Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Sayur Lodeh Nangka


Assalamualaikum...masih suasana mudik dan beberapa kali sempat menulis tapi belum sempat post karena sibuk atau sok sibuk. Jadi tulisan kebanyakan ngendap aja di laptop. Nulis, belum post udah sibuk di dapur...hihi. Sok sibuk kali yaa...soalnya kalau bukan di rumah sendiri, rutinitas jadi berbeda juga. Yang biasanya pagi siapin sarapan dan lekas selesai. Di sini, selesai subuh, bikin minum anak-anak dan ayah, lanjut beberes, lalu masak. Tapi, kenyataannya sarapannya tetap jam 9 sampai jam 10.

Kalau di rumah, jam 5.30 sampai jam 6 sudah siap sarapan. Jadi, kadang memang nggak terlalu punya waktu banyak buat yang lain. Belum lagi memang suasana lebaran, keliling dan nyamperin saudara atau sebaliknya menemui saudara yang datang ke rumah. Tapi, lebaran kali ini lebih terasa santai karena saya pun nggak terlalu ambil pusing...hihi. Lelah dikit tapi kalai dijalani dengan senang hati pada akhirnya akan menyenangkan, kok.

Kalau pulang ke rumah, makanan yang selalu dicari adalah sego buk ini. Menu simpel dari kampung halaman yang nggak kalah lezatnya dengan rawon dengkul ala Tessy...hihi.
Sejak kecil sudah terbiasa mengkonsumsi nasi buk atau nasi jagung. Selain rasanya emang udah familiar, nasi jagung dan buk juga lebih sehat. Nasi buk juga bisa memperlancar asi. Yang menyusui bisa banget konsumsi nasi jagung atau buk. Saya sendiri merasakan sekali manfaatnya.

Kemarin, saya sempat membuat nasi buk di rumah. Lauknya sederhana aja. Ada lodeh nangka dan tahu, terong bakar dan sambal, ikan mujair goreng hasil mancing (walaupun kecil-kecil..hihi), ada juga lalapan kenikir hasil memetik di halaman rumah. Asyiknya tuh ya di sini. Semua bisa petik langsung dan segar.

Saya mau share resep lodeh nangkanya, ya...ini masakan ibu saya. Selalu juara.

Lodeh Nangka
2 genggam nangka muda, iris kecil-kecil.
1 buah tahu putih, potong dan goreng
5 lembar daun salam muda atau 2 daun salam tua
Bumbu halus:
8 bawang merah
3 bawang putih
1/4sdt ketumbar
1/4sdt merica butir
1-2 Buah cabe merah besar
1 ruas lengkuas
1 ruas kunyit
1/2 butir kelapa besar, ambil santan sedang
Secukupnya garam
Secukupnya gula

Cara membuat:
1. Rebus nangka hingga agak lunak. Tiriskan.
2. Tumis bumbu sampai harum. Campurkan dengan nangka, tahu dan santan. Rebus sampai semua matang.
3. Aduk-aduk jangan sampai santannya pecah, ya. Sajikan bersama lauk dan nasi buk.
Gampang. Dijamin semua bisa insya Allah. Semoga resepnya bermanfaat, yaa...selamat Idulfitri 1438H. Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin. Happy cooking, Mom!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature