5 Tradisi Unik Saat Hari Raya Iduladha, Cuma Indonesia yang Punya!

Enggak terasa, Hari Raya Iduladha sebentar lagi sudah tiba. Hari Raya Iduladha yang begitu identik dengan penyembelihan hewan kurban ini akan disambut meriah oleh semua umat Islam di seluruh belahan dunia, tak terkecuali Indonesia.

Di negeri kita tercinta, rupanya ada banyak tradisi unik untuk menyambut serta merayakan Hari Raya Iduladha. Tradisi ini hanya kita yang punya. Kira-kira apa saja tradisi yang menarik untuk kita bahas ini? Simak ulasannya, ya!

Indonesia punya Grebeg Gunungan yang bisa kamu temukan di Keraton Yogyakarta


Foto: ramadan.tempo.co

Bagi kamu yang tinggal di Yogyakarta, pastilah tidak asing dengan tradisi Grebeg Gunungan, ya? Tradisi ini biasanya dilakukan di daerah Keraton Yogyakarta. Masyarakat akan mengarak tiga buah gunungan berisi makanan yang dikawal oleh para prajurit serta dua ekor kuda di belakangnya. Arak-arakan tiga buah gunungan ini nantinya akan melewati Keraton, alun-alun utara, kemudian diakhiri di masjid. Masyarakat percaya bahwa menyantap makanan di dalam gunungan yang telah didoakan ini akan membawa berkah tersendiri bagi mereka semua. Unik banget, kan?

Manten Sapi merupakan tradisi unik khas Pasuruan yang tidak akan kamu jumpai selain di Indonesia


Foto: ulinulin.com

Nah, tradisi unik berikutnya untuk merayakan Hari Raya Iduladha adalah Manten Sapi. Kamu pasti tahu dong makna manten dalam bahasa Jawa ini? Yap! Manten bermakna pengantin. Sapi-sapi yang akan disembelih untuk kurban itu nantinya akan dihias secantik mungkin layaknya pengantin sebagai wujud penghormatan sebelum akhirnya disembelih di masjid-masjid di daerah Pasuruan.

Sapi-sapi itu akan dipakaiakan kalung bunga tujuh rupa, dibalut dengan sajadah serta kain kafan yang juga punya makna kesucian. Sapi-sapi yang telah dihias ini kemudian diarak menuju masjid dan diserahkan pada panitia kurban. Yang tak kalah menarik, ibu-ibu ikut serta memeriahkan tradisi ini dengan membawa bumbu masak untuk kemudian diolah sebagai menu makan bersama. Wah, pasti yummy banget, kan masakan mereka?

Sambut Iduladha dengan tradisi Apitan khas Semarang


Foto: denmasdeni.blogspot.com

Tradisi satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tradisi Grebeg Gununga khas Yogyakarta. Masyarakat melakukan tradisi Apitan demi menyambut Hari Raya Iduladha yang sudah lama mereka nantikan.

Masyarakat akan mengarak tumpeng serta hasil bumi mulai dari kantor kelurahan. Setelah itu akan digelar doa bersama untuk memohon keselamatan. Dan momen yang paling dinanti pun tiba. Yap! Saling berebut hasil bumi merupakan salah satu tradisi unik yang bisa kamu temukan dalam perayaan ini, lho. Tradisi ini dilakukan sebagai wujud syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan.

Kapan lagi lihat kambing digendong layaknya anak kecil selain dalam perayaan Kaul Negeri di Maluku Tengah


Foto: saliha.id

Wah, tradisi unik kali ini benar-benar menarik untuk dibahas. Tradisi Kaul Negeri ini merupakan acara adat menggendong 3 ekor kambing layaknya saat kamu menggendong anak kecil yang biasanya dilakukan oleh tokoh adat dan tokoh agama setempat. Nantinya kambing ini akan disembelih sebagai hewan kurban dan dagingnya dibagikan pada fakir miskin.

Selain itu, ada lagi tradisi Abda’u yang merupakan tradisi khas Maluku Tengah yang dilakukan dengan cara saling berebut bendera bertuliskan kalimat tauhid yang akan dilakukan oleh ribuan pemuda dari Desa Tuleho, Ambon. Tradisi ini terus dilestarikan sebagai wujud tulus menerima agama Islam.

Bukan sembarang menjemur kasur, Mepe Kasur merupakan tradisi unik khas Banyuwangi untuk menyambut Hari Raya Iduladha


Foto: antarafoto.com

Di daerah Banyuwangi, ada tradisi unik setiap menjelang Hari Raya Iduladha. Tradisi Mepe Kasur ini harus dilakukan serentak, lho. Biasanya masyarakat akan menjemur kasur di halaman rumah mereka dan sesekali menepuk serta membaliknya supaya bersih. Trasdisi ini dipercaya bisa menolak bala, menjauhkan segala hal buruk dari rumah, serta sebagai cara menghormati datangnya bulan Zulhijah yang penuh berkah.


Itulah beberapa tradisi unik saat Hari Raya Iduladha yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia. Benar-benar patut dilestarikan sebagai kekayaan budaya di negeri kita. Kira-kira daerahmu punya tradisi unik apa saat Hari Raya Iduladha tiba? Apakah termasuk salah satu dari 5 tradisi unik di atas?

10 comments:

  1. unik banget itu yang gendong kambing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..haha..kebayang kambingnya gimana rasanya, ya? *Gak penting kwkwk

      Delete
  2. Inilah Indonesia negeri kaya budaya dan tradisi.

    ReplyDelete
  3. Manten sapi,, lucu bgt yakk,, pake prewed gag itu??

    ReplyDelete
  4. Wah, keren. Yang menjemur kasur tuh unik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaap..biar rajin meski setahun sekali, ya mbaa :D

      Delete