Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

10 Tips Mempercantik Dapur

Assalamualaikum…semoga kabar teman-teman sehat dan baik hari ini. Alhamdulillah, begitu senang mengisi blog sambil mengisi akun baru di UC news. Memang, katanya tulisan kita di blog bisa dipindah ke UC news, dan bukan termasuk plagiat asal dicantumkan saja sumbernya. Dan kebetulan kemarin sudah mencoba, tapi dipikir lagi, sebenarnya ada untungnya menulis tema lain antara di UC dengan di blog sendiri. Keuntungannya tentu saja supaya bisa konsisten menulis, supaya tulisannya lebih baik ketika semakin banyak praktik.

Dan, hari ini sebuah artikel tentang hiasan dapur dari talenan sudah terbit di sana. Dan di sini, saya mau berbagi inspirasi aja tentang bagaimana caranya mempercantik dapur kita. Ya, tentu saja jika dapur yang dimiliki di rumah bukan yang berkilau seperti di iklan atau di dapur-dapur para chef, ya!. Kalau sudah secantik itu, untuk apa juga dipercantik lagi, nanti malah diabet…he.

Saya termasuk orang yang suka membuat kerajian tangan. Bukan tukang jahit, tapi saya punya mesin jahit portable yang sering saya pakai untuk membuat barang-barang dari kain. Seperti boneka kain, buku kain, tirai dapur, penutup tudung saji atau menjahit baju sobek…he. Nggak banget yang terakhir.

Saya pikir, menarik jika kita bisa menghias dapur dengan kreasi sendiri. Zaman sekarang, dapur bukan lagi sekadar tempat memasak, sebab ada juga yang sekaligus dibuat sebagai ruang meletakkan meja makan. Tinggal bagaimana kita menata dan mengaturnya.

Kebetulan dapur di rumah saya lumayan luas sebab diletakkan di depan sejajar dengan ruang tamu. Ada jendela dan pintu langsung menuju ke luar. Jadi, ketika memasak, asap bisa keluar dan tidak berputar di dalam ruangan. Ketika ada tamu pun, saya bisa keluar lewat pintu dapur dengan mudah. Meskipun kenyataannya, saya jarang banget bukain jendela…he.

Nah, beberapa waktu lalu, paksu justru membongkar sisi tembok yang membatasi antara ruang tamu dengan dapur. Diberi frame kayu seolah itu jendela terbuka. Memang kesannya jadi semakin luas, tapi ketika ada tamu, saya agak susah juga ngumpetnya.

Selain mengatur cahaya serta warna cat dinding dapur, kita juga perlu menambah aksesoris yang menarik. Termasuk beberapa yang akan saya sebutkan di bawah ini.

1.      Tutup galon.
Sekarang, pembungkus galon begitu beragam. Termasuk yang diberi renda-renda hingga polos dan diberi tulisan. Pilih salah satu warna yang cocok dengan tema dapur kita, selain membuat cantik, penutup ini juga membuat galon air minum terlihat lebih bersih dan rapi.

sumber


2.      Tirai dapur.
Ini bukan tirai jendela atau pintu, ya. Tapi tirai penutup kolong dapur yang biasanya berdesakan segala macam perkakas dapur di sana. Membuatnya pun nggak susah. Kita juga bisa membelinya online sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Dan saya sudah mencobanya. lho!

sumber

3.      Menghias dinding dengan talenan.
Talenan itu punya banyak fungsi, bukan hanya sekadar dibuat alas buat memotong sayur. Termasuk dibuat hiasan dinding yang manis banget kalau diletakkan di salah satu sisi dinding dapur kita.

popeti.com


4.      Gunakan perkakas dapur seperlunya.
Singkirkan barang-barang yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan. Kadang saya pribadi suka menumpuk barang sampai-sampai dapur menjadi penuh dan lemari isinya berantakan karena terlalu banyak yang disimpan. Sebaiknya, pilih yang diperlukan. Kita bisa menyimpan barang yang jarang dipakai di tempat lain misalnya di gudang supaya dapur mungil kita tidak terlalu berantakan.

food.detik.com


5.      Tepat memilih warna cat.
Pilihlah warna-warna kalem yang sesuai dengan warna dinding ruang lainnya. Pemilihan warna juga tergantung selera, tapi akan jauh lebih bagus jika tidak terlalu mencolok warnanya.
6.      Lemari terbuka.
Membuat lemari terbuka di salah satu sisi dinding, akan membuat dapur kita jadi lebih cantik. Selain mudah, lemari seperti ini juga cocok untuk dapur mungil kita. Letakkan beberapa barang seperti pot bunga kecil yang sesuai, piring atau cangkir yang cantik.

sumber

7.      Pilih perabot dapur dengan warna yang serasi.
Pilihlah perabotan yang memiliki warna seragam supaya dapur kita lebih cantik. Jika tutup galon berwarna biru, kita bisa menggunakan lap tangan dengan warna senada.
8.      Ganti keran air Anda.
Selain untuk mempercantik dapur, kita juga harus mempertimbangkan bahan keran yang kita pilih. Jangan sampai mudah rusak dan akhirnya harus sering diganti.

sumber

9.      Letakkan tanaman sebagai pemanis.
Mimpi saya, ingin sekali ada sebuah rak yang ditanami beberapa jenis sayuran dan diletakkan di dapur. Ini benar-benar sesuatu yang pengen banget saya wujudkan. Rasanya dapur jadi segar dan asyik juga memetik sayuran hasil menanam sendiri.

Rooang.com

10.  Punya jendela.
Ketika masih di kampung, sisi kanan, kiri dan belakang rumah bisa kita jelajahi. Pintu dan jendela diletakkan di mana pun bukan masalah. Tapi, ketika saya tinggal dan menetap di Jakarta, saya jadi bingung, sebab sisi belakang rumah, kanan dan kiri mustahil diberi jendela atau kita bakalan diomelin sama tetangga…he. Buat saya, jendela dapur itu bukan hanya sekadar untuk membuang asap masakan dan kompor, tapi juga sebagai sumber cahaya alami dari luar, selain itu, jauh lebih aman jika dapur kita berhubungan langsung dengan udara luar.

sumber

 

Itulah beberapa tips yang sebagian sudah saya coba di rumah. Semoga tips ini bermanfaat... ^^
26 comments on "10 Tips Mempercantik Dapur"
  1. Replies
    1. Padahal setiap hari bakalan kotor lagi dan lagi, kecuali nggak pernah masak..hehe

      Delete
  2. Menghias dinding dengan talenan
    aku paling suka ruangan, apalagi dapur yang ada hiasan ini
    apalagi hisannya dari semacam biji2an gitu

    ReplyDelete
  3. saya jadi ingat, gambar calon rumah saya dapurnya ga ada jendelanya. tfs mbak, jadi ingin ngubah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, sama2 mbak, semoga lekas jadi yaa rumahnya..Amiin

      Delete
  4. Asyik bgd nih mbk. Pgn praktekin jg ah caranya. Tengkiu sharenya yak

    ReplyDelete
  5. Kaya nya kalo pynya dapur cantik, gak akan dipake masakšŸ˜šŸ˜

    ReplyDelete
  6. Dapur di kost ku berantakan hahaha
    rapih sehari besok udah berserakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua dapur kayaknya juga begitu mas. Namanya juga dipakai setiap hari...kalau terlalu rapi justru mencurigakan, kayaknya nggak pernah dipakai masak dapurnya..hehe

      Delete
  7. Dapur rumah saya kecil dan gak ada jendelanya. Jadi dapurnya harus dilengkapi dengan exhaust yang menyerap aroma masakan biar gak kemana mana baunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dulu dapurnya ada di tengah...exhaust memang membantu sekali mbak kalau kondisinya seperti itu. Perumahan di sini hampir smeua dapurnya ada di tengah atau bahkan belakang banget. Pas renof paksu langsung milih bikin dapur di depan.

      Delete
  8. Kalo dapur rumahku pas deket pintu area belakang. Paling sering nata tanaman di pot kecil di dapur.

    ReplyDelete
  9. Dapurku berantakan, pengen deh dihias kayak di fotonya mba. Makasih tipsnya.

    ReplyDelete
  10. Thank you for sharing ya Mbaaa.

    Btw, komennya gak ada untuk name/url ya mba, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, justru begini nggak ribet buat yang komen, saya juga bisa langsung berkunjung kok ke blog teman-teman dengan klik namanya...salam kenal..terima kasih sudah berkunjung... :)

      Delete
  11. Waaah boleh yaa tulisan blog masuk uc news? Kirain kudu nulis di sana ajah...
    Dapurnya cantik...kudu telaten bersihinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapur memang bakalan kotor terus mbak, semua memang harus dirawat. seminggu sekali usahakan selalu membersihkan keseluruhannya..jadi nggak berat2 deh ngurusnya.

      Delete
  12. Kalau aku sih dapur bersih aja udah seneng banget hehehe yang penting ga berdebu dan bersemut. Btw aku hiasi dapurku dengan telenan decoupage buatan sendiri loh, lumayan lah ada juga buatan anak2ku :) Tq infonya menarik sekali.

    ReplyDelete
  13. Hihiiii...bunda hanya sendiri di rumah, jadi biar gak terlalu capek pilihan hanya terletak pada warna kitchen-set (kitchen cupboards) aja, kalo udah bosan ya warnanya diganti. Penataan ruangan, rumah kecil mungil hanya yang sederhana aja -- hiasan foto-foto dengan background pot-pot tanaman Sansevieria yang pengisap polutan itu di ruang tamu/keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pastinya cantik sekali membayangkannya, Bun.. :)

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature