Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Bahaya Menggunjing di Dunia Maya Semakin Mudah Tapi Jarang Disadari, Jangan-jangan Kamu Termasuk Salah Satunya, Dears


Menggunjing merupakan perbuatan dosa. Ternyata tidak hanya sengaja menjelekkan orang, bahkan lewat sebuah isyarat atau sindiran pun bisa terkena hukum yang sama. Parahnya, dunia maya seakan membuka peluang menggunjing menjadi semakin besar.

Ini bukan hal asing dalam kehidupan kita. Karena banyak interaksi di sosial media, seseorang kadang merasa boleh melakukan apa pun meskipun sebenarnya tidak benar-benar mengetahui sebuah fakta atau kebenaran. Terlebih kita sebagai muslimah yang memang senang sekali berkumpul dan ngobrol dengan sesama teman yang punya passion yang sama.

Misalnya saja dalam sebuah grup Whatsapp, ada orang yang berani menyindir secara halus, tetapi menohok pada orang yang tidak aktif di dalamnya. Dibuat menjadi bahan tertawaan yang sebenarnya tidak pantas dilakukan oleh seorang muslimah.

Atau sengaja menjelekkan orang lain tanpa fakta dan merasa itu biasa saja, tidak berdosa, dan halal dilakukan? Karena tidak bertemu secara fisik, kadang kita mudah sekali melakukan hal itu dalam kehidupan sehari-hari, ya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Aisyah radhiyallahu ‘anha mengisyaratkan kepada Nabi Muhammad bahwa ada seorang wanita yang menemuinya, kemudian saat ia hendak keluar, Aisyah memberikan isyarat kepada Nabi bahwa wanita itu bertubuh pendek.

Nabi Muhammad kemudian bersabda bahwa Aisyah telah mengghibahkan wanita tersebut. Mungkin ini sering kita lakukan tanpa disadari, ya. Mengatakan kekurangan seseorang meski niatnya tidak mengejek, menyudutkan seseorang padahal tidak tahu fakta yang sebenarnya. Banyak hal yang kita lakukan tanpa disadari ternyata kita justru terjerumus dalam kubangan dosa ghibah.

Nah, supaya kamu terhindar dari hal seperti ini, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal saat berkumpul dengan teman-temanmu di dunia maya.

Berhati-hati saat bicara, jangan sampai menyakiti orang lain meskipun niatnya hanya bercanda

Ya, apa yang keluar dari mulutmu nyatanya tidak akan pernah bisa ditarik kembali. Kamu harus menyadari itu. Jadi, berhati-hatilah ketika bicara apalagi ketika membicarakan orang lain. Bisa jadi ucapanmu menjadi duri yang menusuk hati orang.

Hindari komunitas yang bisa membawamu pada keburukan, perbuatan sia-sia, dan menjerumuskan

Banyak komunitas bertebaran saat ini. Kamu perlu berhati-hati memilih. Jangan sampai bukan jadi produktif malah justru menggunjing orang lain. Jika sudah merasa asyik bersama orang, kadang dosa besar pun sulit disadari.

Jangan terlalu mudah mengekor suatu perbuatan yang tidak dibenarkan dalam Islam

Karena merasa tidak enak, akhirnya kamu pun ikut-ikutan menggunjingkan orang lain. Atau, bisa jadi kamu merasa sungkan meninggalkan teman-temanmu yang suka menyakiti orang lain dengan ucapannya hanya karena kamu ragu untuk pergi. Semua itu bisa menjadikanmu orang yang sama, tak berbeda dengan mereka.

Selalu konfirmasi dulu sebelum menghakimi seseorang

Ya, jangan sampai kamu bicara tanpa kebenaran, tanpa konfirmasi apalagi jika sampai kamu mengajak orang lain melakukan hal yang sama. Bagaimana jika semua yang kamu ucapkan itu tidak benar? Bagaimana jika kamu justru menyakiti orang lain hanya karena  kamu malas mengonfirmasikan sebuah berita?

Itulah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan di sosial media. Berhati-hatilah, kadang sesuatu yang kita anggap sepele justru menjadi dosa besar yang tidak hanya merugikan kita sendiri, tetapi lebih parahnya menyakiti orang lain.Yuk, jadi muslimah cerdas!

Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis bersama Estrilook.com dan Estrilook Community #Day4 #Fikih Muslimah

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature