Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Bolu Kukus Karakter


Foto: Koleksi pribadi


Assalamualaikum,
Untuk pertama kalinya saya membuat bolu kukus karakter atau bolu kukus mingkem ini. Awalnya karena memang tidak punya stok camilan buat si sulung yang mau berangkat sekolah. Biasanya si kakak bawa bekal camilan dan makanan berat. Tapi, berhubung sedang ujian dan pulang lebih cepat, jadi hanya membawa bekal camilan.

Sebenarnya, di ujung gang rumah saya ada yang jualan jajanan juga setiap pagi, ada juga tukang roti lewat. Tapi, tadi malas keluar rumah. Padahal cuma keluar aja, kan. Saya benar-benar jarang keluar rumah, paling cuma di teras aja nemenin anak-anak main sepeda. Masuk lagi, keluar sampai pintu pagar antar kakak naik ojeknya..hehe. Jadinya benar-benar sedang tidak ingin keluar, jadilah memutuskan harus membuat camilan.

Pilihan jatuh pada bolu karakter ini. Selain bahannya mudah, membuatnya pun cukup cepat karena nggak perlu menyalakan oven, nggak pakai proofing kayak bikin roti. Cukup satu bowl aja nggak perlu pisah ngocok telurnya.

Awalnya sempat ragu, karena saya nggak jago baking terutama kalau disuruh bikin pakai telur yang dimixer sampai kental berjejak. Kadang belum berjejak atau soft peak udah pegel duluan tangan. Belum lagi sambil ditarik-tarik dari belakang sama si bungsu..he. Drama banget kalau sedang memasak.

Tapi, melihat bahannya yang mudah, akhirnya saya beranikan mencoba. Dan hasilnya, benar-benar berantakan. Saya nggak mahir bikin karakternya. Maunya bentuk strawberry tapi lebih mirip strawberry buruk rupa..he.

Foto: Koleksi pribadi

Tapi, ternyata tekstur bolunya lembut, wangi vanilla dan santannya pas banget. Manisnya juga pas. Untuk pertama kalinya, langsung sukses! Alhamdulillah, barakallah.. J

Bahan:
200gr terigu serbaguna (contoh: Segitiga)
200gr gula pasir
4 butir telur
2sdt SP
Sedikit vanilla cair
40ml santan instan
40ml minyak goreng
Secukupnya pewarna makanan
Cara membuat:
1.      Campur minyak, santan serta vanilla cair. Aduk rata, sisihkan.
2.      Mixer telur dan SP sampai berbusa. Masukkan gula pasir bertahap, ya. Saya lakukan 3 tahap. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak. Matikan mixer.
3.      Ayak terigu dan masukkan ke dalam adonan telur. Aduk lipat dengan spatula. Masukkan campuran minyak, santan serta vanilla. Aduk lipat sampai rata dan jangan over, ya.
4.      Bagi adonan menjadi 3. Beri pewarna sesuai selera. Saya pakai hijau dan merah. Sisanya dibiarkan putih.
5.      Panaskan kukusan. Jangan lupa bungkus tutupnya dengan kain bersih supaya uap air tidak mengenai bolu.
6.      Tuang adonan ke dalam cup. Beri hiasan dengan warna lain. Boleh bentuk apa saja. Lebih mudah masukkan adonannya ke dalam plastik segitiga. Gambar sesuai selera.
7.      Kukus bolu selama kurang lebih 15 menit dengan api sedang. Angkat. Lakukan sampai adonan habis.

Foto: Koleksi pribadi

Tadi, saya hanya pakai setengah resep saja. Ternyata gampang sekali. Mungkin saya kurang telaten kalau soal menghias..he. Jadinya semrawut bentuknya.


Selamat mencoba, happy baking, yaa ^^
21 comments on "Bolu Kukus Karakter"
  1. Replies
    1. Iya, sayangnya punya sy berantakan..hehe

      Delete
  2. waah lucu mb, coba ah resepnya buat keponakan. he

    ReplyDelete
  3. buat ngemil sambil nulis enak nih mbak muyas

    ReplyDelete
  4. Wah ini bisa jadi inspirasi bisnis mbak

    ReplyDelete
  5. Lucu bgt mbak. Aku MW coba nih lgsung. Pas bgt bhn by ada... Thank mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, punya saya berantakan sih..hihi. Selamat mencoba ya mbak.. :)

      Delete
  6. kalau nuang ke cup, separuh aja ya? kayaknya kalau udah jadi, bolunya jadi mengembang. Warnanya cantiiiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasilnya nggak terlalu mumbul kok mbak, jadi isinya penuh pun nggak masalah..lurusin aja sama cup-nya...paham mumbul nggak mbak? Hihi..bahasa planet :D

      Delete
  7. Bsgi dong mbak bolu nya,,... kayaknya enak tu.

    ReplyDelete
  8. semrawutnya bagus gitu gimana telatennya yaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, coba lihat2 foto punya orang2, rapii mbak. Inikah emang nggak karuan...haha

      Delete
  9. Waaah lucu banget ini mbak bolunya. Anak-anak pasti suka hihi. Pengin cobain deh di rumah, bahan-bahannya juga gampang didapat ya. Suka nulis tentang resep dan kuliner? Coba nulis di belanga.id yuk mbak. Lagi ada kompetisi berbagi foto dan kuliner #JadiKangenIbu. Hadiahnya lumayan lho, mbak. Cek https://belanga.id/kangenibu/ deh.

    ReplyDelete
  10. Lucu bangeeett, mau coba bikin ah, anak2 pasti suka banget hehe. Gambarnya sesuai selera ya mbak? :D
    TFS

    ReplyDelete
  11. eh kok lucu banget bolu nyaaa... terasa sayang buat dimakan :O

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature