jalur Citiis untuk sampai ke puncak. Citiis merupakan nama sebuah curug yang bisa kamu temukan di lereng Gunung Guntur. Kamu bisa menumpang kendaraan yang lewat untuk sampai di base camp yang ada di Tanjung Kidul. Gimana, tertarik buat mencoba?

Gunung Papandayan

Foto: Instagram.com/jhe_ridzwan17


Dikenal sebagai salah satu Gunung paling ramah buat pendaki dan menawarkan pemandangan menakjubkan, Gunung Papandayan pastinya jadi salah satu gunung yang wajib banget kamu pilih untuk tujuan pendakian. Memiliki tinggi hingga 2.665 mdpl, rupanya gunung ini terletak di Kecamatan Cisurupan.

Kamu bisa menikmati keindahan Hutan Mati serta Tegal Alun. Di Hutan Mati, kamu bisa mengabadikan gambar di antara pohon-pohon Cantigi yang terkena erupsi pada tahun 2002 silam.  Dan satu lagi yang nggak boleh kamu lewatkan, tentu saja menikmati keindahan bunga Edelweis di Tegal Alun. Favorit banget, kan?

Gunung Cikuray

Foto: inimahgarut.com

Yap, gunung ketiga yang bisa kamu daki di Garut adalah Gunung Cikuray. Tinggi gunung yang mencapai 2.821 mdpl menjadikannya sebagai gunung tertinggi keempat di Jawa Barat, lho. Kamu bisa mencapainya dengan 3 jalur berbeda, yakni jalur Cikajang, jalur Cilawu, serta jalur Bayongbong. Kamu yang baru mencoba, patut banget memilih Gunung Cikuray sebagai salah satu tujuan pendakian karena tracknya sangat bersahabat.

Itulah 3 gunung yang ada di Garut yang disebut sebagai Switzerland van Java karena keindahan lokasinya yang dikelilingi oleh pegunungan. Buat yang ada di ibu kota, Garut merupakan lokasi yang tepat untuk menjadi tujuan pendakian. Kira-kira kamu pengen mencobanya? Rasanya asyik juga, kan bisa mendaki bersama teman dan sahabat kamu? Yuk, agendakan untuk mengisi liburanmu selanjutnya.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis bersama Estrilook.com dan Estrilook Community #Day1
4 comments on "Buat yang Hobi Mendaki, 3 Gunung di Switzerland van Java Ini Wajib Banget Kamu Coba, Nomor 2 Keren Banget"
  1. Saya kira Switzerland van java itu Kota Batu mbak, soalnya kadang juga ada yg nyebut gitu hehe

    ReplyDelete
  2. Wah, indah-indah sekali :D Aku bukan yang hobi mendaki, tapi menikmati sekali kalau ada yang post pemandangan seperti ini, sungguh luar biasa ciptaan Tuhan ya :)

    ReplyDelete
  3. Wow viewnya cantik sekali. Tapi kalo naik gunung fisik harus benar2 prima, jadi saya harus banyak berolahraga dulu biar bisa nyampe ke puncaknya. ... :D

    ReplyDelete
  4. HATI DAMAI JIKA LIHAT PEMANDANGAN SEPERTI INI.. SAYANG BELUM ADA KESEMPATAN

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature