Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Ini Dia 7 Hal Gila yang Terjadi di Pesantren, Kamu Nggak Bakal Kuat, Biar Santri Aja!


Hello, Sahabat muyass.com!

Siapa di antara kamu yang pernah merasakan pahit getirnya hidup di pesantren? Hidup di pesantren itu memang berbeda pada setiap tempat, jadi nggak bisa disamaratakan begitu saja, lho.

Ada pesantren yang benar-benar seadanya dengan tujuan supaya santrinya bisa tirakat. Ada juga pesantren super mewah hingga ber-AC dan punya banyak fasilitas sehingga santrinya bisa nyaman banget buat belajar.

Pernah nggak, sih kamu melakukan hal gila di pesantren? Yup, hingga yang paling gila dan membuat kamu harus menahan geli hingga sekarang? Nah, 7 hal gila ini bisa jadi salah satu pelakunya adalah kamu atau malah saya? Yuk, kita simak satu-persatu!


Makan nggak pernah pakai piring, kalau pun punya piring, pasti usianya nggak akan lama.

sumber


Serius? Yup! Ternyata tinggal di pesantren itu lumayan rumit, lho. Kamu harus memberi nama sandal jepit hingga seragam dan keperluan mandi. Kalau tidak pasti bakalan gampang banget hilang. Selain itu, punya piring bisa jadi salah satu hal langka, lho. Santri di beberapa pesantren cuma makan beralaskan kantong kresek yang dibelah. Nggak peduli warna merah ataupun hitam. Kalau ingat sekarang, duh, bahaya banget itu alas makan..he. Kamu nggak bakalan kuat, deh. Udah, biar santri aja.. J


Sering banget pinjam barang tanpa minta izin sama pemiliknya, malah ngomong sendirian kayak orang kesambet.


sumber


Ini hal gila kedua yang bisa bikin ngakak. Saat kita butuh entah itu ember kecil hingga peralatan mandi, santri biasanya nggak perlu ngomong sama pemiliknya, malah ngomong sama diri sendiri,

“Boleh pinjem embernya, ya? Boleh, kok, pakai aja!” Setelah itu nggak dibalikin lagi. Duh, ngeselin banget santri macam begini..kwkwk.


Ngumpetin handphone sampai terciduk dan dihukum.


sumber


Perangkat elektronik di pesantren itu memang jadi barang langka dan mewah banget meskipun cuma handphone jadul. Jadi, nggak heran banyak juga yang ngumpet-ngumpet bawa handphone ke pesantren, terus kena razia dan handphone disita hingga baru boleh diambil ketika orang tuanya datang. Memalukan? Tapi, banyak juga yang mencoba dan nggak kapok, lho J


Hobi nyamil mie mentah meskipun itu nggak sehat tapi sangat nikmat.

sumber


Kelakuan santri itu begini, lho. Hobi banget makan mie mentah karena memang nggak semua pesantren menyediakan kompor dan boleh masak sendiri. Sedangkan teko pemanas kebanyakan gampang banget rusak karena dipakai oleh banyak orang. Yang antri bisa setengah hari, gimana nggak gosong itu pemanas air?

Mie instan memang jadi makanan super yummy dan simpel. Gampang pula dapetinnya. Makannya, nggak heran kalau banyak yang doyan ngemil mie mentah bersama bumbunya. Emang enak? Zaman dulu, sih, enak.. J


Nekat surat menyurat dengan santri cowok hingga terciduk oleh sang ustadz!


sumber


Biasanya santri perempuan dan laki-laki itu terpisah tempatnya, baik tempat ngaji maupun sekolah formal. Nah, karena susah banget ketemu, yang cowok sekolah pagi dan cewek sekolah siang, maka cara satu-satunya adalah main surat-suratan. Dan kenyataannya memang banyak juga yang melakukannya. Yup,  dan akhirnya berhasil ketahuan sama ustadznya, duh, malunyaa J


Tertidur saat ngaji dan sekolah adalah hal biasa, sampai-sampai ustadznya pun memaklumi.


sumber


Berbeda dengan yang tidak masuk pesantren, ketiduran adalah hal memalukan. Tapi, kalau santri ketiduran kadang ustadznya juga nggak marah, lho. Mungkin karena rutinitas santri yang cukup padat sehingga membuat mereka cepat lelah dan ngantuk.

Ketika kamu melihat separuh dari teman-temanmu sudah tertidur, duh, itu menjadi kenangan tersendiri yang bisa dibilang hal gila tapi kamu pun pernah mengalaminya.


Nggak izin saat keluar pesantren dan berani bolos sekolah.


sumber


Memang pesantren itu bukan bengkel, ya. Kalau memang anaknya sudah geblek dari sananya kadang memang susah banget berubah. Kadang mereka berani banget keluar pesantren tanpa izin bahkan ada yang baru keluar ditabrak motor hingga babak belur. Kami menganggap ini adalah ‘karma’ karena mereka gampangin banget bolos seperti itu. Sedangkan selama ini kita tahu bahwa izin adalah hal utama yang nggak bisa diremehkan.

Itulah 7 hal gila yang kerap dilakukan santri saat di pesantren. Gimana, apa kamu pernah mengalaminya? Kalau iya, coba ceritakan hal gila apa yang pernah kamu lakukan dan nggak pernah bisa dilupakan hingga sekarang?

24 comments on "Ini Dia 7 Hal Gila yang Terjadi di Pesantren, Kamu Nggak Bakal Kuat, Biar Santri Aja!"
  1. Wkwkwk bener banget mba, jadi nostalgia waktu masih mondok dulu, pegang hp aja gak pernah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciee yang terciduk *eh.. :D
      Susah2 bahagia ya di pondok itu emang..hehe

      Delete
  2. Pasti seru yaa mengenang nostalgia mondoknya,,

    ReplyDelete
  3. Setidaknya saya masih makan pake piring. Jadi anak santri yg taat dan ngga pernah pegang hp. Tapi urusan tidur, memang tidak bisa dicegah. Ngantuk banget bu,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, betul, kalau inget itu lucu ya :)

      Delete
  4. oh begitu ya aku baru tahu juga tahunya ada yang suka nekat juga ya, alami banget

    ReplyDelete
  5. Makan pake tutup ember, bikin mie pake gayung, pake sendal orang ternyata punya ustadz. Adduhh... pengalaman asik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, itu keren banget. Gimana rasanya make sendal ustadz? Untung bukan punya pak kyai :D

      Delete
  6. Pasti berkesan ya di pesantren. Banyak cerita serunya.

    ReplyDelete
  7. tiada perah sekolah pondok..

    anak-anak sekolah asramma sahaja..

    kisah cowok dan cewek nie..ada feeling -feeling sedikit

    ReplyDelete
  8. Mbak muyas pernah tercyduk jg ga mbak? Hehe
    pengalaman yg sangat berharga itu mbak. Saya sering denger cerita temen yg lulusan pondokan. Sering bolos dan kena razia hp gitu jg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iyaaa..sy pernah terciduk juga sih mbak..kutak sealim yang orang bayangkan..haha..tapi kusudah tobat :D

      Delete
  9. Mba pernah mondok ya hehe
    Wah seru yaa, aku juga rencanya mau masukin anak pesantren klo sudah smp nanti. Gara2 suka nonton kun anta dia jd ngebet bgt pgn mondok Padahal SD aja belom haha
    Btw, liput lg dong ttg pesantern sama tips memilih pesantren yg baik n rekomen pesantren yg bagus hahaha
    Banyak amat permintaannya. 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, keren bisa pengen mondok, ya. Insya Allah ya mbak...

      Delete
  10. Baca ini mesem2 sendiri nih. Keinget wkt MTs dulu mondok. Bener bgt emg, kl anak pondok biasanya minjem sesuatu asal ambil aja trus ngomong sendiri. Ahhaah
    Tp seru, bahagiaaa punya banyak temen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iyaaa klw ngebayangin dulu sih kayaknya g betah. Tapi dulu seneng2 aja :D

      Delete
  11. Ya ampun baru tau kalau alas makan pakai tas kresek. Seru cerita hidup di pondok. Aku enggak pernah ngerti Mbak..Padahal rumah ortuku deket sama pondok Lirboyo, taunya cuma kalau Jumat santrinya bikin padat kota karena lagi libur..Jadi turun ke jalan semua,,rameee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,itu masih enak mbak bisa turun ke jalan. Di tempatku mana boleh begitu bisa2 ditilang..kwkwk

      Delete
  12. Saya bukan santri mbak, saya manusia (he..he.. Nggak penting banget)
    Tapi banyak banget keluarga saya yang jadi santri, dan dari cerita mereka kalau lagi pulang, ya persis kayak di atas. Ada satu lagi mbak, kalau pulang biasanya ada yang ketularan kutu rambut ato gatel dari temennya di sana.
    Tapi lagi, saya salut banget sama para santri, wajahnya selalu kelihatan bercahaya dan nyenengin walaupun nggak pakai apa". Pengaruh amal perbuatan kayaknya...
    He..he...

    ReplyDelete
  13. Meskipun hanya 40 hari saya juga pernah merasakan dunia pesantren. Meskipun diperbolehkan membawa handphone saya sengaja tidak membawanya karena memang ingin bebas kontak dari dunia luar. Ingin konsen fokus belajar disana saja.

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature