Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Kapan Mulai Menabung Untuk Haji?

sumber


Haji merupakan rukun islam kelima. Melaksanakan ibadah haji hukumnya wajib bagi orang yang mampu. Mampu dalam artian tidak menunggu kaya raya tapi diusahakan dalam doa dan ikhtiar.

Kisah inspiratif datang dari seorang tukang becak bernama Nunu Siswanto dari Tasikmalaya. Setelah menabung sekitar 7 tahun, akhirnya dia bisa berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini bersama sang istri yang berprofesi sebagai seorang buruh.

Kegigihan Nunu menabung untuk berangkat haji juga dibarengi dengan doa orang-orang di sekitarnya. Sehari-hari dia hanya bisa mengumpulkan 20 sampai 30 ribu saja perhari. Bersyukurnya, sang istri mampu mengelola keuangan dengan sangat baik sehingga uang tabungan untuk berangkat haji pun bisa tercukupi meski mereka harus membiayai kebutuhan sehari-hari dan membayar uang sekolah anaknya.

Rupanya Nunu tidak pernah memasang tarif saat menarik becak. Dia ikhlas dengan upah yang diberikan oleh pelanggannya. Beberapa penumpangnya juga selalu mendoakan supaya dia bisa naik haji. Masya Allah, Allah kabulkan doa orang tua serta penumpangnya. Kegigihan Nunu membuahkan hasil.

Berkaca dari kisah Nunu Siswanto, berangkat haji tidak menunggu banyak uang. Tidak perlu uang puluhan juta dulu untuk niat berangkat haji. Bahkan mungkin uang puluhan juta itu belum tentu akan datang. Maka yang ada pun bisa segera ditabung dan diniatkan untuk berangkat haji.

Masa tunggu haji semakin tahun semakin panjang. Lantas kapan idealnya membuka tabungan haji? Salah seorang pegawai dari sebuah Bank di Indonesia mengatakan bahwa usia 10 tahun merupakan usia ideal untuk membuka tabungan haji. Jadi, tidak perlu menunggu tua untuk segera berangkat. Tapi sayangnya, masih banyak yang belum tergerak untuk segera membuka tabungan haji.

Beberapa beralasan bahwa haji itu hanya untuk orang yang mampu. Sedangkan dirinya masih banyak sekali tanggungan dan masih merasa belum mampu menabung untuk haji. Padahal, Nunu yang serba kekurangan saja bisa menyisihkan sedikit demi sedikit uangnya untuk berangkat haji, bukannya Nunu tidak banyak tanggungan, tapi hatinya teguh dan benar-benar berniat ingin berangkat haji. Maka ketika niat itu ada di dalam hati, insya Allah dimudahkan oleh Allah.

Menabung haji tidak menunggu punya uang 50 juta. Bahkan seribu sehari pun bisa dikumpulkan. Sayangnya tidak banyak yang memperhatikan kewajiban yang satu ini. Entah kurang memahami makna dari ‘mampu’ yang merupakan syaratnya naik haji atau memang abai.

Jika melihat kisah Nunu, maka sudah bisa ditebak akan ada lebih banyak yang di atas Nunu, yang lebih mampu menabung, yang lebih banyak penghasilannya, yang lebih ringan tanggungannya.

Menabung haji butuh niat, bukan hanya sekadar punya uang. Yang punya uang pun belum tentu mau lekas membuka tabungan haji dan mendaftar. Jadilah salah satu orang yang seteguh Nunu, yang dalam kekurangannya tetap memikirkan dan mengusahakan demi melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim. Semoga kita bukan termasuk salah satu yang lalai, yang punya tapi masih merasa tidak mampu untuk segera menunaikan ibadah haji.

Buka tabungan dulu, kumpulkan uangnya, ketika niat itu ada, maka Allah yang akan memudahkannya, insya Allah!


Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Blogger Muslimah Indonesia
3 comments on "Kapan Mulai Menabung Untuk Haji?"
  1. Menabung untuk haji jika diniatkan pasti bisa.
    Kadang yang sedih..jika haji biasa (bukan haji plus) terakhir mendaftar masa tunggunya 15 tahun..lamanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, memang sangat lama bahkan akan bertambah lama. Tapi ketika sudah membuka tabungan, dapat kursi dan tinggal menunggu masa tunggu yang bermasalah sangat panjang di negara kita, insya Allah itu sudah bikin lega. Kalau kata pak ustadz sih udah bukan salah kita kalau kita ga berangkat, udah gugur juga

      Delete
  2. Oh iya yah,seringkali kita salah persepsi,padahal haji kan wajib, Rukun Islam. Terima kasih mbak, sudah diingatkan untuk mulai menabung haji.

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature