5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan


sumber


Assalamualaikum…

Musim hujan telah tiba. Hawa dingin kadang menusuk tulang meskipun saya tinggal di Jakarta yang hawanya panas. Tetap saja kalau musim hujan, mandi pagi jadi hal jarang..he.

Sejak semalam, si sulung demam dan mulai batuk-batuk. Cuaca yang kurang bersahabat serta teman-teman sekelas yang juga sedang terinfeksi membuat anak-anak gampang sakit. Saya pribadi tidak banyak melakukan hal tertentu saat anak sakit. Jika demam, saya selalu sedia penurun demam mengingat putra sulung saya punya riwayat kejang demam sejak 2 tahun hingga usia 6 tahun.

Ketika dia demam, saya jadi parno sendiri dan ketakutan membayangkan berapa kali dia kejang demam yang meskipun saya tahu tidak berbahaya pada kondisi yang dialaminya, tetapi tetap saja menakutkan. Apalagi saya lebih sering menghadapinya sendiri di rumah.

Kebanyakan penyakit yang menyerang anak-anak tidak memerlukan penanganan khusus. Ya, jika tidak perlu, saya tidak mengunjungi dokter. Tapi, jika diperlukan, saya juga tidak akan menundanya.

Selama ini, saya tidak menggunakan vitamin tertentu untuk menjaga kesehatan baik saya ataupun anak-anak. Tapi, saat musim hujan seperti sekarang, kadang perlu melakukan beberapa hal demi menjaga kesehatan. Biasanya saya terapkan 5 hal ini setiap hari,

1.      Minum madu setiap hari. Baik anak-anak maupun saya dan suami selalu konsumsi madu 1-2 sdm sehari.
2.      Minum minyak zaitun 1-2 sdm setiap hari. Jika sudah minum madu, kami pun selalu melanjutkan dengan minum minyak zaitun.
3.      Istirahat yang cukup. Saya sangat menganjurkan anak-anak tidur yang cukup terutama saat musim hujan seperti sekarang. Selain memang cuaca yang kurang bersahabat, banyak teman-teman di kelas si sulung yang juga sedang sakit. Jadi, saya berusaha menyuruh si kecil untuk istirahat cukup demi menjaga kesehatannya. Meskipun itu sulit sekali.
4.      Makan banyak buah dan sayur. Alhamdulillah, anak-anak suka makan buah dan lumayan pemilih soal sayuran. 1 sisir pisang bisa mereka habiskan berdua dalam sehari. 1 kg jeruk bisa dihabiskan si bungsu 1-2 hari..he. Suka atau lapar, ya?
5.      Menghindari jajan di luar. Baik bekal maupun makanan sehari-hari, sebaiknya menghindari dulu membeli makanan di luar. Saya sendiri biasanya membuatkan bekal untuk si sulung. Dia juga terbiasa tidak membawa uang jajan karena telah membawa bekal berupa camilan dan makanan berat dari rumah.

Akan jauh lebih baik jika sementara waktu kita lebih banyak di rumah juga, ya. Musim hujan seperti sekarang, angin pun kencang dan tidak enak di badan. Minum air lebih banyak juga jadi kebiasaan sehari-hari.


Nah, itulah yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan terutama saat musim hujan. Kalau teman-teman apa saja yang dilakukan selain konsumsi vitamin?

 Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan hari ke-1 #SatuHariSatuKaryaIIDN 

2 comments:

  1. saya dan keluarga biasa mengkonsumsi madu dari dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang madu khasiatnya luar biasa..

      Delete