Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Maksimalkan Penggunaan Kamera Android untuk Kebutuhan Nge-Blog

Contoh foto dengan kamera android


Panjang sekali judulnya, yaa. Saya hanya ingin sekadar sharing tentang pengalaman menggunakan kamera android untuk kebutuhan nge-blog selama ini. Alhamdulillah, punya handphone yang biasa saja, merek juga biasa saja dan sayanya juga biasa saja :D

Tapi, eits tunggu dulu. Tentu saya tidak mau nge-blog dengan foto-foto yang biasa saja apalagi asal. Kecuali kalau kita sengaja mengambil di pakde Google ya, pastilah sudah bagus karena itu sudah dari sananya. Tapi bagaimana dengan foto-foto pribadi yang ingin kita tampilkan di blog sedangkan kita bukan seorang fotografer berkalung DSLR? Misalnya saja ketika saya harus memasukkan foto-foto makanan, tentu saya banyak jungkir baliknya juga di belakang layar terlebih ketika anak-anak juga ingin ikutan eksis dengan memasang mainannya juga di beberapa piring yang telah saya tata. Rasanya ingin nangis dua hari dua malam :D

Tapi saya suka melakukannya. Maka saya coba segala cara ala saya sendiri untuk memaksimalkan penggunaan kamera handphone sebagai modal memperkenalkan resep masakan yang telah saya praktikkan.

Lalu apa sih yang saya lakukan supaya foto-foto yang saya tampilkan di blog bisa nyaman di lihat orang lain?

1.      Saya sering meniru gaya orang lain mengambil gambar. Tentu banyak sekali teman-teman senior yang masakannya begitu enak dilihat plus fotonya pun cakep sampai tujuh turunan..he. Nah, saya lihat bagaimana dia menata makanannya, di mana dia meletakkan lap dan seperti apa mereka menaruhnya, apakah diluruskan, dibuat alas atau hanya diperlihatkan ujungnya saja?
2.      Pakai alas polos yang netral. Entah pakai putih atau hitam polos, hasilnya akan jauh lebih bagus ketimbang hanya kita taruh di atas lantai. Hm, benar, ya? Kadang karena terburu-buru atau tidak punya waktu, kita jadi sembarangan mengambil gambar. Sayangnya, hasilnya akan membuat masakan terlihat biasa saja dan kurang lezat. Yuk, coba sedikit ditata meski hanya dengan barang sederhana.
3.      Pakai sumber cahaya tambahan. Biasanya saya memakai cahaya matahari yang masuk ke rumah saat siang hari dan ketika malam, saya memilih memakai senter atau lampu tidur. Jadi, tangan kiri memegang senter (karena asistennya riweh sendiri; baca anak-anak) dan tangan kanan memegang handphone. Silakan deh bergaya ala fotografer sampai jungkir balik untuk dapat foto terbaik. Jangan pelit-pelit saat ambil gambar, ya. Jepret sebanyaknya. Kadang ketika sudah mau selesai, justru posisi terbaiknya baru saya dapatkan. Nanti setelah selesai bisa kita pilih dan hapus yang tidak diinginkan.
4.      Membuat mini studio dari barang bekas. Aduh, niat banget, ya? Iya, dong..hihi. Saya sering melihat di youtube bagaimana orang-orang mengambil gambar dengan kamera handphone dan ketemulah mini studio dari kardus bekas yang ternyata hasilnya sangat lumayan jika digunakan di dalam ruangan. Bagaimana cara membuatnya? Silakan cari sendiri, yaa…^^
5.      Pakai aplikasi edit foto. Jangan malas mengedit foto yang telah kita ambil, berikan tambahan nama dan edit sehingga hasil foto kita bisa terlihat jauh lebih cerah, lebih terang dan warnya akan jadi lebih bagus. Kita bisa melihat-lihat berbagai macam aplikasi edit foto menarik di playstore.

Contoh foto dengan mini studio

contoh foto dengan mini studio


Bagaimana, mudah, ya? Beberapa cara di atas sudah saya lalukan hampir setiap hari dan alhamdulillah, hasilnya lumayan ketimbang hanya asal foto dan jepret saja. Yuk, maksimalkan penggunaan kamera android kita!

#ODOPOKT21

Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Blogger Muslimah Indonesia
6 comments on "Maksimalkan Penggunaan Kamera Android untuk Kebutuhan Nge-Blog"
  1. cakep2 fotonya, mba Muyas. Aku juga mau belajar ah poto2. Agak susah keknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah tabarakallah, gampang kok mbak..kalau dapat cahaya bagus insya Allah fotonya jadi terang, edit2 sedikit jadi deh ^^

      Delete
  2. Makasih tips-nya Mba.. saya nih, niat dari kapan tahu mau buat mini studio sampe skrg blm kesampaian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak, yuk bikin, lumayan juga hasilnya lho ^^

      Delete
  3. Ih ... Keren. Aku masih belajar edit foto ini. Boleh nih dicoba tipsnya mbak ^^

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature