Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Bika Ambon Ekonomis 2 Telur




Assalamualaikum…Semoga nggak bosan ya, membaca resep-resep saya yang sangaat sederhana. Karena pada dasarnya saya bukan ahli cooking apalagi baking, jadi resep-resep saya juga biasanya nggak macam-macam, bahkan hampir semuanya hasil recook dari resep senior-senior di cookpad.

Nah, kali ini saya mau posting resep bika ambon yang ekonomis banget. Bikinnya juga ternyata mudah sekali, hanya saja harus lebih banyak bersabar, ya. Hampir seperti roti yang butuh proofing, kan? Eits, tapi ini nggak butuh otot buat bikin. Hanya saja butuh lebih banyak kesabaran dan tanggung jawab untuk menyelesaikannya *eaaa…he.

Resep ini saya dapat dari dapurVY di cookpad. Nah, cetakannya bisa pakai teflon kecil, teflon biasa, cetakan kue lumpur atau martabak mini, atau apa saja seperti saya malah pakai cetakan takoyaki…he. Nah, katanya sih kalau dipanggang di oven, pintu ovennya harus dibuka sedikit yah. Tapi saya nggak pernah. Dan menurut saya, dipanggang di kompor justru jauh lebih mudah.



Kuncinya supaya bersarang bagus, setelah dituang di cetakan, jangan ditutup dulu, ya. Tunggu sampai berlubang dan bersarang hingga bagian atasnya cukup kering. Setelah itu barulah ditutup sebentar. Kalau sebelum berlubang-lubang sudah ditutup, katanya malah nggak bersarang.

Ikuti step by stepnya, ya. Insya Allah ini nggak susah. Hanya butuh kesabaran, ingat, kesabaran dan tanggung jawab…he.

Bahan:
100gr tepung kanji atau tapioka
50gr tepung terigu serbaguna
80gr gula pasir
1/4sdt garam
1sdm margarin, cairkan
2 butir telur, kocok lepas
1sdt kunyit bubuk atau pewarna kuning secukupnya

Bahan santan (Rabus jadi satu, saring, ambil 200ml saja)
250ml santan (65ml santan instan + air)
10 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 lembar daun pandan
1 batang serai, geprek

Bahan biang:
50ml air hangat
1sdt ragi
1sdt gula pasir

Cara membuat:
·         Rebus bahan santan sampai mendidih dan biarkan sebentar. Matikan. Biarkan sampai dingin, saring. Masukkan kunyit bubuk, aduk rata.
·         Campur bahan biang. Aduk rata dan biarkan sampai berbusa sekitar 10 menitan.
·         Campur tepung tapioka, tepun terigu, gula pasir, garam, bahan biang, masukkan juga separuh dari santan yang telah disaring. Aduk dengan wisk sampai licin dan tidak bergerindil.
·         Masukkan telur yang telah dikocok lepas serta sisa santan. Aduk rata.
·         Masukkan margarin cair. Aduk rata dan diamkan satu jam sampai berbusa. Jangan lupa tutup dengan lap bersih.
·         Panaskan cetakan, tuang adonan dan jangan terlalu penuh, ya. Biarkan sampai adonan berlubang, dan permukaannya mulai kering. Tutup, tunggu sampai matang. Angkat.
·         Sajikan...




Hasilnya pas banget. Kalau ingin rasa pandan, bisa ganti kunyit bubuk dengan pasta pandan, ya. Aromanya wangi, manisnya pas nggak bikin eneg. Dan yang pasti ini ekonomis banget. Hanya pakai 2 telur, kalau gagal pun tadi mikirnya nggak rugi-rugi amat..he. Alhamdulillah nggak gagal justru bakalan jadi resep favorit, nih!


Selamat mencoba, yaaa ^^
22 comments on "Bika Ambon Ekonomis 2 Telur"
  1. oh jadi gak boleh langsung ditutup ya mbak
    biasanya langsung ditutup aja takut kena lalat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagah, masa iya baru masak bahkan masih di kompor udah kena lalat hehe

      Delete
  2. Saya kurang terlalu suka nek bika ambon kak.. soale cenderung manis bgt sama lembek.. males makanne..
    Tpi kalau kecil kecil kayak gini buatnya, kayaknya unyu, terus pengin makan.. hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau manisnya bisa disesuaikan selera sih mbak, ini resep aslinya juga pakai 100gr gula pasir. Jadi saya kurangi..silakan dimakan mbak..hehe

      Delete
    2. Boleh dikirim sini mbak.. biar saya makan.. wkwkw

      Delete
  3. Kalo saya biasanya tinggal jadinya aja ahahaha
    ntar pulang kampung suruh ibuku bikin aja la
    kayak nya enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasihan ibu ya, pulang-pulang ditodong suruh masak..hehe

      Delete
    2. ahahahaha buat kue lebaran aja mbak :-d

      Delete
  4. Gak yakin kalo nyobabuat bisa hasilnya secantik itu..
    Jadi laperrr..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mudah kok mbak..hehe..yakin aja dulu.. :D

      Delete
  5. Teknik bersarangnya kaya bikin martabak ya mbk,g boleh ditutup. Sip2,kapan2 pingin nyobaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, sama persis....Selamat mencoba ya.. ^^

      Delete
  6. Mba, itu pakai kunyit bubuk, apakah nggak timbul aroma kunyit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mbak, nggak ada aroma kunyitnya sama sekali..malah cantik warnanya. Kebetulan kemarin juga nggak punya stok pewarna kuning..

      Delete
  7. Assalamualaikum..salam kenal dari KSA Saudi Arabia!

    Ini diaa BIKA AMBON sangat kusuka ..legit !
    Udah lama pengin coba bikin masih maju mundur (gak cantik xixixi), aku belum punya cetakannya mbak.
    Melihat resep ini jadi pengin coba. Sepertinya tidak masalah kalau masak langsung di teflon, tanpa cetakan.

    Gitu kah ya mbak ? Udah ngiler lihat foto2 cantiknya.

    Terimakasih resepnya mantaabz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam...Iyaa, mbak..pakai cetakan yang ada aja..bisa teflon atau cetakan kue lumpur atau kecil-kecil seperti saya ini pakai cetakan takoyaki. Selamat mencoba, ikuti step by stepnya yaa ^^

      Delete
  8. Sekalian saya follow blog-nya. Banyak resep menarik di sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak, saya follow balik, yaa ^^

      Delete
  9. Mantap info resepnya mba, cemilan sehat ditambah teh hangat... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disantap bersama keluarga tercinta, lama bikinnya, cepet ngabisinnya..hehe

      Delete
  10. iyess ini kue favorit bapake...
    bisa unyu-unyu gitu, malah gampang cuma sak-emplokan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, iyaa mbak. Soalnya cetakannya adanya cuma itu..hihi. Agak maksa sih yaa..hehe

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature