Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Dari Antologi hingga Media Online




Alhamdulillah, mengawali tahun 2018, beberapa buku antologi baik menang lomba di beberapa penerbit sampai kumpulan cerita anak bersama kelas menulis cernak akan terbit. Beberapa justru sudah terbit dan sampai ke rumah dengan selamat, alhamdulillah.

Punya cita-cita menjadi penulis buku memang ada sejak SMA. Entah kenapa, senang sekali membaca puisi, menulis cerpen dan apapun yang berhubungan dengan dunia literasi. Alhamdulillah, tahun ini memang lumayan banyak buku yang akan terbit dan sedang dalam proses. Senang? Tentu saja senang walaupun ini bukan pencapaian akhir yang ingin saya raih. Masih ada banyak mimpi yang belum terwujud, termasuk menulis buku solo yang dulu sempat masuk penerbit dan pada akhirnya gagal terbit. Rasanya kayak bisul yang mengganggu, nggak bisa hilang dan tersimpan sampai sekarang. Bagaimana rasanya menyimpan bisul? Hehe.



Nah, untuk tahun ini, saya memang lebih banyak memberikan konstribusi di media online. Awalnya sih hanya mencoba bagaimana menulis artikel dan diterbitkan di media online. Banyak pengalaman baik bagi saya dan teman-teman yang pada akhirnya membuat kami justru betah di sana. Termasuk setelah kemarin kami dalam sebuah tim berhasil menulis 100 artikel dalam seminggu. Menunggu detik-detik terbitnya beberapa artikel yang penulisannya belum beres rasanya mules juga, yaa..hihi. Terlebih sudah hampir lewat jam 12 malam.

Meskipun begitu, mulai besok saya akan memulai lagi hal yang sama hingga seminggu ke depan. Ya, 100 artikel dalam seminggu dan bertema fashion. Selain itu, saya pun mengikuti semacam kompetisi dengan menulis lebih banyak artikel di akun pribadi saya dan total PV minimal harus mencapai 10 ribu. Alhamdulillah, kemarin untuk 1 artikel sudah lebih dari 20 rb PV bahkan terus bertambah hingga saat ini.


Serunya di mana menulis artikel untuk media online ketimbang menulis buku? Serunya karena ada sensasi ‘WAH” yang nggak bisa didapat ketika menulis buku, terutama jika bukunya gagal masuk penerbit..hehe. Keduanya tentu nggak bisa dibandingkan, ya. Karena keduanya adalah hal berbeda dan sama-sama menyenangkan. Mungkin saya termasuk bukan tipe penyabar sehingga selalu saja ingin mencoba banyak hal. Jika dulu saya suka menulis fiksi berupa cerpen, pelan-pelan saya mulai mencoba menulis nonfiksi, dan buku pertama saya dulu merupakan perpaduan antara fiksi dan nonfiksi.

Setelah itu, saya mencoba mengikuti kelas menulis cerita anak. Dan beberapa buku antologi cerpen anak pun akan segera terbit juga tahun ini. Dan terakhir banget yang saya mulai pertengahan November adalah masuk media online dan menulis artikel di sana sampai sekarang.



Pencapaian apa yang sudah saya dapatkan di Uc News? Pertama, awal mendaftar saya masuk lewat jalur undangan dari KBM (Komunitas Bisa Menulis). Yang awalnya katanya mau dibuatkan grup dan dilatih. Tetapi setelah menulis sekitar 4 artikel dan masuk dengan coba-coba sendiri, sampai detik ini pun belum ada grup yang dijanjikan. Sempat kecewa dan malas mau melanjutkan menulis di sana, tapi Allah membuka jalan lain.

Saat itu, IIDN atau Ibu-ibu Doyan Nulis pun membuka jalur undangan untuk masuk dan bergabung bersama Uc News. Nggak mau ketinggalan saya pun ikut masuk ke dalam grupnya. Dan saat itu, teh Indari (CEO Indscript) meminta saya sharing di grup mengenai bagaimana menulis artikel di Uc News, supaya lolos dan beberapa hal lainnya. Awalnya saya menolak karena jujur saja saya mempelajari semuanya sendiri, jadi nggak bisa dibilang oke kemampuannya..hihi. Tapi, akhirnya saya pun mengiyakan, ya kita sharing bareng, belajar bareng, saya pun nggak banyak pengalaman. Akhirnys masuklah saya di grup baru yang justru menjadi awal mula saya mulai serius di Uc News sampai saat ini.

Awalnya saya hanya bisa posting 1 artikel  saja perhari. Kemudian naik peringkat menjadi lanjutan, perak hingga emas. Ada hal lain juga yang menjadi kendala waktu itu, yaitu mengenai kategori awal yang saya pilih. Saya memilih edukasi dan nggak nyangka ternyata edukasi itu benar-benar berhubungan dengan dunia pendidikan, lho..he. Sayanya aja yang nggak pinter-pinter..kwkwk. Saya pikir edukasi bisa berarti apa saja, termasuk mengedukasi orang tua mengenai dunia medis.

Nah, karena nggak banyak artikel tema pendidikan yang saya tulis, akhirnya peringkat pun susah naik. Hasilnya, artikel saya isinya gado-gado, ada artikel pendidikan, sosial, lifestyle hingga inspirasi. Nggak bangetkan?

Lama-lama saya baru tahu jika rekomendasi dari Uc bisa juga menaikkan peringkat dan poin asalkan konsisten. Akhirnya setelah coba dan mencoba, saya menulis lifestyle setiap hari, alhasil poin naiknya cepat dan peringkat pun ikutan naik juga. Senangnyaaa…*keseringan nyoba-nyoba sih..hihi.

Memang saya merupakan penulis yang naiknya pelan-pelan aja, nggak kayak roket tetapi melajunya pasti *eaaa…hehe. Bulan ini, dua artikel saya masuk 10 kontributor lifestyle terbaik, saya pun terpilih menjadi salah satu peserta training (tapi saya nggak bisa datang), mendapatkan peringkat poin kompetisi, mendapatkan VIP gathering invitation, ikut tim menulis Perempuan Menulis, akun saya sudah diverifikasi dan tentunya pendapatan yang sudah bisa diambil.

Kalau hanya mengejar keuntungan, saya menyarankan jangan masuk di sini, karena butuh kesabaran banget buat mendapatkan keuntungan. Tapi, kalau teman-teman senang melakukannya dan menikmati sebagai sarana belajar, silakan saja. Insya Allah akan menyenangkan karena Uc News memang banyak memberikan bonus dan sering mengadakan kompetisi.

Mungkin ini cuma pembenaran dari saya saja sebagai orang yang sedang senang-senangnya menikmati kegiatan menulis artikel melalui media online, ya, menulis itu nggak harus menjadi penulis buku (ambil kalimat mentor saya), menulis itu bisa di mana saja. Dan saya pun setuju untuk hal ini. Apapun kalau dinikmati tentu akan berbuah manis dan menyenangkan. Jika kita menanam, pastilah nanti akan memetik buahnya. Yang penting menulislah yang bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca kisah saya, ini hanya sharing sedikit mengenai pengalaman menulis selama ini. Semangat terus dan pantang menyerah, ya!


Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan hari ke-10 #SatuHariSatuKaryaIIDN bersama komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis
11 comments on "Dari Antologi hingga Media Online"
  1. Semoga selalu di lancarkan dan di sukses kan tulisan nya ini dalam kegiatan Tantangan #SatuHariSatuKaryaIIDN nya ya mbak Muyasaroh,. :)
    Ammin :)

    ReplyDelete
  2. wah sudah buat buku Antology ya?, saya dan grup wa malah belum jadi-jadi mau bikin buku Antology wisata.

    itu ngomong-ngomong berapa orang satu tim bisa nerbitin 100 artikel seminggu?

    saya pernah di tawarin di uc news tapi saya sepertinya masih repot sama satu blog, #Alesan

    Belum bisa Multi kaya mba Muyass, yang sudah sibuk mengurus anak masih sempet-sempetnya nulis di berbagai media online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk 100 artikel itu kayaknya yang aktif nulis ada 10an lebih, yaa..pas DL nerbitin sekitar 37 artikel..kwkwk

      Delete
    2. luar biasa itu bagi waktunya gimana, sambil ngurus anak belum juga ngurus suamai, beberes rumah, masak aduh saya gak bisa bayangin deh :)

      Delete
    3. kalau gak muat di sini jawabannya dibahas di blog dong plis.

      Delete
  3. Wow...
    Mba Muyas benar-benar luar biasa.
    Seorang Ibu yang masih punya kesempatan buat menulis dibeberapa tempat.

    Panutan banget ini.
    Pengen seperti mba Muyas.
    Semoga semuanya dilancarkan ya, mba.
    Sukses dan sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, nggak segitunya kok saya mbak..hihi..Padahal belum apa2 ini, cuma kalau dijabarin aja kayak wah..padahal biasa aja..:D
      Amiin, terima kasih doanya mbak..sukses selalu yaa..

      Delete
  4. Info Terbaru !!

    Ayo ikuti Kontes Seo dan menangkan hadiahnya dengan total uang 30juta rupiah.
    Tunggu apa lagi ? Segera daftarkan diri anda dan raih hadiahnya !!

    Pendaftaran dimulai pada Tanggal 22 Januari 2018
    Pendaftaran berakhir pada Tanggal 22 April 2018
    Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 7 Mei 2018
    Hadian akan dibagikan pada 8 Mei 2018

    Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di : seoitu99@gmail.com
    Bisa juga kunjungi : http://www.itu99.host/kontes/


    Syarat dan Ketentuan Berlaku !!

    ReplyDelete
  5. Keren pencapaiannya Mbak! Semoga segera terwujud cita-cita buku solonya yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak..amiin..amiin..mbak Dian lebih keren.. :D

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature