6 Jenis Pasta Terpopuler di Indonesa, Yuk, Kenali Perbedaannya!

Kamu pasti sudah familiar banget dong dengan olahan pasta di Indonesia. Berbagai macam jenis olahan pasta sudah biasa kita temui, baik untuk sarapan, maupun sebagai camilan. Yap! Di antara semua jenis pasta yang kamu temui itu, rupanya ada perbedaan yang tak semua orang tahu, lho.
Biar kamu nggak malu-malu banget saat makan di restoran Italia, ada baiknya kamu ketahui beberapa perbedaan di antara beberapa jenis pasta berikut ini. Simak ulasannya, ya.

Sering Disebut Spaghetti, Ternyata Angel Hair Ini Berbeda Banget, lho

Foto: taste.com.au

Meskipun sekilas penampilannya mirip banget dengan spaghetti yang sering kamu makan, tetapi pasta angel hair ini punya perbedaan dengan spaghetti, lho. Selain tidak sekenyal spaghetti, angel hair juga lebih tipis. Bahan-bahan yang digunakan pun jauh berbeda dari bahan yang digunakan untuk membuat spaghetti. Hm, jadi tahu sekarang, kan?

Fusili Sering Kita jumpai Dalam Berbagai Macam Olahan, Termasuk Untuk Campuran Sup

Foto: taste.com.au

Namanya fusili. Dibuat dari bahan dasar tepung dan sering disajikan bersama sayuran serta daging tumis. Di Indonesia, fusili sering kita jumpai dalam campuran sup, dijadikan pasta, hingga digoreng dan disantap bersama bubuk cabai yang super pedas. Yummy banget pastinya.

Bucatini Lebih Identik dengan Spaghetti dan Angel Hair

Foto: seriouseats.com

Nah, pasta satu ini juga bukan spaghetti ataupun angel hair, lho. Meskipun sekilas mirip banget, tetapi pasta ini punya perbedaan yang sangat mencolok terutama karena memiliki lubang. Jika angel hair lebih tipis daripada spaghetti, maka bucatini lebih tebal daripada angel hair, tetapi tidak setebal spaghetti, lho. Bisa bedain, kan, sekarang?

Elbow Macaroni Paling Mudah Dijumpai di Indonesia

Foto: pillsbury.com

Kita sering banget menyebut semua jenis pasta dengan sebutan macaroni, ya? Padahal, yang disebut macaroni itu adalah jenis elbow macaroni ini. Dibuat dari tepung gandum, elbow macaroni sering banget kita masukkan dalam campuran sup, isian pastel dan martabak macaroni, hingga berbagai macam olahan lain. Makannya nggak salah jika pasta satu ini disebut pasta sejuta umat, ya.

Farfalle Justru Lebih Identik dengan Nama Pasta Dasi

Foto: hellofresh.com

Ya, sekarang kamu harus belajar menyebutnya farfalle, ya, Guys. Bentuknya memang imut banget dan serupa dengan dasi kupu-kupu. Tapi, pasta ini namanya bukan pasta dasi, lho. Ini farfalle yang bisa kamu tumis dengan berbagai macam sayuran ataupun tambahan daging.

Conchiglie Mirip Banget dengan Cangkang Kerang

Foto: hellofresh.com
Kamu biasa menyebut pasta ini dengan sebutan apa? Mirip banget dengan cangkang kerang, pasta satu ini biasanya dimasukkan dalam hidangan sup dan salad, lho. Termasuk mudah banget kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, ya. Rasanya gurih dan bertekstur lembut.

Itulah beberapa jenis pasta yang bisa kamu kenali perbedaannya. Kira-kira masih suka bingung menyebutnya dengan benar sesuai namanya nggak, sih? Jangan sampai kamu menyamaratakan semua jenis pasta dengan sebutan makaroni, ya? Yuk, sebut dengan benar setelah kamu membaca ini.

8 comments:

  1. ha..ha.. saya baru tau kalau spagheti itu macem-macem jenisnya. pantes waktu makan di restoran suka beda-beda bentuk sama ukurannya, saya semua spagetti sama.

    kalau fusili sama elbow sering liat.tapi yang cangkang kerang sama dasi saya kayaknya belum liat. *mungkin saya yang katro. :)

    ehmmm... jadi pengen spagheti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, kita terbiasa sebut spageti sama makaroni, yaa.. :D

      Delete
  2. Jadi inget waktu jaman kuliah dulu, dapat teori tentang pasta, yg dinamakan sesuai bentuknya dan akhirnya disuruh praktek bikin adonan pasta termasuk empat macam saosnya dlm durasi waktu yg sdh ditentukan.

    ReplyDelete
  3. wew, lihat spageti jadi laper nih he..he..

    ReplyDelete
  4. Saya suka banget ama Farfalle mba, lucu bentuknya, makannya jadi terasa beda hahaha.
    Saya sebenarnya sudah tau kalau gak semua namanya spagethy, tapi baru ngeh namanya satu2, biasanya kalau di supermarket saya paling lama di deretan yang ginian, paling suka masak spagethy dan semacamnya soalnya, gak ribet dan anak serta suami suka banget hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masaknya gampang kalau pasta-pasta begini, ya...anak2 di rumah juga doyaan..

      Delete