DIY Homemade Play dough

sumber


Assalamualaikum, kali ini saya mau sharing tentang salah satu permainan yang disukai anak-anak termasuk anak saya juga. Hm, sebenarnya foto-fotonya sudah hilang semua, hihi. Tapi saya masih ingat pernah membuat play dough ini dari resepnya mbak Nikmatul Rasidah di Cookpad.

Biasanya saya pribadi tidak suka membeli play dough yang di jual. Alasannya karena kalau yang murah, bahannya terlihat sangat tidak aman buat anak-anak apalagi yang masih dalam fase oral atau memasukkan semua benda yang dipegangnya ke dalam mulut. Kedua, kalau yang bagus, harganya pun tidak murah. Rasanya sayang sekali kalau hanya buat diuyel-uyel (bahasa mana? :D) harus mengeluarkan uang lebih. Ujung-ujungnya dibuang pula. Sayang banget, kan?

Nah, pas ketemu resep ini, saya bahagia tak terkira. Ternyata bahan-bahan yang digunakan terbuat dari bahan makanan yang aman dan ramah buat anak serta aman juga buat kantong emaknya *eaaa. Meskipun aman, tidak disarankan juga ya, dimakan. Sebaiknya masuk resep roti saya aja, supaya bisa makan roti sekalian ^^.

Bermain play dough ini banyak sekali manfaatnya, lho. Terutama untuk melatih motorik halus. Dengan permainan sederhana ini, anak-anak bisa belajar mengenal bentuk, mengenal warna serta aroma (jika kita mau menambahkan aroma buah yang aman ke dalam adonan play dough).

Selain itu, bermain play dough juga mengasah kreativitas si kecil. Mereka bebas berkreasi sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Bahan:
300gr terigu serbaguna
325ml air
25gr baking soda
50gr garam
30ml minyak goreng
Secukupnya pewarna makanan

Cara membuat:
·        Rebus sampai mendidih air, baking soda, minyak serta garam.
·        Tuang ke dalam terigu. Aduk rata dengan sendok dan nantinya adonan akan menjadi matang.
·        Bagi menjadi beberapa bagian. Beri beberapa tetes pewarna makanan. Uleni sampai rata, ya.
·      Siap dimainkan. Jika tidak dipakai sebaiknya masukkan ke dalam plastik dan simpan pada suhu ruang.

Nah, permainan ini nggak cuma disukai anak perempuan saja, yang cowok pun suka sekali bermain play dough. Mereka bisa membuat bentuk yang mereka inginkan. Bisa menggunakan cetakan kecil, bisa dipotong-potong atau digunting. Dan yang lebih menyenangkan, bahannya aman karena terdiri dari bahan makanan yang aman dikonsumsi. Gimana? Menarik, yaa…Selamat mencoba, yaa moms!

#ODOPOKT23

Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Blogger Muslimah Indonesia

4 comments:

  1. Anak yang gede sudah nggak tertarik lagi main dough..Yang kecil, masiiih. Dan itu belinya pakai uang, tapi cuman diuyel-uyel..kececeran akhirnya kesapu dan dibuang...hhh. Kalau bikin sendiri pasti lebih hemat.

    Makasih DIY play dough nya Mbak Muyas:)

    ReplyDelete
  2. Ini anakku yg bungsu, yg msh 1.5 thn,yg msh seneng main playdough :p. Kakanya udh ga tertarik.. Tp slama ini aku blm prnh coba bikin sendiri mba. Ntr deh kapan2 kalo cuti :) . Lumayan bisa menghemat banyak, soalnya anakku jg suka ngebuaang playdoughnya. Ato kdg dicampur jd satu warnanya, dan berubah jd butek ga jelas hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya lumayan hemat banget ini mah...selamat mencoba ya mbak.. ^^

      Delete