Varian Roti Keset dan Roti Manis, Lembut dan Enak!








Sampai bingung mau memberi judul apa untuk postingan roti. Meskipun telah menggunakan resep berbeda, namanya tetap saja rotikan? Akhirnya judulnya polos banget..he.

Kalau biasanya saya suka membuat roti dengan kuning telur yang lumayan boros, kali ini saya menggunakam resep ci Xanders Kitchen yang hemat telur tapi benar-benar empuk dan enak. Justru roti yang begini teksturnya lembut tapi kokoh, tahan berhari-hari empuknya asalkan dimasukkan ke dalam plastik.

Roti ini bisa dibuat berbagai macam varian. Mulai dari roti keset, roti sisir, roti manis dengan isi, roti burger ataupun yang lainnya. Teman-teman juga bisa menggunakan susu cair seperti resep aslinya, atau bisa juga menggantinya dengan air matang. Untuk percobaan kedua, karena tidak memiliki stok susu cair, akhirnya saya pakai air. Hasilnya tetap enak.

Siap dipanggang ^^

Hal yang harus diperhatikan sekali lagi adalah cara mengulennya, harus benar-benar sampai kalis elastis, ya. Karena kalau nggak kalis, hasil rotinya bisa jadi kurang empuk dan kurang bagus.

Baru keluar oven ^^

Nah, berikut resep dari ci Xander yang merupakan penulis buku yang menghebohkan Gramedia karena sudah cetak ulang ribuan hanya berselang beberapa hari dari pertama kali terbit,

Bahan:
450 gr terigu protein tinggi
50 gr terigu protein rendah
110 gr gula pasir
15 gr susu bubuk (sy 1 sachet)
225 ml susu cair dingin (Tuang perlahan sampai adonan pas)
7 gr ragi instan
1 butir kuning telur
1 butir telur utuh
75 gr margarin
Sejumput garam

 Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan kecuali margarin dan garam. Uleni sampai rata. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai kalis elastis.
  2. Diamkan selama 45 menit. Jangan lupa tutup atasnya.
  3. Tinju adonan dan bagi menjadi beberapa bagian. Bisa jadi 50 gr. Bulatkan dan diamkan selama 15 menit. Karena malas, saya skip proofing ini. Jangan ditiru, yaa :D
  4. Gilas adonan hingga tipis kemudian gulung. Letakkan di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Beri jarak secukupnya kemudian diamkan selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali lipat.
  5. Panaskan oven suhu 180’ C selama 10 menit sebelum digunakan. Panggang api atas dan bawah selama 15-20 menitan tergantung ovennya masing-masing. Saya pribadi memanggangnya selama 10 menit di rak bawah, kemudian sekitar 8 menitan di rak atas. Pakai otang pun bukan masalah. Sama saja, sesuaikan saja dengan ovennya.
  6. Setelah matang, olesi atasnya dengan margarin.
  7. Sajikan atau simpan di dalam plastik setelah dingin.


Roti keset 

Roti isi keju spread

Roti isi keju


Kemarin saya membuat untuk kedua kalinya tanpa susu cair dan saya beri isian berupa keju spread yang lumer banget. Enaak!

Selamat mencoba!


Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan ke-5 #SatuHariSatuKaryaIIDN bersama komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis

6 comments:

  1. Duh, cantik banget rotinya, mba.
    Jadi pengen comot satu, eh dua deh, hehehe....

    Selama ini, tiap ngulen roti belum pernah sampai kslis elastis, mba. Pegel soalnya. Tapi hasilnya lumayan kok, lumayan biasa, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, saya dulunya juga ngulen pakai tangan, Mbak..lumayan berotot juga apalagi disambil megangin si bungsu, karena lama kadang skip beberapa menit untuk menemani anak. Sekarang sy gunakan hand mixer, asal tahu cara memakainya, insya Allah aman :)

      Delete
  2. Mumpeng bikin pengin eksekusiiii.. Hhh
    Lucu bgt itu foto yg pke loyang bulet mbak, hhh

    ReplyDelete
  3. Kalo melihat resep2 gini, seperti gampang yaa.. Mama dulu jg slalu bikin roti sendiri.. Papa malah sampe buka usaha bakery. Tp aku malah ga bisa bikin roti -_- .. Masalah selanjutnya, oven jg ga punya wkwkwk. Soalnya pas beli peralatan dapur dulu, ga sampe kepikiran bakal baking2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo bikin, pasti punya bakat secara orang tua juga jago banget, Mbak.. *kompor :D

      Delete