Crispy Crepes



Assalamualaikum…ternyata saya belum posting resep crispy crepes ini, ya di blog. Mungkin ini adalah salah satu dari rencana yang tertunda…he. Saking lamanya sampai lupa. Kali ini saya mau share resepnya. Semoga ibu-ibu bisa mencobanya di rumah. Dengan bahan sederhana yang mudah kita temukan di rumah dan yang pastinya lebih sehat karena tanpa baking powder.

Biasanya penjual crepes ini mudah sekali kita jumpai di mall, ya. Ukurannya besar dan membuatnya menggunakan alat khusus. Buat emak-emak seperti kita nggak perlulah sampai beli alat seperti itu, ya. Udah kayak mau dagang crepes ajakan…hehe. Lalu pakai apa dong? Sebenarnya bisa sekali dengan wajan kwalik. Ini memang wajan khusus untuk membuat crepes atau kulit risoles juga bisa. Sayangnya, nggak semua orang punya juga termasuk saya.

Nah, awalnya saya nggak sengaja nih menemukan resep crepes ini di aplikasi Cookpad. Resep ini punya mbak Laily Ramdhani. Resepnya mudah karena hanya pakai takaran sendok. Sayangnya setelah saya lihat caranya di youtube dan di resepnya, adonan ini harus ditipiskan dengan stik eskrim. Itu artinya akan ada lebih banyak adonan terbuang. Kalau penasarn bisa lihat di youtube banyak cara membuat crepes dengan ditipiskan dan membuang sebagian adonan di teflon tujuannya supaya lebih tipis.

Kita sebagai emak-emak pantang banget kan buang bahan. Selain memang sangat tidak dianjurkan dalam agama, hal ini juga merupakan bentuk dari pemborosan…*halah. Dengan tetap memakai teflon biasa, diharapkan semua ibu-ibu bisa mempraktekkannya di rumah. Caranya? Pikir dulu…tik..tok..tik..tok..AHA!

Caranya ternyata termasuk mudah saja. Saya coba menyapu adonan dengan kuas di atas teflon supaya hasilnya tipis merata. Tapi yang perlu diingat, gunakan kuas yang halal ya, Bu. Karena sebagian kuas meragukan kehalalannya. Memang memakai kuas dengan bulu lembut itu akan sangat tipis, tapi ragu karena setahu saya itu tidak halal. Jadi saya pakai kuas silicon seperti ini…

sumber

Tips membuat crispy crepes ini adalah pakai api kecil saja supaya keringnya merata, melipat atau menggulungnya jangan menunggu sampai kecoklatan sekali, cukup sampai agak coklat, beri isian kering kalau mau crepes bertahan crispynya sampai besoknya asal masukkan dalam toples, dan sapukan kuasnya dengan cepat dan rata ya. Terakhir coba latihan nanti ketemu deh gimana enaknya.

Ini dia resep ajaibnya! Resep ini hasilnya lumayan banyak, lho! Beberapa orang yang recook juga sempat share kalau crepesnya dijual. Lumayankan buat tambahan jajan dan tentunya anak-anak paling suka dengan jajanan satu ini. Dalam resep ini saya buatkan takaran airnya yang pas karena sebelumnya resepnya tidak dijelaskan takaran airnya. Yuk, dicoba…

Salah satu yang me-recook dan dijual


Bahan:
8sdm tepung beras
4sdm tepung maizena
2sdm tepung terigu serbaguna
6sdm gula pasir
1 butir telur
1 bungkus kecil vanili
1 sachet susu bubuk
120ml air
Sejumput garam

Cara Membuat:
1.      Campur semua bahan jadi satu. Aduk dengan wisk sampai rata dan tidak bergerindil.
2.   Panaskan teflon dengan api kecil. Sapukan adonan dengan kuas sampai rata. Biarkan sampai agak kecoklatan. Beri isian dan segera lipat atau digulung sesuai selera.
3.      Angkat dan sajikan.




Untuk isiannya bisa menggunakan apa saja seperti pisang, keju atau mesis coklat. Semua sesuai selera saja ya, bu. Tapi kalau mau disimpan dan krispi sekali, memanggangnya harus benar-benar sampai kering dan isiannya bisa pakai mesis saja. Kalau mau lihat foto step by stepnya yang lengkap boleh intip di akun cookpad saya Resep Crispy Crepes. Selamat mencoba, semoga bisa menjadi inspirasi untuk camilan dan kegiatan bersama si kecil saat liburan…^^ 

Baca Juga resep Donat Empuk NCC

10 comments:

  1. Waini.. Seneng bgt nih nemu resep camilan favorit sekeluarga. Simpen dulu ah. Terimakasih ya sudah berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak...silakan dicoba.. :)

      Delete
  2. Wah saya suka crepes. Mau nyoba tapi ya itu tidak punya alatnya. Kalau kuas sih punya. Jadi pengin nyoba resepnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk mbak dicoba, cuma butuh teflon dan kuas..mudah kok.. :)

      Delete
  3. Wahhh pengen coba tp kayanya kudu beli tepung beras dulu

    ReplyDelete
  4. Wah bunda, ternyata bahannya gampang ya n masaknya ga ribet. Tapi aq klo masak pake kompor listrik. Bisa ga ya. Harus aq cobain dulu nih 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja dulu mbak... saya tidak bisa menjawab karena belum pernah pakai kompor listrik...

      Delete