Ini Dia 5+ Langkah Sukses Memulai Bisnis di Usia Muda, Nomor 3 Sering Dianggap Remeh!

June 01, 2018
Holla!

Siapa di antara kamu yang sudah mulai menggeluti sebuah usaha atau bisnis? Yup! Di saat teman-teman kamu asyik hangout dan jalan di malam minggu, kamu sudah bersiap membangun masa depan dan meletakkan pondasi menuju kesuksesan.

Foto: pexels.com


Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, lho! Jika kamu ingin sukses membangun bisnis, maka kamu harus bersiap memulai semuanya dari nol. Ingat, kamu harus memilih bidang yang paling kamu suka, ya. Jangan memaksa menyukai sesuatu yang tidak pas di hati kamu. Bisnis atau usaha akan berjalan dengan mudah jika kamu menikmatinya.

Nah, selain berusaha dan banyak berdoa, rupanya ada kiat khusus yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis kamu seperti yang telah dilakukan oleh pengusaha sukses sebelum kamu. Apa saja? Yuk, kita bahas satu persatu!

Kamu Bisa Mulai dari Usaha Sampingan

Kamu bisa memulai bisnis tepat di saat kamu sedang menyelesaikan kuliah atau bahkan ketika terikat dengan pekerjaan lain. Kamu bisa memulainya di sela-sela kesibukan kamu, lho. Ambillah secangkir kopi dan mulailah setelah kamu pulang kuliah atau bekerja.

Lebih Produktif Saat Weekend

Buat yang ingin memulai bisnis, weekend bukan waktu yang tepat untuk bermalas-malasan, lho. Justru di saat libur kamu bisa lebih produktif untuk membangun bisnis kamu.

Bangun Lebih Awal

Kamu harus bangun lebih awal atau rezeki kamu akan dipatok ayam. Duh, kalimat ini betul banget, lho! CEO Apple dikenal bangun lebih pagi dan sudah mengirimkan email perusahaan tepat pukul 04.30. Jika kamu masih sulit bangun pagi, coba letakkan alarm di telinga kamu dan lakukan olahraga ringan seperti push up selama 5 menit sampai kamu benar-benar terbiasa.

Mengenalkan Brand serta Mulai Promosi

Bangun brand kamu dengan membuat situs web supaya ada lebih banyak orang yang bisa mengenal dan menghubungi kamu. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah berhubungan dengan banyak orang.

Cari Mentor

Kamu harus punya teman, mentor atau orang terdekat yang bisa menemani kamu selama berproses. Mereka bukan hanya orang yang bisa mendengarkan keluh kesah kamu, tetapi juga bisa memberi solusi atas setiap masalah yang akan kamu hadapi!

Hemat dan Hemat

Hal terakhir yang perlu kamu ingat, mulailah berhemat dari sekarang. Makan tidak harus berlauk ayam, lho. Kamu bisa melakukan penghematan sebab tidak ada yang tahu kapan ekonomi akan merosot dan membuat kamu rugi. Nah, persiapan ini harus kamu mulai dari sekarang untuk menghadapi saat-saat sulitmu nanti!

Itulah 5+ hal luar biasa yang harus kamu lakukan jika ingin sukses membangun bisnis sejak usia muda. Selebihnya kamu hanya perlu mengisi amunisi supaya tetap kuat menjalani prosesnya. Ingat, memulai bisnis itu sulit, jadi penting sekali untuk memiliki amunisi sebanyak mungkin, ya!

16 comments:

  1. ingin mulai bisnis tapi saya tuh ga terlalu berani ambil resiko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..memang sebagian besar harus jatuh bangun dulu sebelum sukses

      Delete
  2. mentor dan brand,, utk menjaga keseimbangan pemasukan,, hehehe

    ReplyDelete
  3. poin terkahir ini yang tidak banyak dimiliki banyak anak muda sekarang mbak
    tampaknya nongkrong di kafe lebih asyik dibanding menyisihkan uang untuk usaha
    padahal klo tau manfaatnya kan sayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mas..bahkan dari hal sekecil itu bisa buat bangun bisnis

      Delete
  4. Hemat adalah hal yang sulit jika belum terbiasa, tapi bener sih point terakhir tuh..

    ReplyDelete
  5. Bisnis apa mbak yg kira2 bisa dibangun sama orang2 yg tidak terlalu paham ttg bisnis itu sendiri? Kayak aku misalnya. Mungkin bisa dibuat ide tulisan selanjutnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...cari passionnya dulu mbak..semua bs jd menghasilkan kalau ditekuni

      Delete
  6. Kudu dipraktekkan nih πŸ‘

    Mampir di channel telegram saya ya @jejakryan

    Semoga bisa bersinergi dalam kebaikan

    ReplyDelete
  7. Yaa!! Bicara soal bisnis dan bekerja intinya sama untungnya tinggal bagaimana kita menyigapi dan mensyukuri nya..πŸ˜„πŸ˜„

    Dan bisnis juga perlu strategi serta bakat yang matang jika ingin sukses abadi...Mungkin 5+ diatas bisa dicoba untuk diterapkan...Karena saya pribadi memilih berbisnis ketimbang bekerja..Meski awalnya yaa! Bekerja dahulu...πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  8. Sejak SMA aku udah seneng bisnis, muali jualan pulsa, jilbab, baju. Tapi semakin kesini, sok sibuk dg kerjaan.. Pdhl bisnis itu asyik loh, menyenangkan. Mungkin suatu saat, aku bakal memulai bisnis lagi. Hhh

    ReplyDelete

Powered by Blogger.