Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Roti Empuk Isi Sosis



Assalamualaikum…alhamdulillah, semoga yang puasa Arafah diberikan kelancaran dan ibadahanya diterima oleh Allah swt. Amiin.

O ya, kemarin kebetulan saya membuat roti yang kali ini nggak manis alias gurih, yang saya beri isian sosis dan saya taburi dengan keju parut dan oregano. Sudah beberapa hari saya cuma buat roti yang manis dan isiannya coklat mulu, ya Allah bosen saya…beneran. Itu sih permintaan si sulung aja. Jadi kalau lagi bikin, dan ada si kakak, pastilah dia langsung todong nyuruh isiin coklat.

Dan kemarin, sengaja saya buatnya pagi setelah dia berangkat sekolah. Saya mau yang gurih aja. Akhirnya saya putuskan membuat isian sosis ini. Kakak pulang rotinya udah nangkring cantik di atas oven…hehe. Tapi ternyata dia nggak protes juga sih, enak katanya.

“Semua roti yang bunda bikin Alby suka…”

Pinter banget muji, karena mau dibuatin terus tiap hari kan, Kak? Hehe.

Kalau buat roti, saya hanya berputar pada resep itu-itu aja. Ada yang pakai kuning telur satu, dua bahkan tiga. Ada yang pakai terigu 150gr, 250gr sampai yang 500gr. Semua tergantung selera.

Kalau mau lembut pakai airnya lebih banyak, misal kemarin 250gr terigu, saya pakai 120ml air hangat. Supaya kokoh aja dan nggak terlalu lembut agar jelas bentuknya. Biasanya saking lembutnya itu roti jadi dipegang dikit udah nggak balik..hehe. Kalau untuk isian manis saya lebih suka airnya 125ml-130ml. Begitu. Gampang kok, hanya main di air aja. Tambahan kuning telur juga berpengaruh yaa, kalau kuning telur 2 tentu beda dong lembutnya sama yang kuning telurnya hanya satu.



Langsung yuk kita buat.

Bahan:
200gr terigu cakra
50gr terigu segitiga
3sdm gula pasir
1sdt ragi
1 sachet susu bubuk 27gr
2 kuning telur
120-125ml air hangat
40gr butter atau margarin
Sejumput garam

Pelengkap:
Secukupnya sosis untuk isian
Secukupnya keju parut untuk taburan
Secukupnya oregano untuk taburan

Cara membuat:
1.      Campur ragi dengan air hangat dan 1sdm gula pasir. Aduk rata dan diamkan sampai berbusa.
2.      Selagi menunggu, kita campur semua  bahan sisa kecuali margarin dan garam. Jadi masukkan margarin dan garamnya terakhir saja ya supaya raginya bisa bekerja dengan baik.
3.      Masukkan campuran ragi ke dalam campuran terigu. Uleni sampai rata aja.
4.      Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai kalis elastic atau sampai bisa dibentangkan sampai tipis dan tidak mudah sobek.
5.      Bulatkan adonan dan olesi sisi luarnya dengan minyak goreng dikiit aja ya tipis. Diamkan satu jam dan jangan lupa tutup atasnya dengan lap bersih.
6.      Setelah mengembang 2x lipat atau satu jam, tinju adonan. Timbanga sesuai selera, kemarin saya nggak timbang..hehe. Hasilnya jadi 13 pcs roti. Biasanya saya buat dengan berat sekitar 40gr.
7.      Gilas adonan menyerupai segitiga. Taruh sosis di bagian unjung yang besar. Gulung sampai. Tata di loyang, kalau nggak pakai kertas sebaiknya loyanga diolesi margarin ya. Diamkan selama satu jam. Tutup juga ya biar atasnya nggak kering.
8.      Panaskan oven suhu 180’C atau sesuaikan dengan oven masing-masing minimal 10 menit sebelum memanggang.
9.      Taburi bagian atas roti dengan oregano dan keju parut.
10.  Panggang selama kurang lebih 15 menit atau sesuai ovennya karena tiap oven berbeda sekali.
11.  Setelah matang keluarkan dari oven. Olesi atasnya dengan margarin.



Nah, gampangkan? Kalau sudah terlatih, bakalan tahu deh celahnya gimana. Misalnya kebanyakan air, nanti juga bakalan tahur sampai sebatas mana nambah tepungnya dan lain-lain. Intinya sih memang harus belajar ya, anak kecil saja tidak langsung lari, tapi dia merangkak dulu, merambat, berpegangan baru jalan pelan.

Yang mau coba pun demikian, kalau sekarang kok keras, mungkin ngulennya kurang kalis, atau takarannya kurang pas, bisa juga terlalu lama manggang jadi kering rotinya. Macam-macam. Jadi, saran saya dicoba saja dulu, lama-lama bakalan mahir sendiri kok.


Selamat mencoba, yaaa…^^

Baca juga resep Roti Manis Isi Coklat
7 comments on "Roti Empuk Isi Sosis"
  1. Hmm... Kelihatan enak mbak. Jadi pengen icip-icip mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan icip-icip, tapi satu aja yaaa...hehe..Bercanda..:)

      Delete
  2. Hmm... Kelihatan enak mbak. Jadi pengen icip-icip mbak.

    ReplyDelete
  3. Mbak Muyass ini nggak pernah gagal bikin roti yaaa...menul-menul semua...hwwwaaa...kenapa kalo aku bikin pasti bantetnya..huhuhu
    Jadi aku harus gimana?kwkwkwk
    Apa musti berguru padamu? Ya sudah kalau gitu, aku nanti beli terigu dan nyobain resepmu:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masa-masa itu sudah berlalu aja mbak. Kalau dibilang nggak pernah itu mustahil karena sudah sering juga kena kutukan 'bantet' hehe

      Delete
  4. Keliatannya lembut banget mba Muyas, belum pernah bikin roti, nyoba bikin malah keras mungkin kurang tepat cara bikinnya. Makasih ya mba resepnya

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature