Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

18 Situs yang Menerima Tulisanmu dan Bersedia Membayarnya, Bikin Kaya dan Terkenal!


Kamu suka menulis dan ingin mempublikasikan tulisanmu, tetapi tak tahu harus dikirim ke mana? Selain menulis di blog, kamu juga bisa mengirimkan tulisanmu kepada media yang sekarang sudah sangat banyak jumlahnya. Ajaibnya, kamu tidak hanya bisa dikenal lebih banyak orang, tetapi kamu juga bisa mendapatkan penghasilan, lho.


Saat ini, sudah banyak situs yang bersedia menerima tulisan kamu. Nggak main-main, mereka sudah punya jutaan pembaca setia yang siap membaca setiap tulisan menarik yang masuk. Kamu bisa bayangkan, tulisanmu yang biasanya hanya mengendap di laptop, kini bisa lebih bermanfaat karena punya kesempatan dibaca lebih banyak orang.

Selain itu, beberapa situs ini nggak hanya menerima tulisanmu, tetapi juga membuatmu punya penghasilan tetap dari passion kamu sebagai penulis dan poin lebihnya, kamu juga bisa dapat training menulis gratis. Nah, kira-kira ada situs apa saja, ya? Simak ulasannya!

1   1. UC News

Foto: abplive.in

UC News adalah salah satu situs yang akan membayar tulisanmu pakai dolar. What? Beneran uangnya bisa cair dan sampai? Yap! Saya sendiri sudah menulis di UC News hampir setahun dan sudah mendapatkan fee lebih dari 1000$ dalam 6 bulan pertama.

UC News termasuk situs yang cepat tanggap sama artikel yang masuk. Buat yang sudah lama menulis, nggak butuh waktu lama untuk menunggu artikel terbit, tapi buat penulis pemula kadang sampai berhari-hari belum terbit juga. Duh, ngeselin banget, kan? Haha.

Untuk bisa dapat penghasilan, kita perlu monetisasi iklan dulu, barulah kemudian setiap artikel terbit akan dapat fee sesuai dengan jumlah viewer. Artikel berkualitas di situs ini juga belum tentu dibaca banyak orang, kadang malah yang remeh justru ramai pembacanya. Yang jelas, kudu sabar aja...hehe.
   
2. Hipwee

Foto: Hipwee.com

Hipwee adalah salah satu situs yang bersedia menerima tulisan kita dan pastinya kita punya banyak peluang untuk lebih dikenal orang karena pembaca Hipwee yang jumlahnya udah nggak terhitung. Tapi, kamu nggak akan dapat fee ketika mengirimkan tulisan di situs ini.

Bagi sebagian penulis, fee itu bukan yang utama, kok. Kesempatan buat dibaca banyak orang, nyaman menulis di sana aja sudah jadi salah satu hal yang mereka senangi, bikin bangga, dan bahagia. Maka tak heran, penulis di situs ini juga banyaknya minta ampun. Dan perlu diingat, tulisan kamu nggak langsung bisa terbit, ya. Ada seleksi juga. Saya pernah menulis di Hipwee dan ada 2 artikel terbit di sana. Selain itu, setiap bulan akan dipilih beberapa penulis dan mendapatkan hadiah. Yang lebih menarik, Hipwee kadang ngasih training menulis gratis buat penulis-penulisnya, lho. Keren banget, kan?

3      3. Idn Times

Foto: techinasia.com

Situs satu ini juga tak kalah keren dan terkenalnya, lho. Setiap buka google, Idn Times akan muncul di page one. Jika kamu mengirimkan tulisan di situs ini, kamu akan dapat saran perbaikan jika memang tulisan kamu belum layak terbit. Dan menurut saya, ini adalah poin penting terutama bagi pemula, lho.

Selain itu, kamu juga bakalan dapat fee dari setiap artikelmu yang sudah terbit. Asyik, bisa buat tabungan masa depan, kan? Hehe.

         4. asabasi

Foto: Basabasi.co

Situs satu ini termasuk situs yang akan membayar tulisanmu dengan harga yang nggak main-main, lho. Tapi, karena fee yang akan kamu terima lumayan besar, kamu juga perlu tahu jika untuk lolos ke situs ini juga nggak bakalan mudah, ya.

Kamu bisa mengirimkan puisi, esai, resensi, ataupun cerpen. Cek syarat-syaratnya sebelum memutuskan untuk mengirimkan tulisanmu, ya.

       5. Babe

Foto: appmobileonline.com
a
Situs satu ini juga pasti udah kamu kenal sebelumnya, ya? Kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan setiap artikel terbit. Pengalaman orang lain, satu artikel bisa dihargai hingga Rp 50.000, lho. Tapi, kabarnya kamu harus menunggu hingga saldo mencapai Rp 200.000 untuk bisa cair, ya.

6    6. Brilio

Foto: probisnis.com

Situs satu ini juga akan menerima tulisanmu, lho. Nanti tulisan kamu bisa masuk halaman community dan jika memang menarik, maka admin Brilio akan memilihnya untuk diletakkan pada halaman utama. Jika tulisan kamu terpilih, kabarnya kamu akan dapat Rp 200.000. Tapi, ternyata untuk sampai di halaman utama, nggak mudah. Jadi, berjuanglah!

7    7. Plukme

Foto: itsrumahaksara.wordpress.com

Situs satu ini kerennya bukan main. Yap! Saya yakin, banyak banget penulis yang merasa nyaman menulis di situs ini. Selain bisa mengirimkan tulisan yang ternyata nggak banyak pakai syarat, kamu juga bisa menambah pertemanan dengan saling follow akun penulis lainnya, lho.

Di sini kamu juga akan mendapatkan penghasilan meskipun tak seberapa. Tapi jika kamu rajin dan pembacamu banyak, penghasilan yang kamu terima pun akan sebanding dengan usahamu. Saya pribadi pernah menulis di sini, tapi artikel saya nggak banyak. Dan saya merasa situs ini nyaman baik buat pemula ataupun senior.

8    8. Nulis.co.id

Foto: yukampus.com

Buat kamu yang hobi ngelomba, Nulis.co.id ini cocok banget untuk kamu, lho. Situs satu ini sering banget ngadain lomba menulis. Selain itu, situs ini kabarnya juga akan membagi hasil iklan dari tulisanmu. Sejauh ini saya belum pernah menulis di Nulis.co.id. Kamu mungkin bisa mencobanya jika penasaran, ya.

9    9. Vbma

Foto: Vebma

Mungkin situs ini masih agak asing di telinga kamu, ya? Saya pribadi pernah mendaftar tapi belum sempat menulis. Pengalaman teman yang masuk Vebma, tulisan kita akan dibayar sesuai jumlah viewer. Tapi, nggak banyak juga teman yang menulis di sini, bahkan saya pun belum sempat menulis di situs ini karena terlalu asyik mencoba situs lainnya. Hehe.

1    10. Seword


Foto: misael.id

Buat kamu yang suka menulis tentang politik, situs satu ini benar-benar cocok untuk kamu coba. Sebelumnya, kamu harus mengirimkan contoh artikel kamu bertema politik pada email adminnya, ya. Kamu akan mendapatkan penghasilan juga dari situs ini. Kabarnya, setiap 1000 view kamu bakal dapat Rp 3000.

1    11. Takaitu

Nah, lho gambar saya..kwkwk. Nggak mau rugi :D

Pernah dengar nama Takaitu? Situs satu ini akan menyeleksi setiap tulisan yang masuk dan menerbitkannya. Jika kamu tertarik menuliskan artikel di situs ini, kamu harus mempelajari karakter tulisan yang telah terbit di sana. Saya pribadi menulis di Takaitu sejak April hingga Agustus. Selama itu pula saya berhasil menjadi penulis terpilih dengan jumlah poin tertinggi sebanyak 3 kali berturut-turut.

1    12. Jalan Tikus

Foto: Harianeko.com

Ini bukan jalan buat tikus lewat, lho, ya. Hehe. Situs satu ini juga bersedia menerima tulisan kamu, lho. Buat kamu yang hobi menulis tema gadget dan segala macam teman dekatnya, kamu bisa banget mengirimkan tulisanmu di Jalan Tikus, lho. Kamu juga akan mendapatkan fee atas setiap tulisan yang terbit.

1    13. Mojok.co

Foto: mediajabar.com

Nama yang unik banget, ya? Setiap artikel terbit bisa mendapatkan fee sekitar Rp 10.000 hingga Rp 150.000, lho. Termasuk yang lumayan besar juga, kan? Tapi, tulisan kamu harus menunggu seleksi selama semingguan. Jadi, penghasilan besar, masuknya pun nggak gampang, kan?

1    14. Inwepo.co.id

Foto: Pexels.com

Bagi kamu yang suka bikin artikel bertema tips dan trik, kamu bisa mencoba situs satu ini, ya. Setiap artikel terbit juga akan dibayar. Jika kamu melengkapi artikelmu dengan video tutorial, kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih besar yakni sebesar Rp 30.000.

1    15. Joeragan Artikel

Foto: lailamamasimpel.blogspot.com

Joeragan Artikel bukan hanya sering mengadakan kelas-kelas menulis yang keren, tapi juga punya website yang siap menerima tulisan kamu, lho. Di sini kamu memang tidak akan mendapatkan fee atas setiap artikel yang terbit, tapi setiap 3 bulan sekali akan dipilih penulis terbaik dan akan mendapatkan voucher training di Joeragan Artikel senilai Rp 200.000, lho. Keren banget, kan?

Jika kamu ingin mencoba menulis di JA, kamu bisa mengirimkan artikel bertema kesehatan, parenting, traveling, motivasi, dan masih banyak lagi.

Saya pribadi merupakan salah satu alumni kelas JA yakni kelas editor. Bersyukur dan senang pernah mencoba salah satu dari kelas keren yang dimiliki JA. Kamu juga bisa ikutan kelasnya yang lain, ya.

1    16. Beautynesia


Buat kamu yang suka menulis tema kecantikan, bisa banget mengirimkan tulisanmu ke Beautynesia.id. Di sini memang tempat ngumpulnya artikel kecantikan dan fashion. Kabarnya, beautynesia juga akan memberikanmu fee atas setiap tulisan yang berhasil terbit di sana. Menarik banget, ya?

 17. Kompasiana

Foto: tekno.kompas.com

Kamu pasti nggak asing lagi dengan situs satu ini karena pembacanya yang banyak banget. Yap! Selain menerima tulisanmu, kamu juga bisa ikutan event berhadiah di sana, lho. Kerennya lagi, penulis Kompasiana bisa mendadak terkenal saking banyaknya pembaca di sana. Asyik banget, kan?

1    18. Estrilook

Foto: Estrilook.com

Baru diluncurkan awal September lalu, Estrilook.com menjadi salah satu situs istimewa yang patut kamu coba. Situs satu ini memang lebih fokus pada dunia wanita, tapi bukan berarti penulis pria dilarang bergabung, lho.

Ada banyak kategori yang bisa kamu pilih, termasuk Beauty dan Fashion, Parenting, Food, Traveling, Muslimah, Inspirasi, dan Kesehatan. Lebih spesialnya lagi, kamu tidak hanya akan mendapatkan fee atas setiap artikelmu yang terbit, tetapi juga mendapatkan review atau masukan jika memang tidak layak terbit atau bahkan terbit dengan revisi.

Bukan hanya itu, Estrilook juga rutin mengadakan sharing seputar dunia kepenulisan, challenge menulis, membuka kelas menulis secara rutin, dan itu semua free alias nggak bayar. Ini juga yang akhirnya membuat Estrilook begitu cepat dikenal. Dalam dua pekan setelah diluncurkan, Estrilook sudah punya 130 penulis kreatif yang siap menginspiramu, 300 lebih anggota Estrilook Community yang siap belajar bareng dan saling berbagi.

Bulan depan, Estrilook akan mengadakan kelas ngeblog dan mempercantik blog, lho. Kelas ini diadakan di grup Estrilook Community. Dan seperti yang sudah kamu tahu, kelas seperti ini boleh diikuti oleh semua orang dan nggak akan dipungut biaya sepeser pun. Bulan depannya lagi, bisa jadi ada kelas self editing, jago bikin artikel, dan masih banyak lagi kelas lainnya yang insya Allah akan diadakan oleh situs super kece satu ini.

Bulan ini, Estrilook sedang mengadakan challenge menulis dan sudah dilakukan selama dua pekan. Ada banyak peserta yang begitu antusias mengikutinya. Selain ingin belajar konsisten menulis setiap hari, mereka juga bisa mempelajari berbagai tema dan karakter penulisan artikel yang bisa tembus media online. Setiap hari, Estrilook akan memberikan tema berbeda, yang kadang bikin mereka menyerah, kesal sampai gregetan saking susahnya. Tapi, dengan begitu mereka tahu apa itu berjuang, nggak mudah putus asa hanya karena satu kesulitan, mencari solusi sehingga bisa tetap menulis, menikmati proses yang nyatanya memang nggak mudah, dan yang pasti semua itu akan kembali pada diri mereka sendiri.

Tim Estrilook akan memberi masukan pada artikel yang diikutsertakan dalam tantangan menulis ini, lho. Betapa beruntungnya jika ada yang mau mengoreksi tulisan kita sehingga kita jadi tahu apa kesalahan kita yang kerap tidak disadari sehingga ke depannya jadi bisa diperbaiki. Dan itu terbukti banget, masuk minggu kedua, artikel penulis yang masih konsisten mengirimkan artikel semakin rapi dan bagus tulisannya.

Selain akan mendapatkan hadiah, Estrilook juga ngasih kesempatan pada setiap artikel yang layak terbit untuk dimasukkan ke dalam situs Estrilook.com dan pastinya dapat fee juga dong. Kurang keren gimana, kan? Kuy, segera bergabung bersama situs ini. 

Setiap Sabtu malam grup Estrilook Community juga bakalan diisi sama sharing bermanfaat, lho. Jika minggu lalu Estrilook ngasih materi tentang pembuatan judul artikel supaya menarik dan langsung praktik, minggu ini bakalan ada sharing manajemen waktu super kece dari salah satu penulis artikel yang sudah terbukti jam terbangnya.

Itulah beberapa situs yang bersedia menerima dan membayar tulisan kamu serta bikin kamu terkenal mendadak. Menjadi penulis artikel di media online memang terlihat remeh, ya? Tapi jika ditekuni, apa pun itu akan menghasilkan, lho. Yap! Sabar dalam berproses menjadi salah satu kuncinya. Kuy, semangat mencoba!

49 comments on "18 Situs yang Menerima Tulisanmu dan Bersedia Membayarnya, Bikin Kaya dan Terkenal!"
  1. Replies
    1. Hmmmm....mmmmmm.....mmmmmmm....*lempar mik Haha

      Delete
  2. Cara gabung di grup Estrilook Community gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah bergabung, ya? tinggal join aja kok, Mba :)

      Delete
  3. Mba, temenku ada yang bermasalah dengan UC news. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa..haha. Ini udah rahasia umum, Mas. Dulu fee 100$ sy pernah nggak cair. Akhirnya sy memutuskan keluar dari tim. Sekarang sih ngisi sesukanya, seluangnya aja. Nggak mau terlibat sama proyek mereka.

      Delete
  4. Udh semakin banyak media ya sekarang, tinggal coba kirim artikel yg tentunya harus berkualitas atau unik sehingga bisa memperoleh popularitas bahkan penghasilan tambahan yg menggiurkan.

    ReplyDelete
  5. Walau belum kontribusi artikel di estrilok. Tapi selalu mengikuti kelasnya.

    ReplyDelete
  6. pensaran sama estrilook...... bisa bakalan dapat ilmu banyak nih

    ReplyDelete
  7. Pernah nulis di Hipwee ga dibayar, kalo Beautynesia 20k dan terikat kontrak, males bgt tiap endorse harus lapor! Nah, Estrilook mau gabung dong kak, mayan buat beli sekinker hehe

    ReplyDelete
  8. Wah, baru tahu nih. Cuma pernah nulis di Kompasiana sekali aja dulu banget. Wajib dicobai semua nih.

    ReplyDelete
  9. Paling suka hipwee dan sering bangat marchandise dari hipwee dan kontributor terbaik.

    Klo idntimes , Vebma, Kompasiana dan uc news jarang update.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I see, Mas selalu juara di Hipwee, kereen banget :D

      Delete
  10. Waah banyak sekali ya ternyata situs yang kasih fee ke pengirim artikelnya. Saya baru tau separonya dari 18 artikel tersebut. Makasih Mbak.

    ReplyDelete
  11. sebagian besar aku ikutan.. UC, Mojok, Basabasi, dan satu lagi belum masuk situ kak. Kaskus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iyaa kaskus. Duh nggak kepikiran sih sama kaskus hihi..terima kasih, Mas..

      Delete
  12. Estrilook memang kece, banyak ilmu yang saya dapat dsana, sukses mba muyyas ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mba..aamiin..doa yang sama untukmu, Mba

      Delete
  13. Waooo..
    Banyak ya mba. .
    Saya cuman nulis di Kompasiana aja.
    Dulu sih, sekarang lebih gencar di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tetap istiqomah ngeblognya ya mba..keren

      Delete
  14. Mbak Muyass pantanqueee, aku mah ngisi blog sendiri aja udah alhamdulillah. Wkwk
    Eh tp kl tulisan yg baper bgt biasanya ku kirim ke hipwee. Hahaha
    Baru nyoba beberapa artikel sih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iyaa emang hipwee identik sama kebaperan :D

      Delete
  15. plukme dan kompasiana, saya punya. Tapi belum pernah membuat artikel. Malu dengan gaya bahasa yang masih anak SD. Kalau itu seword, aduh berbau politik tampak lebih kental. Dan kini gaya bahasanya mirip seperti saya, cari amannya gitulah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy juga buka Seword agak serem juga menurut beberapa orang yang ngereview :D

      Delete
  16. Saya juga pernah ikutan uc news mba..
    Tapi ya gitu berhenti ditengah jalan wkwkwk
    Ternyata nulis dan cari ide setiap hari itu susah
    Plus nyolong waktu kerja buat nulis itu susah hihihi.
    Tapi sampe sekarang saya selalu baca berita di uc news dan kompasiana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..mba ngapain baca berita di UC? Hihi..sy komennya nggak nyambung ya..soalnya sy ngerasa berita di situ kurang asyik aja sih :D

      Delete
  17. wahhh yang basi basi itu ak baru tau e

    ReplyDelete
  18. Wah, ternyata banyak juga. Dan hampir semuanya pernah dicoba oleh Mba Muyass. Saya malah belum pernah ngirim tulisan ke mana pun. Sekedar isi blog sendiri saja. Sepertinya perlu juga menulis di tempat lain. Sepaya bisa menilai kemampuan sendiri.

    ReplyDelete
  19. saya hanya bisa jadi pembaca mbak... kalo jadi penulis mah kagak bisa.. tapi pengen banget nerbitin novelku sendiri... ada gak mbak tips supaya novel kita bisa terbit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah rampung masukkan penerbit, Mbak..jangan dilihatin aja yaa :D

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. wah. lengkap sekali.. mau coba yang mana dulu yah..

    ReplyDelete
  22. Jadi bingung mau pilih yang mana. Punya akun di Kompasiana, tapi belum pernah nulis, gak sempat terus *alasan bae...

    Saya taunya Babe yang dibayar, ternyata buanyak banget. Jadi penulis juga bisa kaya ya mba... Thanks for the sharing

    ReplyDelete
  23. Oh iya, saya juga udah follow blog keren ini mba... *kode keras

    ReplyDelete
  24. mkasih, lho, Mbak. semoga bisa saya coba semua

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature