8 Tips Sukses Membuat Roti Yang Mudah Dan Empuk

May 30, 2017



Roti termasuk salah satu makanan mengandung karbohidrat yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Anak-anak hingga dewasa menyukai makanan yang berasal dari tepung-tepungan ini. Di supermarket besar hingga di warung-warung kecil yang berdiri di pinggiran jalan pun menyediakan roti dengan berbagai varian rasa.

 
sumber
Ternyata, membuat roti itu tak sesulit yang dibayangkan. Bahkan semua ibu-ibu bisa melakukannya di rumah. Tak perlu peralatan khusus, bahkan beberapa orang bisa membuat roti dengan pan.

Membuat roti sendiri di rumah tentu terjamin kualitasnya. Sebab, kita memilih sendiri bahan-bahannya, tidak mengandung pengawet, menghindari penggunaan bahan aditif yang berbahaya jika dikonsumsi selama jangka panjang, dan yang lebih menakjubkan tentu saja bisa menikmati roti hangat yang baru keluar dari oven. Nikmatnya tiada duanya!

Untuk yang belum pernah mencoba, rasanya sulit sekali memulai. Karena perasaan takut gagal atau pun merasa tak mampu membuatnya. Padahal, jika dicoba, kesulitan itu akan bisa ditaklukkan ketimbang hanya menimbang dalam angan. Membuat roti butuh pengalaman, gagal dan berhasil terkadang memiliki nilai yang sama. Yang sudah berhasil biasanya pernah gagal. Setelah gagal, dia pun bisa mengetahui di mana letak kesalahannya.

Pertama membuat roti, hasilnya bantat bahkan cenderung keras setelah dingin. Percobaan kedua, hasilnya sudah jauh lebih baik tapi ternyata kurang matang karena terlalu sebentar saat memanggang. Percobaan ketiga mulailah ada kemajuan karena sudah mulai paham kesalahan yang dilakukan sebelumnya. Ini hanya sebuah perumpaan. Kenyataannya, banyak sekali ibu-ibu yang berhasil saat membuat roti pertamanya. Amazing, ya!

Saya pun termasuk yang sering gagal saat membuat roti. Tapi, rasa penasaran mengalahkan semuanya. Beberapa kali gagal tak membuat saya enggan mencoba. Sekarang, setidaknya saya bisa menyajikan roti yang layak dimakan buat anak-anak di rumah. Mereka yang pecinta roti selalu berebut saat melihat roti yang baru keluar dari oven.

Selain pengalaman, beberapa tips ini mungkin bisa membantu para ibu yang ingin mencoba membuat dan menyajikan roti homemade di rumah;

1.      Pilih resep terpercaya. Jangan asal memilih resep. Karena beberapa resep yang ditampilkan di internet terkadang belum teruji di dapur.
2.      Menimbang dan menakar bahan dengan benar. Kalau kelebihan tepung bisa keras, kalau kurang pun bisa lengket dan sulit dibentuk. Jadi takarannya harus pas, sehingga hasilnya pun pas!
3.      Memilih bahan yang masih fresh. Penting diperhatikan saat menggunakan ragi instan, harus dilihat betul apakah ragi masih berfungsi atau tidak. Terutama untuk ragi yang kemasannya sudah terbuka. Caranya mudah, masukkan 1sdt ragi ke dalam sedikit air hangat bersama 1 sdt gula. Aduk dan biarkan 5 menit. Kalau ragi aktif, maka campuran tadi akan berbuih.
4.      Menguleni bahan dengan tepat dan pastikan adonannya kalis elastis. Untuk alatnya bisa pakai manual dengan tangan supaya ibu-ibu lebih berotot atau bisa memakai mixer roti. Kalis elastis yang dimaksud di sini jika dibentangkan tidak mudah sobek dan bisa setipis mungkin ketika ditarik.
5.      Jangan over proofing. Proofing pun harus tepat. Kalau tidak roti bisa kurang mengembang.
6.      Jangan over baking. Sebab setiap oven memiliki panas yang berbeda. Kalau sampai over saat memanggang, roti bisa keras dan kering.
7.      Kenali oven ibu-ibu! Karena beberapa oven kadang membuat roti tidak matang merata. Oven kompor misalnya, harus dipindah dari atas ke bawah, atau dibalik antara posisi loyang dari depan ke belakang.
8.      Buatlah roti pertama Anda! Kalau tak dicoba, pasti tak akan ada hasilnya, kan?

Semoga beberapa tips tadi membantu para ibu-ibu yang masih galau ketika hendak membuat roti sendiri di rumah. Ternyata membuat roti itu mudah. Dengan bahan dan peralatan yang tersedia di rumah, kita pun bisa menyajikan roti lezat ala bakery!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Google+ Badge

Most Popular