Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Bakso Homemade





Assalamualaikum...

Para pecinta bakso ayo ngacung! Hihi. Hampir semua orang suka makanan yang terbuat dari daging ini. Selain rasanya yang enak, harganya pun terjangkau. Sajian bakso dengan kuah panas yang mengepul bikin perut lapar. Bakso dengan sayuran seperti sawi dan toge selalu jadi favorit saya. Kalau beli, saya juga suka yang ada isian telurnya. Mungkin karena saya pecinta sayuran, rasa bakso dengan toge itu spesial banget di lidah..hihi.

Ternyata membuat bakso sendiri itu nggak susah lho, Mom! Bakso homemade yang kita buat sendiri tentu terjamin bahannya. Kita bisa memilih sendiri daging serta bahan lainnya. Saya sering membuatnya di rumah. Si sulung dan si bungsu doyan banget. Padahal kalau beli bakso di luar mereka nggak terlalu suka.

Dulu, setiap membuat bakso, rasanya selalu kurang pas. Kadang nggak kenyal, terlalu banyak daging, atau bahkan lembek. Alhamdulillah, setelah mencoba resep dari mba Fitri Sasmaya, saya berhasil membuat bakso yang kres tapi tetap lembut. Asli ini sesuai banget dengan selera di rumah. Seperti bakso yang biasa dibeli tapi nggak alot.

Saya lebih suka memadukan daging sapi dengan ayam ketika membuat bakso. Daging sapi segar dan bagus bisa menghasilkan bakso yang kenyal meskipun tanpa obat-obatan. Kaldu yang gurih bisa didapat dengan memasukkan kaki sapi atau boleh juga menggunakan air rebusan bakso. Kalau suka yang kres-kres dengan urat, bisa masukkan beberapa daging tetelan. Sekali lagi semua tergantung selera.

Saya suka mengisi bakso dengan telur ayam atau telur puyuh. Kalau pakai telur ayam bisa pilih yang kecil-kecil saja. Karena nanti hasil akhirnya besar sekali…hehe. Kalau ingin menggunakan tahu pong, bisa diisi juga dengan adonan baksonya.

Adonan bakso ini juga bisa dibuat tahu bakso, lho! Rasanya pas banget. Siapa mau coba?

 
  
Di Jakarta, ternyata ada penjual bakso dari Kepanjen, Malang. Baksonya beliau termasuk yang enak di antara pedagang bakso yang lain. Mungkin  karena saya familiar banget dengan rasa bakso Malang. Jadi pas aja ketika mencoba. Untuk kedai bakso favorit kami adalah bakso lapangan tembak. Tekstur bakso homemade ini mirip dengan bakso lapangan tembak. Kres tapi tetap lembut. Daripada sibuk menjelaskan, bagaimana kalau kita coba ekskusi saja?

Bakso Homemade

Bahan:
250gr daging sapi has dalam
1//2 dada ayam
1sdt bubuk bawang putih atau bisa pakai 3 bawang putih
1/4sdt sampai 1/2sdt merica bubuk (sesuai selera)
3sdm bawang merah goreng
1/4sdt baking powder
8 cube es batu kecil
1 putih telur
5sdm tepung tapioka
Secukupnya garam
Secukupnya kaldu bubuk
Secukupnya telur puyuh untuk isian

Bahan kuah:
1lt air sisa rebusan bakso
1sdt merica bubuk
3sdt bawang putih bubuk atau bisa ganti dengan bawang putih yang dimemarkan
Secukupnya kaldu bubuk
Secukupnya garam

Cara membuat:
1.      Sementara membuat adonan bakso. Sebaiknya kita rebus dulu airnya hingga mendidih.
2.      Campur daging ayam dan sapi yang sudah dipotong dadu bersama bawang merah goreng, bawang putih, merica bubuk, dan separuh es batu. Haluskan dengan food processor.
3.      Setelah halus, masukkan juga putih telur, baking powder, garam, dan kaldu bubuk. Haluskan lagi bersama sisa es batunya.
4.      Masukkan tepung tapioka. Aduk dengan tangan atau boleh juga mencampurnya dengan food processor. Siap direbus.
5.      Saat hendak merebus, sebaiknya kecilkan api atau bisa juga matikan dulu apinya supaya bola bakso yang dibuat nanti hasilnya lebih halus bentuknya.
6.      Ambil adonan bakso, keluarkan diantara ibu jari dan telunjuk. Ambil dengan sendok. Masukkan ke dalam air panas. Kalau mau diberi isian, silakan bentuk. Walaupun adonannya sedikit lembek, ya..hehe. Hasilnya jadi kurang mulus. Lakukan sampai adonan bakso habis.
7.      Nyalakan api sedang dan rebus bakso hingga matang.
8.      Sisa air rebusan baksonya boleh ditambahkan air lagi atau pakai secukupnya. Beri bumbu dan rebus hingga mendidih.
9.      Bakso homemade siap disajikan dengan pelengkap!

  

Alhamdulillah, bentuknya belum mulus-mulu banget. Biasanya karena adonan baksonya kurang halus. Tapi untuk rasa, saya suka sekali. Semoga resep ini berguna ya, Mom! Yuk memasak untuk orang-orang tercinta. Happy cooking, Mom!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature