Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Solusi Bagi Kulit Sensitif

sumber

Saya terlahir dengan dermatitis. Bahkan hingga usia 27 tahun seperti sekarang, masalah kulit akibat alergi yang sulit diketahui penyebabnya ini masih muncul hampir setiap hari. Meski amat mengganggu, tapi lama kelamaan mulai terbiasa dan malas mau mengobati.

Selama ini, saya hanya meminta salep kepada dokter kulit. Menolak obat minum seperti pil untuk alergi. Beberapa kali saya mencoba minum ketika urtikaria yang parah. Tahu urtikaria? Mungkin beberapa orang berbeda pula menyebutnya. Kebanyakan menyebut biduran atau kaligata. Nah, saya termasuk yang berteman akrab dengan penyakit kulit satu ini. Ketika cuaca terlalu dingin atau tubuh nggak terlalu fit lantas memaksa makan seafood, malamnya biasanya bentol-bentol besar, gatal dan terasa panas.

Dokter meresepkan obat alergi karena alergi yang saya alami lumayan parah. Tapi, ternyata saya nggak bisa menerima karena efek dari obat itu terlalu berat. Lemas seharian dan ngantuk seperti orang sakit. Daripada nggak bisa beraktifitas sepanjang hari, akhirnya saya pun hanya meminta salep untuk mengurangi gatal. Saya juga nggak bisa membayangkan, sampai kapan harus menkonsumsi obat-obatan itu sebab alergi yang saya alami belum jelas penyebabnya atau sulit dihindari.

Saya juga nggak diperbolehkan terlalu lama berendam kaki di air atau berlama-lama di kamar mandi yang akhirnya membuat kaki lembab, atau harus memakai alas kaki meski saat berada di dalam rumah. Kalau dilanggar? Kulit kaki saya bisa pecah dan berdarah, luka-luka dan perih sekali. Tapi, saya mungkin termasuk orang yang bandel. Meski sudah berkali-kali disarankan hal serupa, saya masih susah pakai alas kaki di dalam rumah. Ribet!

Nah, kebetulan suami juga punya alergi pernapasan. Salah satunya alergi debu dan dingin. Kalau sudah kena debu atau hawa dingin, bisa bersin-bersin seharian seperti orang sedang terkena flu.

Kedua alasan itulah yang akhirnya membuat kami nggak terlalu kaget lagi saat tahu anak-anak juga punya alergi. Kedua jagoan saya sama-sama alergi tungau debu. Sama persis seperti ayahnya meski nggak sampai separah itu.

Si bungsu justru punya kulit lebih sensitif  ketimbang kakaknya. Sejak kecil dia punya masalah kulit. Selain kering dan mengelupas seperti bersisik. Ketika kami berkunjung ke dokter Herbowo di rumah sakit Hermina Jatinegara, dokter yang kerap wira wiri di televisi ini menyarankan agar kami mengganti sabun mandi bayi dengan sabun merek Sebamed.

Produk Sebamed memang sudah nggak asing di telinga. Merek ini memang sering dipakai bagi anak yang punya masalah kulit sensitif serta alergi. Atas saran dokter, saya pun membeli Sebamed sabun cair ukuran 500ml. Harganya memang nggak bisa dibilang murah. Berkisar antara 250 ribu lebih saat itu. Tapi, manfaatnya memang sangat terlihat jelas. Kulitnya adik yang biasanya kering mengelupas berangsur-angsur mulus seperti sedia kala.

Selain Sebamed, dokter Herbowo juga memberikan lotion Physiogel. Lotion ini membantu kulit supaya tetap lembab. Karena kulit sensitif akan semakin buruk ketika kering. Jadi, jaga supaya kulit tetap lembab. Alhamdulillah, lotion ini sangat membantu dan terlihat hasilnya.

sumber

Untuk harga Physiogel lotion 200ml sekitar 200 ribu. Aroma dari beberapa kosmetik yang dipakai untuk kulit sensitif ini memang nggak sama seperti merek yang biasa dengan mudah kita jumpai di swalayan dekat rumah. Nggak wangi, hanya sedikit aroma ringan saja.

Satu lagi krim untuk dermatitis atau ruam yang saya pakai untuk ruam dan beruntusan si bungsu. Noroid 60ml merupakan krim untuk dermatitis yang nggak hanya saya pakai buat ruam alergi namun juga saat ruam popok. Kadang adik sempat memerah dan lecet di sekitar tempat pipis karena seharian hanya pakai popok sekali pakai. Berbeda dengan si sulung yang dulu mengoleksi clodi…hihi. Go green banget waktu si kakak lahir. Sedangkan waktu adik lahir, saya mulai menegaskan pada diri sendiri bahwa saya nggak mau memaksakan sesuatu yang pada akhirnya akan membuat saya mengeluh dan kerepotan. Jadi, saya putuskan semua akan lebih simpel dan mudah. Alhamdulillah, semua berjalan jauh lebih ringan meski sudah nggak go green lagi…hehe.

sumber


Noroid ini sangat ampuh dan bisa dipakai di seluruh tubuh termasuk wajah. Ingat, hindari area mata dan mulut, ya. Harga Noroid 60ml ini berkisar sekitar 170 ribu. Semua harga ini bisa saja jauh lebih murah atau mahal meski nggak jauh-jauh dari itu juga, tergantung dari toko yang menjual. Saya sendiri selalu mendapatkannya dari apotek rumah sakit.

Sebelum mencoba, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter anak atau dokter kulit masing-masing. Karena penyakit kulit biasanya harus dilihat langsung dan nggak bisa menduga atau mengira hanya dari gambar atau foto saja. Sebaiknya memang kunjungi dulu dokter sebelum mencoba beberapa produk. Sebab, dokter tentu akan jauh lebih paham penyakit kulit yang sedang dialami anak-anak.

Sebenarnya untuk alergi sendiri memang nggak ada obatnya. Sebab, untuk menghindari alergi satu-satunya ya dengan tahu dan menghindari penyebabnya. Hanya saja, penyebab itu nggak mudah diketahui dengan cepat. Dokter kulit saya pernah mengatakan bahwa kebanyakan alergi yang dialami saat dewasa bukan diakibatkan oleh makanan. Bisa karena stres, kosmetik yang nggak cocok atau yang lain. Sekali lagi, sebaiknya pastikan dulu keluhan sudah dikonsultasikan kepada dokter Anda.


Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang sedang bingung mencari kosmetik bayi yang punya alergi atau pun kulit sensitif…
2 comments on "Solusi Bagi Kulit Sensitif"
  1. Harganya lumayan ya mba..saya mw coba buat ruam popok anak hehe. Btw salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, tapi memang insya Allah hasilnya berbeda dengan krim bayi yang sering kita jumpai..salam kenal juga mba Titik..terima kasih sudah berkenan mampir..:)

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature