Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Roti Empuk dan Kokoh


Assalamualaikum teman-teman…sebenarnya saya suka bingung kalau mau mulai cerita pada resep-resep yang saya tulis di sini. Apalagi kalau resepnya roti. Kan udah banyak banget resep saya tentang roti. Palingan cuma beda isian aja, kan? Hm, tapi kali ini saya buat dengan resepnya mbak Nikmatul Rasidah. Kenal nggak? Saya juga nggak kenal sih..hehe. Awalnya dulu lihat resepnya di cookpad. Tapi googling ternyata banyak juga di youtube. Roti-rotinya cantik-cantik sekali.

Ini bukan pertama kalinya saya membuat roti dengan resepnya beliau. Awal-awal membuat roti pun saya sudah memakai resep ini. Hasilnya bagus, lembut dan kokoh. Nah, perbedaan dengan resep roti yang biasa saya pakai ada di sini. Kalau roti ini kokoh tapi tetap empuk sedangkan yang biasa saya buat cenderung empuk dan lembut banget sampai-sampai kalau saya pegang dia nggak balik lagi ke bentuknya yang semula..he.



Jadi semua tergantung selera aja. Kalau saya dan paksu lebih suka dengan resep biasanya karena suka yang sangat lembut. Tapi beberapa orang juga lebih suka yang kokoh dan tetap empuk. Hayoo, pilih mana? Kalau saya pilih yang udah mateng aja…he.

Bahan:
550gr terigu serbaguna
7gr ragi
300ml susu cair hangat
1 butir telur + 1 kuning telur (Total kurang lebih 90gr)
80gr gula pasir
50gr butter atau margarin
1 1/2sdt garam

Cara membuat:
1.      Campur 100ml susu hangat dengan 1sdm gula pasir dan 7gr ragi. Aduk rata dan diamkan sampai berbusa.
2.      Campur semua bahan sisa kecuali butter dan garam. Masukkan campuran ragi. Uleni sampai kalis.
3.      Masukkan butter dan garam. Uleni sampai kalis elastis.
4.      Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam atau sampai mengembang dua kali lipat. Biasanya tergantung suhu. Kalau cuaca dingin akan lebih lama lagi proofingnya.
5.      Tinju adonan dan uleni sebentar untuk membuang udara. Bentuk dan beri isian sesuai selera, ya! Untuk resep ini saya beri isian coklat.
6.      Diamkan lagi sekitar satu jam. Jangan lupa setiap kali proofing, tutup adonan dengan lap bersih atau wrap supaya tidak kering.
7.      Panaskan oven 10 menit sebelum digunakan. Saya pakai suhu 180’C atau sesuaikan dengan oven masing-masing.
8.      Panggang kurang lebih 20 menitan api atas bawah. Saya sarankan cek dulu seperti apa ovennya. Ada yang panasnya tinggi banget, ada juga justru lebih rendah meski dalam suhu sama. Jadi, penting sekali mengenali ovennya supaya matangnya pas.
9.      Setelah keluar dari oven, olesi atasnya dengan butter atau margarin.

Setelah proofing kedua dan siap panggang

Hasilnya setelah dipanggang


Gampang, ya? Selalu ini yang saya katakan di akhir sebuah resep…he. Sebenarnya membuat roti itu nggak susah. Asal tahu caranya insya Allah semua orang bisa bikin roti. Kalau gagal mungkin ngulennya kurang kalis, mungkin takarannya tidak pas atau memanggangnya terlalu lama atau justru  malah kurang. Memang semuanya butuh belajar. Termasuk juga saya kadang masih mentah bagian bawahnya kalau ganti loyang lain yang belum pernah dicoba…he. Resep ini hasilnya sangat banyak, ya. Satu loyang yang di foto hanya sebagian kecil saja. Sisanya masih banyak lagi.


Insya Allah next saya tuliskan resep roti empuk 1 kali proofing yang cocok banget buat pemula dengan takaran sedikit. Jadi kalau gagal pun nggak baper-baper amat, ya…^^ 

Baca juga resep Donat Empuk NCC
4 comments on "Roti Empuk dan Kokoh"
  1. Bunda seneng masak ya dan bahkan pinter masak. Soalnya ceritanya yang terakhir tentang masakan juga. Apa blognya bernich masakan bun? 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..belakangan memang suka masak mbak..isinya blog memang jadi ramai sama masakan karena nggak mau buat blog dua. Nggak bisa pilih juga antara memasak atau menulis..yang jelas dua-duanya menyenangkan..he.

      Delete
  2. Saya juga beberapa kali liat youbtubbak rosida, tapi seringnya pake resrp mbak tintin rayner...sneng ya bisa bikin rotibrotian sendiri, apalagi anak pada smangat mkannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ci Tintin memang jagonya baking ya mbak, saya juga pengikutnya ci Tintin sejak awal belajar masak.. ^^

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature