Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

5 Tips Mempercantik Blog dan Bikin Pengunjung Betah


Apa, sih rahasia mempercantik sebuah blog? Apalagi bagi pemula seperti saya, rasanya punya blog cantik dan dikunjungi banyak pembaca merupakan salah satu impian yang nggak ada duanya. Blog itu ibaratnya rumah, kan. Yap! Rumah yang mencerminkan ‘kita’ banget. Blog yang cantik bukan hanya bikin kita rajin ngeblog, tetapi juga bikin pengunjung jadi betah.

Ternyata untuk membuat blog cantik itu tidak terlalu sulit. Buat saya, pastinya kita harus rajin  dulu menulis dan update, ya *sambil nyindir diri sendiri yang jarang update…hihi. Kalau blog dipenuhi sarang laba-laba, orang jadi enggan dong mau balik, kenapa? Karena bisa jadi pembaca akan kembali dengan tangan kosong, belum ada tulisan baru yang bisa dibaca, kan? Jadi males balik lagi. Selain itu, saya mau bagi 5 tips mempercantik blog dan bikin pengunjung betah ala saya, blogger remah rengginang…hihi. Simak, ya.

Tulisan Bukan Sekadar Curhatan


Memang, ketika menulis di blog, kita nggak akan terbebani oleh apa pun, suka-suka kita, kan? Tapi, ada baiknya tulisan yang kita posting bukan hanya sekadar curhatan tanpa makna. Kita bisa cerita pengalaman saat anak sedang sakit, tetapi bukan hanya sekadar anak demam, dibawa ke rumah sakit, panik, atau setelah itu udahan aja.

Ada baiknya kita selipkan hal edukatif semisal bagaimana menangani anak ketika demam sesuai guideline WHO, atau sesuai anjuran dokter sehingga orang yang membaca jadi ikut belajar, jadi ikut paham bagaimana menangani anak yang sedang sakit.

Intinya tuliskan hal-hal bermanfaat supaya ketika orang selesai membaca postingan kita, ada hal positif yang bisa dipetik, bukan hanya sekadar asyik cerita aja. Simpel dan pastinya semua blogger juga sepakat mengenai hal ini, ya.

Gunakan Gambar yang Menarik

Foto: Pexels.com



Gambar itu nyawa dari tulisan yang kita posting. Saya, entah kenapa begitu mengutamakan ini ketika hendak memposting sebuah tulisan, baik di blog ataupun artikel di media. Bagi saya, gambar itu penting dan bisa bikin sebuah tulisan bicara.

Jadi, sebaiknya pilih dengan hati-hati gambar-gambar yang akan dipakai supaya semua orang ikut senang melihat. Postingan kita pun jadi kece dan cantik, bikin yang baca betah.

Untuk gambar milik pribadi, biasanya saya harus jungkir balik ambil gambar. Misalnya saja untuk sebuah gambar masakan, saya perlu mengambil beberapa kali jepretan supaya dapat yang paling diinginkan. Sabar, ya. Orang sabar disayang Allah, lho. Setelah itu bisa dipermanis dengan menggunakan aplikasi. Sederhana aja, kan?

Gunakan Bahasa Ringan dan Tidak Menggurui
 
Foto: Pexels.com
Biar yang baca senang, sebaiknya pakai gaya bahasa ringan aja, yang santai, supaya pembaca juga senang membaca tulisan-tulisan kita. Sertakan solusi tanpa harus menggurui apalagi menghakimi.

Kadang postingan yang disukai lebih pada pengalaman yang dialami oleh hampir semua orang, yang diceritakan dengan gaya bahasa ringan. Dan buat saya itu memang bikin senang bacanya, ya.

Tampilan Blog Simpel

Foto: Pexels.com

Yap! Blog yang simpel itu justru jauh lebih disukai karena lebih enak dilihat. Jadi, ada baiknya gunakan template yang sederhana, tetapi sesuai dengan keinginan kita. Saat ini banyak banget template yang bisa kita pilih, baik yang free ataupun berbayar. Keduanya nggak kalah cantiknya. Tinggal kita mau pilih yang mana sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Pakai Jasa Pembuatan Website

Foto: Instagram.com

Pernah perhatikan blog saya yang kemarin dan sekarang? Yang dulunya seadanya dan sekarang yang sekece ini? Duh, ketika pertama kali melihat, saya sampai lupa mau posting saking senengnya lihat blog saya dengan template yang baru ini.

Saya gaptek, tapi pengen banget punya blog yang cantik, satu-satunya cara saya harus pakai jasa pembuatan website. Ya, nggak harus selalu bikin website baru, saya cukup meminta blog dipercantik saja. Dan itu berhasil bikin blog saya secakep ini. Sampai terharu lihatnya..hihi. Suka lebay!

Itulah beberapa tips yang bisa teman-teman coba supaya blog kita lebih kece, cantik, dan bikin pengunjung betah serta mau balik lagi ke blog kita. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba, ya!

26 comments on "5 Tips Mempercantik Blog dan Bikin Pengunjung Betah"
  1. saya lebih ke arah kenyamanan pengunjung, dengan membuat blog simple dan ringan. tulisan juga diselipkan gambar karena memang butuh sebagai penrik

    ReplyDelete
  2. Woa makasih banyak mba tips nya menarik sekali, semoga tulisan kita ada value nya, bermanfaat bagi semesta ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..terima kasih kembali, Mba.. :)

      Delete
  3. Betul banget,kak.
    Tampilan template yang bersih dan gaya penulisan yang enak dibaca bikin pembaca jadi betah berkunjung.

    ReplyDelete
  4. Memilih jasa mempercantik blog memang butuh buat kita yang nggak ngerti coding dan nggak bisa mempercantik blog sendiri ya Mbak. Thanks infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mba..saya bikin logo itu aja seharian..hihi. Alhamdulillah nggak diganti cuma diganti warna..:)

      Delete
  5. iya mba...blognya bagus+nyaman dilihat. kepengen euy..

    ReplyDelete
  6. Sip dah, memang tampilan blog itu bisa mempengaruhi mata pembacanya ya Mbak. Kalo acak2an ya yg baca jd pusing

    ReplyDelete
  7. Bagus blognya mbak, jadi betah lama2 di sini.

    ReplyDelete
  8. Iya, nih. Lagi mikirin cari bentuk tampilan blog yang enak dilihat. Sempet kepikiran pakai jasa pembuatan web juga sih, tapi kira-kira biayanya masuk akal gak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan masuk akal sih, Mba..toh hanya sekali juga :)

      Delete
  9. Bener...bener, saya setuju sama nulis di blog jangan sekedar curhatan. Kudu ada maknanya.

    Kalo kata pakde Cholik, ngeblog sing enak, mung ojo sakenake 😊

    ReplyDelete
  10. Setuju, Teh. Semoga yang cari tips ini dan baca ini jadi dapet pencerahan.
    Ya, aku juga masih belajar nih. Jadi asik baca ini, jadi tahu..

    Semoga terus bisa berbagi dan menginspirasi lewat tulisan ya, Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terima kasih, Mas..semoga tambah sukses, yaa

      Delete
  11. saya juga suka mbak kalo blognya tampilannya simpel dan clean. tambahan lagi kalau tulisannya bagus

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature