3 Varian Isian Roti yang Patut Anda Coba di Rumah

Isian Keju Susu Manis


Assalamualaikum…alhamdulillah kali ini saya ingin berbagi resep beberapa jenis isian roti yang patut kita coba di rumah. Buatnya gampang dan tentu saja hasilnya enak! Sering bikin roti seperti saya atau sedang suka coba-coba membuatnya di rumah? Bagaimana membuat isiannya? Apakah pakai selai yang sudah jadi dan sering kita beli di supermarket atau membuatnya sendiri?

Membuat isian roti selain selai itu mudah saja, lho. Bagaimana kalau kita coba mulai dari keju susu yang manis seperti isian roti zaman dulu, kacang hijau lembut yang manis, dan dulche de leche yang rasanya mirip dengan jenis permen karamel yang enak itu. Hm, gimana, sudah mau coba sekarang?

Isian Roti Keju Susu Manis
Bahan:
100gr terigu serbaguna
100gr gula pasir
100gr keju parut
50gr susu bubuk
50gr butter atau margarin

Cara membuat:
1.      Sangrai tepung terigu serbaguna sampai ringan dengan api kecil. Lakukan sekitar 10 menit. Sering diaduk supaya tidak gosong. Matikan api.
2.      Setelah tidak terlalu panas, masukkan keju, susu dan gula. Campur rata.
3.      Masukkan butter dan campur rata dengan meremasnya sedikit sampai bergerindil.
4.      Siap dipakai sebagai isian roti atau simpan dalam wadah tertutup serta masuk kulkas.


Dulche De Leche

Isian Roti Dulche De Leche
Bahan:
1 atau 2 kaleng susu kental manis
Secukupnya air untuk merebus
Secukupnya niat yang kuat serta kesabaran ^^

Cara membuat:
1.      Lepaskan label susu kental manis dan cuci kalengnya sampai bersih. Jangan sampai bocor atau penyok, ya.
2.      Masukkan kaleng susu ke dalam panci dan isi air sampai kaleng terendam seluruhnya.
3.      Nyalakan api kecil saja dan tutup. Ingat, ketika air menyusut, kita harus menambahkan air panas lagi. Sebab, kalau airnya kurang dari tinggi kaleng susu, konon katanya si kaleng bisa meledak. Nah, lho…he.
4.    Rebus sampai minimal 4 jam atau lebih kalau masih sabar merebusnya. Makannya saya sarankan, membuat selai jenis ini harus sekalian banyak. Minimal 2 kalenglah supaya tidak rugi gasnya juga. Benar, kan?
5.      Setelalah dingin, siap dibuat isian roti atau olesan roti pun boleh. Kalau tidak digunakan sebaiknya dimasukkan ke dalam kulkas.

Isian Roti Kacang Hijau
Bahan:
250gr kacang hijau
Secukupnya gula pasir
Sejumput garam

Cara Membuat:
1.      Rendam kacang hijau semalaman. Untuk menyingkat proses merebus nantinya.
2.      Cuci bersih kacang hijau dan rebus sampai empuk. Merebus kacang hijau yang sudah direndam tidak perlu menunggu terlalu lama karena cepat sekali empuknya. Jadi saran saya tes dulu, kalau sudah empuk segera matikan api. Kemarin saya buat, tidak perlu menunggu kulitnya lepas dan biji kacang hijau pecah sudah empuk.
3.      Haluskan dengan food processor supaya tidak memerlukan air.
4.      Taruh di atas teflon yang sudah dipanaskan dengan api kecil. Aduk terus dan beri gula pasir serta sejumput garam. Tes rasa. Sesuaikan manisnya dengan selera, ya.
5.      Aduk terus sampai kacang hijau tidak berair dan mulai padat. Matikan api. Dinginkan dan siap digunakan sebagai isian roti atau boleh juga disimpan dalam wadah tertutup dan masuk kulkas.

Nah, itulah 3 jenis isian roti yang biasa saya buat. Kalau sedang rajin, sih…he. Kalau malas biasanya saya memilih keju oles atau coklat untuk isian roti. Gimana, mudahkan, ya? Selamat mencoba di rumah, ya! Happy weekend…^^

Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post #ODOPOKT6 bersama Blogger MuslimahIndonesia


10 comments:

  1. ANAK-ANAK LANGSUNG TUNJUK "KEJUUUUU!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...iyaa, ini enak kejunya maniis gurih gimana gitu ^^

      Delete
  2. Itu yg dulce le bla bla, udh lama liat ttg itu di postingan food bloggerx pertanyaanku, aman kah kaleng direbus lama gitu, mencemari makanan yg di dlm kalengnya ngga gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya aman aja ya mbak..biasanya kaleng2 itu juga direndam air panas saat produksi buat menghilangkan kuman-kumannya..setahu saya begitu. Tapi nggak tahu juga ya ^^

      Delete
  3. Hahahaha "niat dan kesabaran" >.<
    Jd pada intinya dulche de lece itu rebusan SKM gtu mbak?
    Harus bener2 dijaga ya supaya jgn sampai airnya berkurang dr tinggi kaleng.
    Btew kalau dah masuk kulkas bertahan brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum dibuka masuk kulkas bisa berbulan2 mbak..kalau udah dibuka mungkin nggak lama karena cepet abis *eh hehehe

      Delete
  4. ini enak bangeeeeet. mau coba eksekusi yg kacang hijau ahhhh

    ReplyDelete