Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Common Cold


 
Baru beberapa hari tak terdengar suara batuknya. Hari ini, adek sudah mulai batuk-batuk lagi sampai beberapa kali muntah. Buat saya, ini tandanya dia baru saja terinfeksi. Virus baru lagi. Nanti setelah dua sampai tiga hari batu-batuk dan muntah, hidungnya meler. Membaik dan sembuh. Semoga nggak muncul lagi otitis medianya. Nggak asyik juga kalau bolak balik ke THT dan menelan antibiotik. Sebelumnya beberapa kali saya nggak membawanya ke THT. Dan akhirnya qadarallah sembuh sendiri. Hanya saya bersihkan cairannya dengan cairan pembersih telinga dari dokter.

Tapi, setelah kemarin konsul, saya pun menjadi was-was jika terlalu acuh soal otitis media ini. Saya jadi ingat, kakak kedua saya bahkan sampai kehilangan sebagian pendengarannya karena terlalu lama mengeluarkan cairan telinga semasa kecil. Ibu bilang itu hanya ‘sawan’. Jadi dibiarkan saja. Sekarang, pendengarannya sangat lemah, jika telinga ditetesi oleh obat telinga, dia bisa kesakitan setengah mati. Apa mungkin gendang telinganya pecah?

Kemarin dokter Leny juga bilang, penting untuk datang ke dokter THT. Supaya kita bisa melihat langsung kondisi telinga saat sedang terkena infkesi. Sebab, jika asal-asalan mengobati dan ternyata gendang telinganya pecah, maka setetes obat saja bisa membuatnya pingsan. Astagfirullah, serem sekali.

Saya juga beberapa kali mengunjungi web resmi seperti kidshealth atau AAP. Membaca lebih jauh tentang otitis media akut atau infeksi telinga tengah. Sayangnya, tak banyak juga yang saya dapatkan.

Common cold tentu menjadi pemicu terjadinya infeksi telinga. Maka dari itu, saya sangat berharap jika anak-anak bisa segera sehat dan dijauhkan dari batuk pilek. Kalau sudah batuk, melernya pun nggak bakalan ketinggalan.

Common cold sebabnya virus. Hanya bisa sembuh dengan daya tahan tubuh. Karena itulah saya merasa tenang-tenang saja jika anak hanya terkena commom cold. Asal masih aktif dan mau makan serta minum, itu tandanya semua masih aman.

Saya tahu, tubuh manusia itu diciptakan dengan sangat sempurna. Ada batuk saat ada benda asing atau kuman masuk ke dalam saluran pernapasan. Ada hidung meler saat flu demi melindungi saluran napas. Ada muntah saat ada benda asing atau kuman masuk dalam pencernaan. Ada demam sebagai alarm adanya infeksi dalam tubuh serta perlawanan pada kuman.

Semua sangat sempurna. Lalu, yang sering terjadi sekarang, jika batuk pilek, napas grok-grok langsung suruh uap. Padahal semuanya bisa keluar dengan alaminya. Dan uap juga bukannya tanpa resiko, ya. Sebab obat yang biasa digunakan adalah ventolin yang dipakai untuk menyembuhkan asma.

Luar biasa, common cold hanya penyakit biasa. Tapi memang sangat mengganggu jika dibiarkan. Badan meriang, hidung mampet, batuk dan susah makan. Aih, lengkaplah sudah, ya!

Karena itulah, semalaman kakak berteriak karena hidungnya mampet. Malam ini sudah jauh lebih baik dan sedang tidur dengan nyenyak walaupun tadi masih batuk-batuk hebat.

Saya membiasakan kakak minum madu dan air perasan lemon ditambah air hangat. Setiap pagi saat bangun tidur. Dan malamnya jika masih batuk-batuk. Jika batuk mulai hilang, malamnya saya hanya memberikan minyak zaitun.

Nggak hanya madu, kita juga bisa memberikan minuman hangat lainnya. Insyaallah dalam beberapa hari akan segera pulih.

Jadi, kesimpulannya, kakak dan adek lagi kena virus berulang. Lagi dan lagi. Entah sampai kapan akan selesai. Semoga anak-anak diberi kesehatan dan selalu kuat. Terutama kakak yang selalu mengeluhkan banyak hal saat sakit…^^

Kata dokter Apin, obat common cold hanyalah sabar dan gendong. Jadi, siap-siap pegel aja..hehe.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature