14 Kreasi Kain Perca yang Wajib Kamu Coba!

pixabay.com


Selalu tergoda setiap kali melihat barang-barang imut yang terbuat dari kain perca. Yup, sisa-sisa kain ini sebenarnya sangat berguna dan bisa menjadi barang bermanfaat asalkan kita bisa mengolahnya menjadi sebuah benda.

Tapi, kadang suka bingung juga ya, mau dibuat apa. Padahal, kadang nggak sedikit juga saya mengumpulkan sisa dari menjahit pakaian. Pernah saya membuat keset dari perca, sampai sekarang masih terpakai. Kadang sangaja ‘mempercakan’ baju-baju yang sudah jarang dipakai..he. Saya jadikan buku kain yang sampai sekarang juga masih ada barangnya tapi entah fotonya masih tersimpan atau tidak.

Ada beberapa boneka kain yang dulu saya buat dari kain perca, ada juga tempat pensil, dan tas-tas kain berhias kain perca. Sayangnya sudah tidak bisa difoto karena telah dihibahkan…he.

Walaupun butuh kesabaran dan ketelatenan, tapi setelah melihat hasilnya, lelahnya langsung hilang. Sebenarnya asyik sekali menjahit, pengen banget bikin selimut dari kain perca, dulu kendalanya sih soal isian selimutnya, di mana dapat busa tipis dan lebar seperti yang biasa dibuat bahan selimut kain. Alhasil, sampai sekarang pun saya belum juga membuatnya.

Kain perca selain bisa diminta dari tetangga sebelah yang tukang jahit (kalau berani :D), kita juga bisa membelinya di toko-toko online. Harganya relatif murah, atau langsung saja datang ke toko-toko kain kiloan, di sana dijual bermacam-macam kain yang harganya murah tapi kualitasnya bagus plus banyak sekali macamnya. Jadi, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Beberapa bulan ini memang sedang puasa, jarang mengeluarkan mesin jahit, karena kalau ketahuan si bungsu, dia bisa otak atik mesinnya, lebih berbaha lagi kalau sedang menjahit, dia sodorin jarinya ke arah jarum, bisa histeris emaknya..he.

Nah, adakah teman-teman yang senasib dengan saya? Suka membuat kerajian tapi harus mencari waktu spesial dulu supaya nggak membahayakan si kecil? Kalau iya, yuk simpan dulu ide-ide menarik di bawah ini, dan suatu saat bisa kita realisasikan.

1.      Boneka kain yang lucu

pixabay.com

Boneka kain seperti ini bisa menjadi teman tidur yang lucu buat buah hati, apalagi jika dibuat oleh tangan terampil ibunya sendiri, dia menjadi lebih spesial!
2.      Tas kain

sumber

Kesulitan yang biasanya saya hadapi saat membuat tas kain adalah ketika memasang resleting, tapi ide bagus juga jika dibuat kancing sebagai penutupnya.
3.      Dompet

caraseobali.com

Dompet dengan perca menjadi sesuatu yang unik dan menarik, ya. Membuatnya pun tak terlalu sulit, tinggal sesuaikan saja dengan ukuran yang diinginkan.
4.      Bantal

rumah.com

Ada beberapa jenis bantal yang bisa dibuat dari bahan perca. Misalnya saja bantal untuk alas duduk, ada juga bantal mungil yang dipakai sebagai tempat bersandar di sofa, atau juga bantal untuk buah hati yang bisa dihiasi dengan nama mereka. Menarik, ya.
5.      Selimut

pinterest.com

Nah, seperti yang saya ceritakan tadi, selimut seperti ini masih menjadi impian tertunda..he.
6.      Keset

sumber

Ini akan butuh kesabaran lebih lagi ketika membuatnya. Digunting dengan ukuran yang sama dan dijahit sesuai pola yang diinginkan, hasilnya cantik dan menarik!
7.      Bros

koleksiwiji.com

Menarik sekali membuat bros dari kain sisa ini, selain mudah, hasilnya pun cantik dan bisa dipakai sebagai pemanis hijab.
8.      Celemek

sumber

Sebagai ibu rumah tangga, celemek ini sangat dibutuhkan untuk dipakai ketika memasak. Selain berguna, tampilannya pun menarik.
9.      Aksesoris

hipwee.com

Selain bros, kain perca juga bisa dibuat sebagai kalung atau bando. Membuatnya pun cukup mudah dan tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan hasil yang cantik.
10.  Membuat motif pada kaos

sumber

Kain perca bisa digunakan sebagai hiasan pada kaos. Kita bisa menambahkan nama atau karakter lucu supaya lebih menarik.
11.  Sarung bantal

sumber

Pernah melihat sarung bantal unik dari kain perca? Memang butuh ketelatenan, tapi hasilnya sungguh memuaskan.
12.  Tirai

sumber

Kain perca bisa digunakan sebagai hiasan pada tirai kamar anak-anak. Kerjakan dengan perlahan supaya hasilnya rapi, dan tirai cantik siap menghiasi kamar mereka.
13.  Buku kain

sumber

Nah, buku kain ini menarik sekali. Kita bisa membuat buku yang bukan sekadar buku. Dulu, saya membuat buku kain sekaligus menambahkan permainan seperti gambar sepatu dan diberi tali, anak-anak bisa belajar mengikat tali sepatu dari buku itu, mencocokkan motif kain yang sudah saya bentuk seperti layangan, ada juga telepon yang bisa ditarik dan ditempelkan di telinga layaknya ketika bermain telepon mainan. Nah, buku kainnya nggak sekadar jadi buku biasa, tapi bisa menjadi lembar aktivitas menarik buat anak-anak.
14.      Bunga kain

sumber

Bunga-bunga cantik ini memang tidak mudah membuatnya, tapi melihat tampilannya, sungguh hati jadi ikut berbunga-bunga, ya



Sebenarnya, masih ada lebih banyak lagi kreasi kain perca yang bisa dibuat. Tapi, 14 kreasi di atas sudah cukup mewakili. Bagaimana, adakah yang menjadi pilihan menarik buat teman-teman?

32 comments:

  1. Kalo di tangan orang kreatif dan bisa jahit,ksin perca bisa jadi apa aja

    ReplyDelete
  2. Bagus ya kalo buat souvenir2 gitu
    apa lagi buat nikahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, lucu banget kalau buat sovenir, apalagi kalau bikin sendiri..biar hemat..hehe..soalnya barang kerajinan tangan biasanya harganya lumayan tinggi walau dibuat dari bahan sisa...

      Delete
  3. Ya ampun unyu-unyu semua kreasi itu..Aku pernah bikin bunga waktu sekolah dulu Mbak, tugas pelajaran ketrampilan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, jadi pengen bikin-bikin...

      Delete
  4. dulu pas ngajar di kelas pernah praktik buat bros
    yah spt biasa yg negrjain emaknya hehe
    tapi lucu2 sih jadinya malah akhirnya jadi pameran hasil karya emaknya anak2
    aku tertarik buat buku kain,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...jadi anaknya cuma jadi penonton aja yaa.. :D

      Delete
  5. wahhh idenya banyak di kepalaku, buat hiasan dinding juga bisa mbak, nah masalahnya aku enggak bisa gunting kain dan jahit hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ya. Semacam lukisan dari perca juga lucu. Pernah lihat lukisan dari manik2 dan pita, cakep banget...hehe,

      Delete
  6. Zamannya kuliah aku suka bikin kerajinan dari kain perca mba buat dijual. Tapi sekarang beralih hobby. Hehe

    ReplyDelete
  7. Waaak jadinya keren ya mbak .. cobanya akunya pinter jahit pengen deh mengisi waktu luang dengan bikin kerajingan tangan kayak gitu...heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua pinter jahit kok mbak, cobain aja deh..saya dulu belajar menyulam juga dari hasil lihat2 buku gitu.. :)

      Delete
  8. semuanya cakep2 mbak.....wah aku juga suka jahit mbak

    ReplyDelete
  9. Lucu dan kreatif banget jadi envy deh gak bisa jait hehe males

    ReplyDelete
  10. Bagus bagus mbak muyas, jadi ingat pernah buat keset dari kain juga.
    Buat selimut enak nih, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren ya pernah buat keset juga... :)

      Delete
  11. lucu-lucu ya... dulu juga senang membuat kerajinan walau sederhana dari kain. berhubung aku ga bisa jait dan capek jait tangan, akhirnya berhenti deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum punya mesin jahit, saya menjahit semuanya dengan tangan, mbak. pernah saya menjahit baju, tas juga..hehe. Dan ibu saya dulunya juga gitu zaman di pesantren, sampai beliau terima jahitan baju dan itu pakai tangan... :D

      Delete
  12. Luar biasa, bisa dikreasikan buat apa aja ya, Teh. Terlebh bagi tangan-tangan mereka yang kreatif..
    Aku pribadi lebih suka untuk sarung bantal..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, jadi cantik hasilnya..meskipun kalau saya buat nggak secakep itu juga sih..hehe

      Delete
  13. Cita-citaku dari dulu pengen bisa bikin quilting, sampe sekarang belum keturutan 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, kayak agak rumit juga sih ya mbak quilting itu, tapi emang kalau lihat karya orang cakep2 banget..jadi sukaa..

      Delete
  14. Yampunn...perca aja bisa sekeren ituh ....kalau nggak ditangan orang kreatif mah perca jadi gombalan lap ompol aja mbakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, bener mbak..jadi kain lap yaa..:D

      Delete
  15. Lucu2 semua mba, yang menarik buku kainnya tuh. Bisa buat belajar anak2.
    Kalau selimut, jadi inget neneknya suami yang suka bikin selimut dari kain perca hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik yaa mbak bisa bikin selimut dari kain itu, dan adem juga dipakainya...

      Delete
  16. Celemeknya itu unyuuu banget Mbak, sukaaaaa 😍

    Klo orang kreatif mah, apa aja bisa disulap jadi sesuatu yg unik, keren dan pastinya bermanfaat deh.

    ReplyDelete