Toreh Prestasi di Kanada, Tim Indonesia Raih Juara Pertama Kontes Robot Internasional. Keren dan Bikin Bangga!

Kita patut bangga dan bersyukur karena tim Indonesia berhasil menjadi juara pertama dalam kontes robot Internasional yang diadakan di Montreal, Kanada pada 16-22 Juni 2018 kemarin.


Foto: its.ac.id

Tim robot soccer Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS)  ini mengikuti kontes robot kategori Humanoid League Teensize Soccer Competition pada lomba robot soccer Robo Cup 2018. Kompetisi ini merupakan perlombaan tingkat dunia dan diikuti oleh 35 negara. Seperti apa cerita di balik  keberhasilan mereka dalam kompetisi ini? Simak ulasannya!

Kenalan dengan Ichiro yang keren banget dan berhasil meraih juara pertama kategori Teen size


Foto: its.ac.id


Ichiro merupakan singkatan dari ITS Champion in Robo Cup. Tahukah kamu siapa orang-orang hebat di balik Ichiro ini? Mereka adalah Muhammad Reza Ar Razi, Tommy Pratama, Sulaiman Ali, dan Dany Wicaksono. Keempatnya didampingi langsung oleh Muhtadin yang merupakan dosen di ITS.

Robot Ichiro ini memiliki tinggi 80 cm sehingga ia masuk dalam kategori Teen size. Menariknya, dalam pertandingan robot sepak bola ukuran remaja ini, hanya tiga pemain saja yang diperbolehkan masuk ke lapangan. Dua robot akan bermain dan satu robot menjadi penjaga gawang.

Sebelumnya, Ichiro yang merupakan tim  Indonesia ini lolos dalam babak penyisihan dan mempertemukannya dengan 3 tim lainnya. Indonesia kemudian berhadapan dengan Jerman dengan robotnya WF Wolves.

Pada babak penyisihan, Ichiro berhasil mengalahkan lawannya dengan skor 1-0. Karena sudah memahami kondisi lawan, ketika Ichiro dipertemukan lagi dengan WF Wolves pada babak semifinal, tak sulit baginya untuk menang kembali dengan skor 2-0.

Ichiro tampil memukau dan berhasil mengalahkan MRL HSL dari Iran yang sebelumnya mengalahkan robot dari Australia, Nu Bots tanpa ampun dengan skor 5-0. Ichiro tetap maju serta optimis. Dia pun berhasil mengalahkan MRL HSL dan meraih juara pertama.

Tim Indonesia berhasil meraih 4 penghargaan dalam 4 kategori Robo Cup 2018


Foto: its.ac.id


Itulah kerennya tim ITS ini dalam kompetisi Robo Cup 2018 kemarin. Mereka bukan hanya meraih juara pertama dalam kategori Teen size, tim ini juga berhasil meraih 4 penghargaan sekaligus, lho. Dan inilah empat penghargaan yang membuat kita bangga seperti dikutip dari news.detik.com,
  1. Juara pertama pada kategori Teen Size mengalahkan Iran dengan skor 3-0.
  2. Juara kedua Drop In Games untuk ketagori Teen Size.
  3. Juara kedua Technical Challenge kategori Teen Size.
  4. Juara ketiga Best Humanoid Robot Soccer untuk semua kategori.
Keberhasilan mereka pada Robo Cup 2018 ini membuat semua orang bangga atas prestasi yang berhasil mereka raih. Sebuah piagam penghargaan Pemuda Hebat dan Bantuan Dana Pembinaan diberikan langsung kepada tim Ichiro ITS oleh Kemenpora. Dana itu diharapkan mampu menjaga nyala di hati anggota tim sehingga mereka bisa terus berkarya dan berprestasi mengharumkan nama bangsa. Salut buat mereka!

18 comments:

  1. Jadi turut bangga yaa!! Semoga bukan hanya diKanada saja...Tapi seluruh benua Eropa. Biar Indonesia makin jaya selalu...😄😄

    ReplyDelete
  2. keren ya, bikin semangat yang lain buat berprestasi

    ReplyDelete
  3. sering anak indonesia menang kompetisi robot, tapi kok yang terkenal dengan robotnya jepang ya... butuh perhatian lebih dari pemerintah dan swasta untuk megembangkan teknologi terkini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemerintah sangat kurang mendukung yang seperti ini..padahal kalau dapat dukungan penuh, pemuda Indonesia bisa maksimal berjuangnya

      Delete
  4. Keren !.
    Generasi muda Indonesia sekarang makin banyak yang berprestasi.
    Patut jadi contoh 👍

    ReplyDelete
  5. Waaah..., ini bener keren dan bikin bangga. Selamat dan sukses tentunya ya.

    ReplyDelete
  6. Keren dan ikut bangga. Dan yang seperti inilah yang layak viral :)

    ReplyDelete
  7. wah ini baru mantap, prestasi yang mengharumkan nama bangsa

    ReplyDelete