Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Akhir Tahun 2017 yang Berkesan!


pixabay.com


Masya Allah, ternyata 2017 sudah mau berakhir. Banyak hal terjadi sepanjang 2017, termasuk mimpi-mimpi yang saya usahakan kemudian Allah wujudkan satu persatu.

Sepanjang 2017, saya memulai kembali kesenangan menulis, baik di blog, menulis buku, bahkan menjadi kontibutor Uc News sampai sekarang. Awalnya hanya ingin ikut lomba-lomba menulis saja, tapi justru ada 6 antologi cerita anak selesai pada tahun ini dan insya Allah akan lahir 2018 mendatang baik di penerbit indie ataupun mayor.

Pada 2017 juga saya berhasil menyelesaikan naskah anak pertama saya bersama Sekolah Perempuan. Saya sengaja mengambil kelas menulis cukup banyak tahun ini karena sadar ada banyak hal yang belum saya miliki, termasuk seluk beluk dunia penerbitan buku.

Yang awalnya hanya suka menulis naskah fiksi, menyelesaikan buku nonfiksi, sekarang justru suka menulis naskah anak. Meskipun ini hanya permulaan dan bagi orang belum seberapa, tapi saya apresiasi kegigihan saya sendiri untuk mendapatkannya.

Menulis itu memang sangat membahagiakan. Dan saya percaya, setiap tulisan kita pastilah memiliki pembacanya sendiri. Meskipun awalnya sulit, tapi saya berhasil menaklukkan kemalasan, ketidak inginan untuk meneruskan, kadang jenuh dan merasa ingin berhenti, tapi toh ketika benar-benar ditinggalkan kita akan benar-benar rindu. Ya, hal semacam ini sering sekali datang tanpa kita sadari. Saat dituruti, ternyata justru menenggelamkan mimpi. Ya, itu ujian sodara-sodara..terutama bagi pemula seperti saya ^^

Menurut salah satu mentor di Sekolah Perempuan, menulis itu bisa di mana saja. Yang penting, jangan berhenti menulis. Yess! Sempat saya merasa fokus pecah sejak menulis di Uc News. Sempat menyesal masuk ke sana. Tapi, setelah saya teruskan, ternyata banyak hal bisa membuat saya berubah, termasuk kemampuan saya menulis artikel yang sejak dulu nol :D

Ketika menulis di sana, saya sadar harus berusaha lebih baik. Ada banyak aturan yang harus dipatuhi supaya nggak kena offline bahkan ditangguhkan akunnya. Ya, aturan semacam itu benar-benar harus dipelajari sebab setiap media tentu punya peraturannya sendiri. Menutup 2017, 100 artikel lebih sudah saya tulis sejak pertengahan November. Ada banyak pengalaman dan 100 ribu lebih viewers. Ada bahagia tersendiri yang tak bisa didapatkan ketika menulis di media lain. Ya, semua membahagiakan.

Hm, yang tak boleh dilupakan tentu saja pengalaman memasak sejak masuk Cookpad dan apresiasi mereka sampai mengunjungi rumah saya. Terima kasih untuk pengalaman membahagiakan yang tidak akan pernah saya dapatkan jika sejak dulu hanya diam dan tidak mau menulis resep di sana :D

Ada sekitar 270 lebih resep yang sudah saya simpan di Cookpad, 2500 lebih pengikut, serta 80an recook. Sekarang saya sudah mulai berkurang posting resepnya karena kurang diusahakan kayaknya..hehe.

Insya Allah 2018 harus lebih giat lagi menulis, mengisi blog, aktif nulis resep dan pastinya harus punya lebih banyak buku lagi, ya. Insya Allah saya bisa!

Salah satu antologi yang siap lahir pada Januari mendatang

Impian punya buku sebenarnya sudah saya tulis sejak SMA ketika saya masuk pesantren. Awal mula mengenal dunia literasi di sana. Menulis di buku tulis sampai berapa biji, dibaca teman-teman dan adik kelas..he. Lucu, sih. Ternyata sejak remaja saya sudah narsis orangnya..he. Dan sekarang saat saya masih remaja juga *uhuk saya masih tetap mencintai hobi ini.

Kesempatan pertama kali menulis buku sekitar tahun 2009. Saat itu seorang penulis dari Malang meminta saya mengirimkan cerita. Karena keterbatasan fasilitas seperti komputer di pesantren, saya pun mengirim buku berisi beberapa tulisan tangan saya sendiri. Dan lahirlah antologi Pleidooi/ Mozaik books pada tahun itu.

Tahun 2014 saya mulai menulis lagi setelah menikah, ternyata dunia kepenulisan sudah berkembang sangat pesat dan cukup mudah diakses. Saya pun giat mengikuti lomba menulis, kebanyakan menang dan terbit indie. Salah satunya lahir antologi di Mafazah Media. Selanjutnya, antologi Seporsi Rasa ikut lahir di Elex Media. Tiga cerpen romance saya termasuk di dalamnya. Ini pun diawali dari lomba menulis dan kami menggarap naskah. Tahun itu juga saya menjadi salah satu pemenang kuis dan bisa ikutan workshop bareng bunda Asma Nadia. Impian anak kampung dan anak pesantren yang super ndeso yang nggak pernah terbayang bisa bertemu langsung sama salah satu penulis favorit saya, cerpen saya dibaca dan dinilai langsung juga oleh beliau. Sesuatu yang tidak boleh saya lupa karena mengingat itu sama dengan mengingat mimpi-mimpi saya yang sebenarnya belum sepenuhnya terwujud.


Pada 2014 untuk pertama kalinya saya menyelesaikan buku nonfiksi islami dan memutuskan menulis naskah islami. Sempat berhenti selama beberapa tahun dan akhirnya saya kembali lagi pada 2017. Dan seperti saya yang biasa, saya nggak pernah malu memposting tulisan sendiri. Karena saya tahu, semua orang juga berproses. Nggak ada yang langsung jadi penulis novel terkenal, beberapa bahkan ditolak belasan penerbit sebelum akhirnya terkenal.

Nah, kebanyakan orang nggak betah di sini. Kurang percaya diri dan minder. Buat saya, siapa pun itu pastilah melewati fase satu ini. Sesuka apa pun kita terhadap dunia menulis, kalau kita sendiri tidak bisa memotivasi diri sendiri, bagaimana mungkin impian itu akan terwujud? Kita bermimpi tapi sejak awal kita patahkan dengan rasa minder dan menyerah, merasa putus asa, tidak mampu. Buat saya itu nggak bisa!

Ketika ada teman-teman yang bertanya, bagaimana tulisannya, apakah layak, apakah harus dilanjutkan, buat saya jawabannya ada pada dia sendiri. Saya sudah sempat menyerah dan buat saya itu hal terbodoh. Saya kehilangan semuanya. Benar-benar kehilangan!

Tentu saja jalan yang harus dilewati tidak akan semulus tepung. Pastinya banyak kerikil dan riak-riak menghantam. Tapi, selama kita tahu apa tujuan kita sebenarnya, insya Allah tidak semudah itu berhenti.


Bismillah, insya Allah 2018 saya bisa menaklukkan semuanya. Begitu juga dengan teman-teman! Terima kasih untuk apresiasinya, sudah membaca dan berkomentar positif di blog saya yang masih gado-gado dan bayi banget.. J
12 comments on "Akhir Tahun 2017 yang Berkesan! "
  1. InsyaAllah tahun 2018 semakin baik lagi ya mbak. Prestasinya membanggakan. Saya suka capturin resep2 yg di share di blog ini buat dicobain, soalnya kalau buka cookpad kadang saya malah tambah bingung, karena satu jenis resep ada buanyak sekali yg sudah memberi ide cara memasaknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak, iya di cookpad ada ribuan resep, yaa..semoga suka ya mbak.. :)

      Delete
  2. Aahhh, maak. Dirimu selalu top. Butuh waktu, usaha, dan kerja keras serta sabar menjalani prosesnya untuk mendapatkan apa yg kita inginkan.
    Semoga diriku bisa mengikuti kegigihanmu, ya maak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga mimpi-mimpi kita lekas terwujud sempurna ya, Mbak..amiin, dirimu juga hebaat..lope..lope :)

      Delete
  3. Mantap mbak... semoga tahun 2018 nanti lebih baik lagi....

    ReplyDelete
  4. di tunggu resep terbarunya mbak :D

    ReplyDelete
  5. Mbak Muyass, kok bisa multi talenta gitu siy. Aku pengen deh
    Udah jago nulis blog, fiksi juga ,di UC juga. Plusssss jago masak. Bener-bener ratu di depan laptop dan dapur ❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, masya Allah..terima kasih, Mbak..saya memang banyak memanfaatkan waktu di rumah, kebetulan banget saya nggak pernah berani keluar sendiri dan nggak bisa nyetir..hihi..*aib banget ini mah :D

      Delete
  6. wah ning muyas memang dari dulu multi talenta, semangatnya selalu bikin aq ngiri.....impian-impian pyn dipesantren dulu akhirnya kesampean juga....
    -your old friend-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ini siapa, ya? Saya kok lupa banget sih, Mbak..maafkan..bisakah kita mulai mengenal lagi, temanmu kadang amnesia mendadak..hehe

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature