Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Unik! 5 Pasar Tak Lazim Ini Cuma Ada di Indonesia, Lho!

Apa yang kamu bayangkan pertama kali saat mendengar kata pasar? Mungkin kamu akan berpikir jika pasar sangat identik dengan keramaian, transaksi jual beli serta menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari.

Sayangnya, pasar di Indonesia tidak selalu identik dengan semua itu, lho. Banyak pasar tradisional yang aneh dan unik di Indonesia. Berbagai daerah punya ciri masing-masing yang membedakan dengan daerah lainnya. Mulai dari sistem jual beli yang unik hingga barang tak lazim yang diperdagangkan.

Nah, di bawah ini ada 5 pasar tak lazim, ekstrim bahkan unik yang hanya ada di Indonesia, lho. Simak ulasannya, ya!

Pasar Bisu – Tanah Datar

Foto: travel.tribunnews.com

Sesuai dengan namanya, pasar yang terletak di Tanah Datar, Banjarmasin ini memiliki tradisi yang unik dalam proses jual belinya, lho. Di sini, penjual dan pembeli tidak boleh bicara sepatah kata pun. Transaksi jual beli dilakukan menggunakan kode seperti menunjukkan nominal dengan jari hingga kedua belak pihak sepakat. Unik banget, ya!

Pasar Terapung Muara Kuin – Banjarmasin


Foto: kabarwisata.com

Pasar tradisional satu ini benar-benar unik karena para pedagang menjual barang dagangannya di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin. Mereka mulai berjualan selepas shalat Subuh hingga pukul tujuh pagi. Para pedagang wanita akan menjual hasil bumi serta kuliner tradisional di atas jukung yang merupakan sebutan perahu dalam bahasa Banjar. Yang lebih kerennya lagi, pasar terapung Muara Kuin ini merupakan pasar terapung pertama di Indonesia, lho!

Pasar Beriman Tomohon – Manado


Foto: traveltodayindonesia.com

Pasar satu ini rupanya sudah sangat terkenal, lho! Banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke sini karena keunikannya. Pasar ini terkenal karena menjual berbagai macam jenis daging, lho. Sayangnya, daging yang diperjual belikan termasuk tak lazim dan bisa membuat kamu mual hingga muntah, lho. Di sini, kamu bisa menemukan tikus, monyet, kucing, anjing, hingga ular piton yang diperjual belikan dagingnya. Ekstrim banget, ya!

Pasar Sentral Makale – Toraja


Foto: tandapagar.com

Di tanah Toraja, babi dan kerbau merupakan salah satu jenis hewan sakral. Di pasar Sentral, kamu bisa melihat banyak babi diperdagangkan. Jadi, jangan heran ketika kamu berkunjung ke sini dan melihat pemandangan tak lazim ini, ya. Di sini, harga seekor babi bisa mencapai Rp. 500.000 hingga 9 juta, lho!

Pasar Kaget – Wamena


Foto: detik.travel.com

Tidak seperti umumnya pasar kaget yang berada di tempat ramai seperti alun-alun hingga jalan, pasar kaget di Wamena justru berada di hutan, lho! Para penjual yang memakai pakaian khas Papua ini biasanya menjual barang berupa kalung, tombak, hingga kampak batu. Unik banget, ya!
Itulah 5 pasar unik dan ekstrim yang hanya ada di Indonesia. Keren banget, ya. Kamu patut bangga dengan kekayaan budaya yang kita miliki. Jangan sampai punah supaya bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti, ya.
10 comments on "Unik! 5 Pasar Tak Lazim Ini Cuma Ada di Indonesia, Lho!"
  1. Diantara semuanya cuman pasar terapung sama pasar mando yang umum saya dengar. Kalau yang lainnya gak sama sekali, apalagi tuh ada pasar bisu, saya ngebayangin gimana caranya tuh beli tanpa suara, unik banget. Kalau yang toraja bener tuh, saya pernah ke sana, bayangin harga kerbaunya bisa setara atau melebihi harga satu mobil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iyaaa. wow, jadi pengen pensiun dini jadi penulis mau jualan kerbau *eh :D

      Delete
    2. hehehe... jangan mbak, berat. Tapi kalau mau kolaborasi ayuk deh. bagi hasil

      Delete
    3. Haha...boleh juga ya mas :D

      Delete
  2. Pasar bisu pernah liat liputannya di tv saya mbak transaksinya memang yg bikin unik hehehe

    Klo yg pasar apung itu yg untuk shooting RCTI oke jaman dulu itu bukan sih mbak? 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya iyaa ya mbak, kujadi inget tayangan jadul itu juga :D

      Delete
  3. pasar bihu pas lg nonton me vs mom deh soalna ga pake ngomong pas beli kebo hahaha
    pasar tomohon pernah kuliat liputannya di blognya alm. mas cumi dan sukses bikin aku juga mual 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, memang jijik banget, saya pun nggak berani tengok lagi haha

      Delete
  4. yang baru tahu hanya pasar terapung kuin saja, memang unik ya kearifan lokal indonesia

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature