Roti Empuk ala Killer Soft Bread

Isian sosis


Alhamdulillah, resep ini merupakan salah satu resep pertama yang membuat saya sukses jadi tukang roti…he. Gimana nggak, selama beberapa kali saya selalu gagal saat membuat roti. Entah itu bantat, keras dan lain-lain. Dan resep ini cocok banget buat pemula yang baru belajar membuat roti. Buatnya nggak susah, proofingnya cuma satu kali dan yang jelas ini enak banget lho.

Roti ala killer soft bread ini sempat ramai banget diperbincangkan karena hasilnya yang empuk dan prosesnya yang lebih singkat. Untuk santan boleh diganti dengan susu cair. Sesuai selera saja. Dan yang membuat roti ini jadi jauh lebih gampang ya karena ini hanya pakai setengah resep saja. Jadi, kalaupun mengulen dengan tangan tentu tak akan kelelahan apalagi sampai kekar. Kalau gagal? Setidaknya nggak akan baper amatlah, yaaa…he

Tapi insya Allah ini jauh lebih layak dicoba bagi pemula ketimbang resep-resep sebelumnya yang jumlahnya hmm lumayan banyak juga. Untuk isiannya boleh menyesuaikan dengan selera. Pertama tahu resep yang ini dari Teh Eis Deja di Cookpad. Dan beberapa kali nyoba, jadi resep andalan pula. Alhamdulillah selalu sukses dan semakin ke sini semakin percaya diri untuk membuat roti yang jauh lebih banyak takarannya.




Yang pernah gagal jangan menyerah ya. Ini hanya soal waktu saja. Kegagalan itu akan berbuah manis, usaha itu pun tentu tak akan mengingkari hasil. Jadi ceramahkan emak-emak jumat pula…he.

Bahan:
130gr terigu cakra
30gr gula pasir
2gr ragi atau 1/2sdt ragi
1 kuning telur
65ml santan hangat (kara + air hangat)
20gr butter atau margarin
Sejumput garam

Cara membuat:
1.      Campur semua bahan kecuali butter dan garam. Uleni sampai rata atau kalis. Masukkan butter dan garam. Uleni sampai kalis elastis.
2.      Bentuk adonan sesuai selera. Beri isian atau tanpa isian pun oke. Tutup atasnya dengan lap bersih atau wrap. Diamkan sampai mengembang 2x lipat atau sekitar 40-60 menit. Tergantung suhu juga. Kalau cuaca dingin biasanya akan lebih lama mengembangnya. Solusinya bisa cari tempat yang lumayan hangat seperti di dekat atau di atas kulkas dan tempat hangat lain di rumah.
3.      Panaskan oven 10 menit sebelum digunakan. Panggang sampai matang. Biasanya saya pakai suhu 180’C atau sesuaikan dengan oven masing-masing ya.
4.      Setelah matang keluarkan dari oven, olesi atasnya dengan butter atau margarin. Hasilnya? Tetap lembut walau hanya sekali proofing.

Foto-foto lama karena sekarang sudah jarang pakai resep yang ini. Buat pemula yang takut-takut gagal ketika ingin membuat roti, saya sarankan resep ini buat dicoba. Untuk roti sosis saya kurangi takaran gulanya supaya tidak terlalu manis dan pas buat isiannya yang gurih. Selamat mencoba, ya ^^

Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post #ODOPOKT5 bersama Blogger MuslimahIndonesia.


Baca juga resep Roti Empuk Isi Sosis

12 comments:

  1. Kalau lihat hasilnya begini, nggak percaya Mbak Muyass pernah gagal kwkwkw:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, seperti membuat artikel, pastinya harus sering dilatih kan..hehe. Mbak bisa aja.. ^^

      Delete
  2. wha... yummy yummy banget ini mba. Andai aku setelaten Mba Muyas. huhuhu. selama ini beli terus ga pernah bisa bikin. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, hayuuk bikin sekali dua kali jadi ketagihan... ^^

      Delete
  3. Belum pernah nyaba bikin roti tapi setelah lihat postingan ini jadi pengen, *pengen makan rotinya hehe rotinya keliatan empuk banget bolehlah kapan waktu saya coba bikin roti sy sesuai resepndari mbak Muyas ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..hayyuk mbak dicoba..Mudah kok insya Allah.. ^^

      Delete
  4. waaaahhh.. jadi pengen segera eksekusi.. thank mbak resepnya

    ReplyDelete
  5. Penampakannya menggoda sekali, Mbak.Sudah ahli sepertinya. Kalau pakai open tangkring bisa nggak, Mbak?he... �� slam kenal, Mbak Muyas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak, foto-foto itu semua masih pakai oven tangkring..biasanya roti saya taruh bawah dengan api sedang cenderung besar (Tes ovennya masing2) lalu saya pindah ke atas ketika sudah mau matang..dicoba-coba mbak gimana gaya ovennya..nanti ketemu deh enaknya... ^^

      Delete