Pizza Roll Super Empuk Ala Killer Bread




Assalamualaikum…

Alhamdulillah, kembali baking setelah sekian lama, sekian menit, sekian ribu detik nggak nyentuh oven dan mixer..he. Nggak tahu kenapa, kayaknya enggan (nggak mau dibilang males) menyentuh tepung-tepung. Padahal, biasanya, pagi-pagi sekali sudah belepotan terigu dan teman-temannya.

Dua hari ini Jakarta diguyur hujan lumayan deras. Kebetulan nggak ada camilan di rumah. Akhirnya sore tadi kepikiran mau bikin pizza sama anak-anak. Kalau pizza biasa kurang enak disimpan. Kalau bikin, pastinya ada sisanyakan? Akhirnya putar otak dan cari-cari resep, jatuhlah pada resep pizza roll miliki ci Tintin Rayner yang super empuk.

Sebenarnya ini roti. Ya, roti pizza yang sangat empuk dan kabar baiknya, hanya satu kali proofing! Yess! Jadi nggak perlu menunggu terlalu lama untuk menyantap roti pizza yang punya serat bagus kayak gini..



Sayangnya, saya menyusun adonan roll-nya nggak pakai jarak, jadilah saling berdesakan dan seperti yang diduga, yang paling menonjol pastilah gosong duluan.

Bagi teman-teman yang mau membuat, adonan awal pizza ini memang sedikit lembek, ya. Ketika sudah benar-benar kalis, nanti akan bagus dan tidak lengket. Jadi, mohon sabar jangan asal menambah terigu, ya. Nanti hasilnya bisa bantat dan keras, lho!

Setelah ditata saya pun lupa langsung memberikan topping lagi, harusnya menunggu setelah proofing


Adonan ini bisa teman-teman buat menjadi roti apa saja, termasuk menjadi roti sisir yang diberi butter dan gula di kedua sisinya. Langsung saja resepnya dengan sedikit modifikasi menyesuaikan bahan yang ada di rumah,

Bahan:
245 gr terigu protein tinggi (sy gunakan 250 gr)
15 gr susu bubuk (sy 2 sdm)
36 gr gula pasir
6 gr ragi instan (sy 1 sdt penuh)
180 ml (1 telur utuh + 20 gr whip cream bubuk + susu cair)
30 gr butter atau margarin
Sejumput garam

Bahan isian dan taburan:
Secukupnya saus tomat
Secukupnya keju parut
Secukupnya sosis
Sedikit oregano
Secukupnya mayonaise

Cara membuat:
·         Campur semua bahan roti kecuali butter dan garam. Karena kebetulan nggak punya persediaan whip cream, jadi saya ganti dengan krimmer bubuk. Kalau tidak ada bisa skip atau ganti susu bubuk pun nggak masalah. Uleni adonan sampai rata kemudian masukkan butter dan garam. Uleni sampai benar-benar kalis, ya!
·         Gilas adonan dan olesi dengan saus. Beri taburan berupa potongan sosis dan taburan keju. Gulung dan potong-potong. Jangan terlalu tebal karena nanti akan mengembang.
·         Olesi loyang dengan sedikit margarin dan tata potongan pizzanya serta beri jarak. Diamkan selama 1 jam dan tutup atasnya dengan lap bersih.
·         Beri taburan keju dan semprotkan saus lagi serta mayonaise. Panaskan oven 10 menit sebelum digunakan. Panggang dengan suhu 180’C atau sesuaikan dengan oven masing-masing selama kurang lebih 25-30 menit atau sampai matang.
·         Olesi atasnya dengan butter atau margarin. Sajikan selagi hangat atau simpan dalam plastik jika ingin disantap esoknya.



Nggak nyangka roti sekali proofing seratnya bisa secantik ini, lho. Meskipun penampakannya nggak jelas, nggak beraturan alias jadi-jadian, tetapi, benar-benar enak. Kalau bukan saya yang memuji, siapa lagi? *narsis :D


Selamat mencoba! Happy Baking!

22 comments:

  1. Waah mauu donk Pizza roll nyaa, haduduh bw jam segini lihat makanan jadi lapeeerr...

    ReplyDelete
  2. wah bikin pizza sendiri..keren banget.
    enak banget sih praktis lagi..bikin ngeces.

    ReplyDelete
  3. Waah bisa bikin pizza sendiri mbak muyas
    saya jadi ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, mohon maaf kalau bikin laper yaa..

      Delete
  4. wah ini kesukaanku
    aku suka yang isian jamur
    endess

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, pasti enak banget ada jamurnya, yaa..

      Delete
  5. aku pernah bikin adonan killersoft bread yang lumayan lembek. apakah ini juga selembek itu? sejauh ini nggak pernah benar-benar berhasil euy bikin roti dengan tekstur yang tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak..ini memang agak lumayan lama ngulennya karena lembek. Jadi kalau ngulen adonannya masih nempel di baskomnya lama..hehe.Sabarin nanti jadinya bagus..

      Delete
  6. wahhh makasih nih udah kasih tutorialnya lengkap banget sekalian dengan bahan bahan nya, kalo aku masak dirumah jarang lengkap hha... karena gak semua bahan nya ada, jadi masak seadanya aja dan di kreasikan pake kreasi sendiri keren deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak..bahannya mudah kok ini...

      Delete
  7. Aaaak, enak ini pastinya! Tutorialnya lengkap juga, jadi nggak bingung :D

    ReplyDelete
  8. Hai mbak salam kenal ya, sepertinya sy jga udah kangen nih ngebaking, coba ah resep nya. Makasi ya ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, ayuu dicoba, Mbak..sama2..

      Delete
  9. Kalau baca resepnya kok kayaknya gampang, mumpung ada bahan mau nyobain ah. Kali aja berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuuu dicoba, kalau nggak dicoba nggak tahu hasilnya..hehe

      Delete
  10. Mauuuuu hhe apalagi saya belum punya mixer dkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, ayuu pakai tangan tangan biar berotot, Mbak..hihi

      Delete
  11. Dulu mamaku yg srg bikin pizza begini.. Kalo mama udh bikin, dijamin ludes sebentar dimakan ama kita berlima :D. Kalo aku bikin sendiri, ntah kenapa adaaa aja ntr masalahnya hahahaha..

    ReplyDelete
  12. *_* mataku berbinar-binar main ke blog ini.... liat isinya makanan...
    pagi-pagi jadi lapeeerrrr....

    ReplyDelete