Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Sempurnakan Kebaikan Kepada Orangtua



            Dear, menjadi muslimah tentu tahu bagaimana cara memperlakukan orangtua dengan baik. Bagaimana bertutur kata dan bergaul dengan mereka. Meskipun zaman sekarang kebanyakan dari orangtua memang sudah mulai mengikuti kebiasaan anaknya, supaya selalu dekat dan menjadi teman terbaik. Namun, sebagai seorang anak hendaknya tidak berlebihan ketika bergurau atau berbicara. Bagaimana pun mereka adalah orangtua yang wajib dihormati.


            “Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan.” (QS. Al-Isra’: 24)
            Bersyukurlah bagi yang masih memiliki orang tua. Sebab keduanya merupakan jalan pintas menuju surga. Kebaikan-kebaikan seorang anak kepada orangtua serupa berjuang di jalan Allah. Pada zaman Rasulullah SAW ada beberapa calon mujahid yang pada akhirnya kembali ke rumahnya. Sebab Rasulullah memerintahkan mereka berbuat baik dan menjaga orangtua ketimbang pergi ke medan perang. Ini menunjukkan bahwa berbuat baik kepada orangtua memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah.
            Janganlah membantah sedikit pun kepada mereka. Meski hanya dengan ucapan pendek dan nada mengeluh. Misalnya ketika sedang asyik nonton TV atau sibuk chattingan dengan teman, lantas ibu datang menyuruh mencuci piring. Maka tinggalkan saja apa yang tidak lebih penting dari permintaan orang tua. Jangan sekali-kali menolaknya apalagi hingga melukai hati mereka. Di dalam Alquran disebutkan mengenai larangan membantah kepada mereka bahkan meski dengan ucapan “ah” saja.
            “Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah”……(QS. Al-Isra’: 23)
            Sungguh, orangtua bukan hanya sekadar teman bagi kamu, namun juga penolong dan penyelamatmu di akhirat. Kebaikan-kebaikan mereka laksana telaga yang menyejukkan. Jika pun kamu berbuat baik kepada mereka, itu bukanlah balasan. Sebab semua jerih payah, kasih sayang dan kehangatan yang sudah mereka berikan tak pernah cukup meskipun kamu memberikan seluruh yang kamu miliki.
            Seorang anak tentu tak bisa membalas kebaikan orangtua. Pun hanya membalas rasa sakit yang dirasakan saat ibu melahirkan. Namun, seorang anak bisa berbuat baik kepada mereka. Melayani dan menghormatinya dengan penuh kasih sayang.
            Allah dan Rasul-Nya memerintahkan ummatnya untuk menuruti permintaan orangtua. Namun bukan permintaan dalam kemaksiatan atau menyekutukan Allah. Saking utamanya perintah berbuat baik kepada mereka, Allah bahkan tetap mewajibkan berbuat baik kepada orangtua yang tidak beriman kepada Allah atau mereka yang non muslim.
            Dear, lalu bagaimana jika orang tua sudah meninggal dan tak lagi bersama? Maka doakanlah keduanya tiada putus. Sambunglah tali silaturrahim dengan kerabat dari mereka. Sungguh, doa anak shaleh yang memintakan ampun untuk kedua orangtuanya yang sudah meninggal merupakan amal jariyah yang tiada putus.
            Mulai sekarang, perbaiki sikapmu kepada mereka. Bersyukurlah sebab mereka masih menjadi bagian penyempurna dalam hidupmu. Bisa dibayangkan lelah letihnya mereka saat menjagamu, namun tiada pernah terdengar keluh. Hanya kebahagiaan yang mereka tunjukkan. Betapa bahagia mereka sudah memilikimu.
            Maka, jangan kecewakan. Di jalan panjang menuju proses hijrahmu, bahagiankanlah mereka. Tidak akan rugi sekali-kali orang yang mampu membuat keduanya tersenyum. Bahkan kamulah yang amat beruntung sebab masih bisa berbuat baik kepada kedua orangtua. Merekalah jalan pintasmu menuju surga.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature