Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Roti Manis Isi Unti Kelapa




Assalamualaikum…

Alhamdulillah, bertemu postingan resep lagi. Semoga teman-teman nggak bosan karena hanya disuguhi gambar saja nggak pernah disuruh incip hasilnya..he. Meskipun saking seringnya posting roti, akhirnya banyak yang berpikiran saya merupakan tukang roti atau penjual roti *jadi-jadian pula, tapi saya nggak bosan juga ngasih resep roti berulang-ulang.

Biasanya perbedaannya hanya pada isian aja, ya. Kadang juga jumlah kuning telurnya. Oke, ini resep seperti biasanya. Kemarin menyempatkan diri membuat roti karena jujur saja sudah sangat lama nggak ngulen roti dikarenakan masalah gangguan pada hati *eaa :D

Alasan yang sebenarnya adalah karena si kakak libur sekolah. Jadilah saya pun ikutan libur karena nggak perlu bawakan bekal. Eh tapi ternyata dia kangen roti emaknya, sekali makan 3 sampai 4 bungkus.

Awal saya membuat roti karena si sulung ini sangat suka dengan roti. Lama-lama dia jadi nyuruh buka toko roti. Dan itu dia katakan berkali-kali sampai-sampai emaknya ikutan menghayal juga :D

Pas ada acara keluarga, sempat ada yang menyarankan membuat roti dengan isian unti kelapa. Hm, jadi inget roti kesukaan suami yang dibelinya pada abang-abang yang lewat depan rumah, isiannya juga kelapa. Berasa roti ndeso yang enak banget. Khas banget deh berbeda dengan roti isi selai apalagi keju.




Nah, kemarin akhirnya niat banget membeli kelapa muda untuk dibuat isiannya. Dan benar saja, sangat mudah bikinnya dan enak. Yuk, diintip resepnya…

Bahan:
500gr terigu protein tinggi, saya pakai Cakra
90gr gula pasir
2 sdt ragi instan
2 sachet susu bubuk
2 butir kuning telur
130 ml air hangat
120 ml air suhu ruang
½ sdt vanilla essence (optional)
80gr butter atau margarin
Sejumput garam

Untuk Isian:
½ butir kelapa muda parut
Secukupnya gula pasir
Sejumput garam

Cara membuat:
1.      Campur air hangat dengan 1sdm gula pasir serta ragi instan. Aduk rata dan diamkan sampai berbusa. Sambil menunggu, kita siapkan bahan lainnya.
2.      Campur semua bahan sisa kecuali margarin dan garam. Masukkan juga campuran ragi yang telah berbusa. Uleni sampai tercampur rata. Jika pakai mixer, pakai speed rendah. Kemudian masukkan margarin dan garam, uleni sampai kalis elastis. Hal yang sangat menentukan tentu adalah proses ngulennya ini. Lakukan sampai benar-benar kalis, ya. Biasanya adonan ditandai dengan sedikit mengkilap, tidak lengket dan bisa dibentangkan tipis dan tidak mudah sobek.
3.      Olesi tangan dengan sedikit minyak dan bulatkan adonan. Gunanya minyak goreng di sini supaya saat proses proofing, adonan nggak kering. Diamkan selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali lipat tergantung suhu. Jangan lupa tutup atasnya dengan kain bersih.
4.      Tinju adonan dan timbang sekitar 40gr. Bulatkan adonan dan berilah isian berupa unti kelapa  yang telah dimasak sebelumnya. Saya ngulen roti dulu, ketika adonan didiamkan barulah saya membuat isiannya.
5.      Jika tidak memakai cup roti, olesi loyangnya dengan margarin, ya. Diamkan selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali lipat.
6.      Nyalakan oven 10 menit sebelum memanggang. Saya gunakan suhu 180’C dan panggang selama kurang lebih 15-20 menit tergantung ovennya. Biasanya 10 menit di bawah, dan 10 menit di atas. Tapi sekali lagi sesuaikan dengan ovennya masing-masing, ya.
7.      Keluarkan roti dari oven dan olesi atasnya dengan margarin atau butter. Saya memang tidak terbiasa mengolesi bagian atas roti sebelum memanggang dengan apa pun karena hasilnya jauh lebih cantik kalau dibiarkan polos, coklatnya jadi merata.
8.      Bahan isian: Sangrai kelapa parut bersama gula pasir dan sejumput garam. Aduk-aduk terus sampai sedikit lengket dan gunakan api kecil supaya tidak gosong. Matikan api dan siap digunakan sebagai isian.


Nah, cara dan resepnya nggak beda-beda jauh bahkan sama aja, ya..he. Semoga bisa jadi ide untuk camilan orang-orang tercinta. Saya bahagia kalau di meja dapur ada tumpukan roti, nggak pusing nyari sarapan ataupun camilan terutama kalau buru-buru. Simpan dalam plastik satu persatu. Silakan dicoba.. J
18 comments on "Roti Manis Isi Unti Kelapa"
  1. Cocok banget deh rotinya buat ngemil sebelum makan siang...

    ReplyDelete
  2. ditemani secangkir kopi hitam yang mengepul, kayaknya nikmat banget ini mah hehe

    ReplyDelete
  3. saya ngak bakat bikin kue atau bahkan bikir roti, mau banget belajar. Resepnya sepertinya mudah. Segera dicoba bikin di rumah.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. O ya, itu pasti isian enaak banget ya ^^

      Delete
  5. mmmm....pinter masak ya mbak muyass nih..kuenya bikin ngiler

    ReplyDelete
  6. Aku juga harus bisa bikin roti biar bisa bikin cemilan sehat buat anak ku.. btw roti memang pakai ragi ya mba? Ada alternatif lain kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya nggak ada ya, mbak..cuma kalau buat sendiri paling bisa menghindari bahan pengawet dan bread improver..

      Delete
  7. pengen buat roti juga, cwo mana bisa:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, jangan salah mas, pastry chef di mana-mana kebanyakan cowok, lho :D

      Delete
  8. Waahh!! Ternyata ada yaa!! Roti isi unti kelapa.. Jadi penasaran kaya apa rasanya...soalnya suka roti isi kelapa aku mbak..😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe,iya ada, biasanya ada yang jual di depan rumah.. jadinya sy coba buat sendiri..

      Delete
  9. Alhamdulillah nyari resep ini ketemu juga. Gara2 bikin roti burger dari nikmatul rosidah eh istri bilang gimana kalau isi unti.Saya coba dulu mbak resepnya (belajar otodidak nih).Semoga berhasil nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saran mbak, karena saya baru belajar dan peralatan terbatas mohon kiranya ukuran gram dirubah dengan ukuran sendok makan atau teh. Sudah BERHASIL tapi adonan terlalu lembek (mungkin takaran kurang pas). Terimakasih

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature