Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Menikmati Urap Sayur Buatan Sendiri, Kamu Juga Harus Coba!



Assalamalaikum!

Alhamdulillah, kemarin menyempatkan membuat urap sayur yang enak banget. Jarang-jarang, sih, saya membuat urap karena malas membuat bumbu kelapanya..he. Kebetulan kemarin sudah membeli beberapa sayuran seperti bayam, kacang panjang, tauge, mentimun dan kemangi. Niat banget bikin urap karena udah lama banget nggak bikin.



Untuk bumbunya sebenarnya bisa pakai resep mana aja. Ada yang biasa memasukkan kencur, kadang juga terasi. Kemarin saya cuma pakai bahan yang ada di rumah aja. Nggak ribet dan enak.

Kelapanya silakan pilih yang agak muda, ya. Jangan terlalu tua dan jangan pula terlalu muda. Yang sedang lebih enak dan berasa. Yuk, cobain resepnya!

Bahan:
Secukupnya sayuran sesuai selera
¼ kelapa parut dari sebutir kelapa

Bumbu kelapa:
2 siung bawang putih
5 siung bawang merah
Secukupnya cabai rawit merah
Secukupnya cabe merah keriting
Sedikit garam
Secukupnya gula merah
Sedikit kaldu bubuk
4 lembar daun jerik buang tulangnya

Cara membuat:
Haluskan bumbu dan campurlah dengan kelapa parut. Kukus sampai matang dan sajikan dengan aneka sayuran yang telah direbus.

Gampang banget, sih, sebenarnya. cuma kadang malas aja nyiapin dandang buat ngukus dan ngulek bumbunya..hehe. Kalau teman-teman bikin bumbu urap pakai apa aja, nih? Saya juga nggak terbiasa menggunakan takaran jadi resepnya tidak pakai takaran kebanyakan. Pernah ada teman di cookpad yang bilang, kalau nanya takaran terus kapan bisa masaknya? Duh, bener juga, sih. Untung bukan saya yang ditegur..kwkwk.

Memasak memang enak karena terbiasa dan percaya diri aja. Lama-lama kemampuan memasak juga akan baik kalau sering praktik. Yuk, cobain resepnya! Selamat mencoba dan terima kasih sudah membaca J


4 comments on "Menikmati Urap Sayur Buatan Sendiri, Kamu Juga Harus Coba!"
  1. Mamaku juga sering masak urap,kak.
    Kadang juga beli di mbok pedagang.

    Selain menyehatkan,juga bagus buat kesehatan kulit ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ya mas, enak pula dan mudah bahannya.. :)

      Delete
  2. Mau dong nyoba urapnya kak, tapi kirim ya, hehehe..

    Kan kamu harus nyoba judulnya,

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature