Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Reuceuh Mentimun Tauge




Apa sih reuceuh ini? Saya sampai susah sekali menulis namanya..he. Reuceuh ini sebenarnya kalau menurut saya yang orang Jawa Timur mirip banget sama rujak manis. Hanya saja kalau ini isiannya menggunakan irisan mentimun dicampur sama tauge yang sudah disiangi.

Kalau ditanya enak? Tentu saja ini enak pake banget, lho. Apalagi saya yang doyan banget makan pedas. Lebih enak lagi kalau dimakan bersama krupuk yang sedikit dihancurkan. Mentimun memang punya banyak manfaat juga bagi kesehatan. Selain bisa menurunkan tekanan darah, mentimun juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Untuk kudapan berbahan dasar mentimun, reuceuh ini sudah pas banget, lho. Saya sendiri pun sampai ketagihan makan ini. Apalagi kalau dimakan bersama sahabat atau saudara, biasanya kalau sudah kumpul keluarga, makanan seperti inilah yang paling laris manis.

Karena kebetulan jarang berkumpul sama keluarga, jadilah saya hanya membuatnya dalam porsi kecil saja. Kalau teman-teman mau coba membuat lebih banyak, bisa membuatnya dalam porsi dua kali lipatnya atau bahkan lebih.

Bahan:
4 buah mentimun ukuran sedang
1 genggam tauge, siangi
2 sdm air asam jawa

Haluskan bumbu:
10 buah cabe rawit merah
2 siung bawang putih
½ bulatan kecil gula merah
½ sdt terasi bakar
Sedikit garam

Cara membuat:
1. Cuci bersih mentimun serta tauge. Iris mentimun sesuai selera
2. Haluskan bumbu kemudian beri air asam jawa. Tes rasa sampai rasanya pas.
3. Campur bumbu dengan mentimun yang sudah diiris serta tauge yang sudah disiangi. Aduk rata dan sajikan bersama krupuk.



Itulah cara mudah membuat reuceuh mentimun tauge yang bisa teman-teman coba. Ini merupakan kudapan tradisional yang mudah banget dan enaak banget. Apalagi dimakan siang-siang seperti sekarang.

Yuk, ah dicoba dulu..selamat mencoba!


Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan hari ke-13 #SatuHariSatuKaryaIIDN bersama komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis
21 comments on "Reuceuh Mentimun Tauge"
  1. Pasti enak banget ya mba, saya juga suka pedas mba, hehe

    ReplyDelete
  2. Iya nih praktis mba.. mau coba jg aaahh

    ReplyDelete
  3. Mirip rujak jadi nya..
    Duh pasti seger banget tuh, langsung melek mata yang mengantuk..

    ReplyDelete
  4. Enaaaak, ini masakan khas mana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini khas Sunda lho mbak..sy tahunya juga dari orang sunda di cookpad :D

      Delete
  5. Seger kayaknya, kalo saya receuh timun itu pake rawit, garem dan kencur terus dimakan sama nasi hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, nggak jadi diet saya kalau makan itu :D

      Delete
  6. Itu cara bacanya gimana, mba?
    Receh ya? Hehehe..., jadi ingat uang recehan.

    Iya, mba. Makanan yang mudah banget dibuatnya, banyak manfaatnya lagi. Kapan-kapan ya saya coba.

    ReplyDelete
  7. Bahasa Jatimnya : Rujak Timun Manis :D

    ReplyDelete
  8. Aku bacanya sampe berair mulut :p. Kebayang seger nya, dimakan pas udh didinginin, trs yg pedeees.. Hahahaha, aku mau bikin pas weekend ah mba..

    ReplyDelete
  9. Reuceuh mirip karedok ya mba Muyassaroh? Kerupuk memang camilan ajaib untuk berbagai jenis kuliner. Hidup Kerupuk!

    ReplyDelete
  10. Mbak follow back yo ojo lali, ID bloggerku Gatoloco Mbelgedes kae lho. Terima kasih.

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature