Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Membuat Boneka Kain




Mainan apa yang teman-teman buat untuk buah hati tercinta? Nggak harus selalu bagus, kalau anak-anak saya asalkan diajak terlibat ataupun tahu itu hasil emaknya, pasti girangnya bukan main.

Kebetulan saya suka iseng memanfaatkan mesin jahit portable di rumah yang jarang dipakai. Suka nggak tahan apalagi kalau ada kain sisa bikin apa gitu..he. Bawaannya pengen jahit. Sayangnya, ini boneka sebelum saya memiliki si bungsu. Jadi udah lumayan lecek, yaa. Ketika si bungsu lahir, dialah yang pertama membuat coretan di beberapa bagian boneka yang sudah saya buat. Bagus ya, Nak.. :D

Membuat boneka kain itu mudah banget, bahkan hanya pakai jahitan tangan pun bisa, lho. Sebelum memiliki mesin jahit, saya suka membuat boneka kaos kaki yang entah sudah ke mana barangnya. Lucu dan imut banget. Cuma ukurannya kecil seukuran tangan saja.

Nah, untuk mainan satu ini, saya membuatnya dengan kain sisa dan dakron. Saya kombinasikan beberapa motif dan warna. Jangan ditertawakan, yaa..he. Jadi malu kenapa pilih tema ini, ya :D

Boneka kain sebenarnya sangat cocok buat anak-anak yang punya alergi pernapasan seperti anak-anak saya. Mereka dulunya memang disebut alergi tungau setelah melakukan beberapa kali tes. Jadi, boneka berbulu sangat tidak cocok bagi mereka karena menyimpan debu pada bagian bulu-bulunya. Itu yang disebutkan dokter spesiali alergi.

Kembali lagi soal boneka, buat teman-teman yang ingin membuat boneka kain sendiri, coba cari dulu bentuk yang mudah dibuat. Seperti boneka burung hantu yang saya buat, itu hanya dibuat dari dua lembar kain saja. Motifnya hanya ditumpuk dan dijahit dengan semi bordir. Untuk mata burung hantunya, saya menjahitnya dengan tangan. Bisa juga dengan mesin jika suka.

Yang paling kasihan boneka Spiderman, ya. Kayaknya dia patah tulang makannya bentuknya bengkok nggak keruan..he. Tapi, itu bikinnya lumayan rumit karena beberapa bagian harus disambung-sambung. Belum lagi motif garis hitam di bagian kain merah serupa jaring itu harus dijahit satu persatu sampai membentuk motif yang diinginkan. Dan ada kecoa atau laba-laba itu di bagian dada? Entahlah, saya pribadi saja tidak tahu bentuknya..he.

Spiderman jadi-jadian

Sebelum menyelesaikan semua jahitan, jangan lupa sisakan sedikit bagian saja untuk memasukkan dakronnya, ya. Nanti terakhir, teman-teman bisa memasukkan dakron dan menjahitnya secara tersembunyi dari bagian luar. Mudahkan? Simpel pula.

Kalau teman-teman nggak ada bayangan mau membuat boneka apa, coba cari saja di mbah Google, pastinya banyak banget yang cakep dan bisa ditiru bahkan sebagian ada tutorial lengkapnya.

Anak-anak, sebenarnya nggak benar-benar butuh mainan yang harus bagaimana, kebersamaan dengan orang tua adalah hal penting. Bahkan hanya main kardus yang dibuat bentuk rumah atau topeng saja senangnya bukan main.

Nah, di zaman sekarang, kebersamaan memang sudah mulai langka. Buat menghangatkan air yang terlanjur membeku, coba ajak anak-anak membuat boneka atau mainan lainnya bersama-sama. Beri mereka kesempatan untuk mencoba. Tetap dampingi terutama jika harus menggunakan benda berbahaya seperti jarum dan gunting. Akan jauh lebih asyik jika ibu menjahit, dan anak memasukkan dakron. Nah, senangkan?

Selamat mencoba, ya!


Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan ke-3 #SatuHariSatuKaryaIIDN bersama komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis
18 comments on "Membuat Boneka Kain"
  1. Wah, bonekanya lucu-lucu, mba.
    Kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak..masih acak-acak njelimet..hehe

      Delete
  2. Aaak lucuk.. Aku pernah bikin boneka bear pakai kaos kaki mbak.. Duh, jd kangen pengin bikin lagi nih.. Hhh

    ReplyDelete
  3. Mbak Muyass ne memang kreayif ya.. ga cuma jago masak ternyata jago bikib boneka jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, makasih, Mbak..jago apa ayam jago :D

      Delete
  4. Jangan jadi2an lah mbak muy,serem kesannya klo tengah malam 😂
    Mbak ini ibu kreatif banget sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, hayo salahnya sendiri bacanya malam-malam :D

      Delete
  5. spidermannya rapih, saya sukaaaaa

    nah ini bagus nih untuk anak2 yang alergi boneka bulu2 gitu, bikinnya ga ribet kan mba? ntar mau nyobain ah kalau sudah ada bayi2, #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie...ayu mbak segera melangkah ke jenjang berikutnya *eh :D

      Delete
  6. Keren eung, kalau gini kan bisa bikin sesuai keinginan ya. Atau nggak bikin yang beitan dengan blog. Misal boneka atau logo blog kita. Jadi pengen bikin nih..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide menarik juga tuh, Mas..ayu dicoba :D

      Delete
  7. Spiderman jadi - jadiannya unyu banget , Mbak Muyass. Aku loh sama sekarang pengen bisa bikin quilting tapi make mesin jahit aja nol besar. Untuk sementara hanya mimpi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuu mbak dicoba, saya juga nggak pernah kursus jahit2...nyoba2 aja, beli buku, cobain..sekarang malah gampang yah lihat di internet..

      Delete
  8. Ini kreatif sekali, kalau di kembangkan terus bs menjadi ladang Omset nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, bisa juga jadi ide bisnis..tapi harus rapi bikinnya...hehe

      Delete
  9. Kreatif banget sih Mbak..punya waktu berapa jam sih kwkwkw..Semua bisa dikerjakan . Kereeeen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, saya dapat perpanjangan waktu dua kali lipat, Mbak..*dalam mimpi..hihi

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature