Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Silky Pudding Jambu

Siapa yang nggak suka makan pudding lembut apalagi dalam keadaan dingin. Anak-anak hingga dewasa sudah pasti sulit menolaknya. Alhamdulillah, kemarin berkesempatan membuat sendiri silky pudding lembut ini. Rasanya bisa disesuaikan dengan selera, ya.


Sebelumnya, saya membuat silky pudding rasa coklat. Saya yang tulen pengguna cookpad mendapatkan resep andalan dari mba Sukmawati. Saya modifikasi sedikit. Hasilnya lumer di mulut. Disedot pun bisa. Jadi pudot dong, ya? Hehe.

Resep ini mudah banget. Sambil merem juga jadi, Mom. Hampir semua di rumah penyuka pudding. Jadi, bikin satu resep bisa cepat ludes.

Sedikit cerita, ya. Sebenarnya saya bukan orang yang pandai mengendalikan dapur. Sejak kecil, saya tinggal bersama ibu. Jujur saja, ibu jago banget masak. Tapi, kelihaian itu nggak menurun pada saya sebab saya juga nggak pernah tanya resep masakan kecuali sejak menikah. Parahnya, sejak SMA, saya menempuh pendidikan di pesantren. Di sana, saya nggak pernah masak bu ibu…hehe. Tinggal makan dan membeli lauk saja. Alasannya sederhana, karena memang jadual di sekolah padat banget. Udah kayak roti bantet saking padatnya. Hehe. Lebay!

Kalau memasak, paling hanya buat mie instan dengan teko pemanas air. Kadang juga menyetrika roti isi coklat yang di apit dengan dua lembar kertas. Kalau ingat, itu nikmat banget, lho! Nggak kebayang ya, pantesan setrika di kamar pesantren sering rusak. Kalau nggak dibuat bakar roti, ya dipakai lurusin rambut. Eh..:D

Sejak menikah, kemampuan memasak juga nggak bertambah. Biasa aja. Paling pinter masak nasi sama air. Itu sudah pasti, ya. Mungkin agak berubah sejak anak sulung mulai sekolah. Saya selalu membawakan bekal sendiri dari rumah. Meski sederhana, anak saya selalu memuji, lho! Beruntung banget punya anak neriman, belum lagi dia sangat tidak merepotkan ketika mulai masuk sekolah. Nggak pernah minta diantar bundanya. Tahu betul kondisi emaknya yang nggak bisa mengendalikan sepeda apalagi motor. Hehe. Melenceng dari tema, kan?

Setelah sekian lama, akhirnya saya sering banget browsing resep di mbah Google. Di sana, pasti diarahkan ke Cookpad. Pertama biasa saja, kedua masih biasa. Dan ketiga serta seterusnya mulai penasan ingin gabung juga dengan ibu-ibu jagoan dapur itu. Akhirnya, saya pun punya akun cookpad. Yeay! Girang…hehe.

Sekarang pelan-pelan mulai banyak resep yang berhasil. Kalau awalnya jangan ditanya. Terbata di dapur, ngulen adonan donat yang berujung bantat dan roti yang nggak pernah matang sempurna. Lama-lama bosan? Nggak juga. Karena suka dan penasaran, akhirnya lebih sering mencoba dan mulai tahu di mana letak kesalahan kemarin. Berbekal dari kesalahan masa lalu, saya pun mulai paham kegagalan kemarin disebabkan oleh beberapa faktor.

Pertama, harus pintar-pintar memilih resep. Mungkin bukan salah resepnya, ya. Tapi selera orang kan berbeda. Jadi, resep yang nggak anti gagal bikin susah move on, lho. Beberapa kali saya memang gagal membuat donat. Tapi, saat ganti resep lain, saya selalu berhasil. Bahkan saat salah takaran pun, donatnya tetap cantik. Ini bukan sola factor keberuntungan saja, tapi juga dari komposisi resepnya…hehe.

Kedua, sering mencoba. Karena pengalaman itu amat berharga. Kalau sering dilatih, hasilnya pun akan sempurna. Jangan kesal kalau gagal. Coba lagi dan lagi. Karena menurut saya, pada akhirnya semua perempuan tetap harus bisa memasak. Ujung-ujungnya pasti akan terjun langsung ke dapur. Nah, soal memasak apa itu tergantung selera keluarga. Yang jelas, seorang istri pasti akan memasak untuk keluarganya. Betul?

Ketiga, mulai mencoba. Jangan sampai hanya berangan saja, ya..hehe. Yuk, sekarang memasak. Saya mencoba menggunakan semua peralatan sederhana yang ada di rumah. Nggak perlu macam-macam apalagi sampai belanja yang menguras kantong. Kreatif saja dengan peralatan yang ada di rumah. Jadi, kalau gagal pun nggak ngenes banget..hehe.

Kembali ke pudding lembut, ya. Bagi yang mau mencoba, saya tuliskan resepnya.


Silky Pudding Jambu

Bahan:
2 bungkus nutrijel kecil, boleh pakai yang besar 1 saja, ya.
8-10sdm gula pasir (sesuai selera)
1sdm krimmer bubuk (boleh skip)
2 bungkus popice rasa jambu
1600ml air
1 kaleng susu kental manis
1sdm maizena yang dilarutkan dengan sedikit air.


Cara:
1.      Campur semua bahan kecuali larutan maizena. Aduk rata dengan wisk.
2.      Lalu nyalakan api sedang saja, ya. Aduk-aduk sesekali supaya tercampur.
3.      Sesaat ketika akan mendidih, masukkan larutan maizena. Aduk rata dan tunggu mendidih. Matikan.
4.      Tuang pada wadah yang tahan panas. Kalau ingin lebih bagus, tuang sambil disaring, ya.
5.      Sajikan dingin.

Semoga resep sederhana dan anti gagal ini bisa bermanfaat. Cocok juga untuk sajian buka puasa. Happy cooking, mom!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature