Timnas Indonesia U-16 Juara AFF 2018, Bikin Bangga dan Haru!

Euforia Piala AFF U-16 2018 semalam rasanya masih berdengung di telinga. Bagaimana tidak, Indonesia akhirnya keluar sebagai juara mengalahkan tim Thailand di babak adu pinalti dengan skor 4-3, setelah 80 menit bermain imbang dengan skor 1-1.

Ucapan selamat serta rasa haru pun meluap dari semua orang, tak terkecuali para pendukung yang memenuhi Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Tak sedikit pula warganet yang ikut memberikan ucapan selamat, mereka mengaku amat bangga serta terharu atas pencapaian yang diraih tim Indonesia merebut gelar juara Piala AFF U-16 2018.

Kegigihan pun terlihat sejak babak pertama

Foto: bola.kompas.com

Sejak menit awal pertandingan, permainan menyerang langsung diterapkan oleh timnas Indonesia U-16 melawan tim Thailand. Mereka sama sekali tidak memberikan peluang bagi tim Thailand untuk memegang bola.

Serangan demi serangan pun dilakukan oleh tim Indonesia, membuat barisan belakang tim Thailand cukup kerepotan menghadapinya. Pada menit ke-13, Amiruddin Bagus Kahfi hampir saja meraih keunggulan, sayangnya tendangan pemuda bernomor punggung 20 itu masih meleset dan mengenai tiang gawang.

Perubahan strategi pun dilakukan oleh Fakhri Husaini sebagai pelatih. Ia menarik Amanar Abdillah kemudian memasukkan Fajar Fatchur Rachman sebagai pengganti. Dan terbukti jitu, pada menit ke-33, Fajar berhasil mencetak gol setelah mendapatkan umpan jarak jauh dari Andre Octaviansyah dari tengah lapangan.

Tak mau berpuas diri, timnas Indonesia U-16 tetap gigih menjebol pertahanan lawan. Sayangnya, skor 1-0 masih tidak berubah.

Babak adu pinalti membawa tim Indonesia raih gelar juara AFF U-16 2018

Foto: bolabanget.id

Pada babak kedua, tim Indonesia masih memegang kendali permainan. Pola permainan bola cepat yang dikombinasikan aksi individu para pemain menambah keunggulan timnas Indonesia U-16. Sedangkan tim Thailand tak banyak melakukan perubahan, mereka hanya menunggu datangnya bola untuk melakukan serangan balik.

Pada menit ke-9 sebelum pertandingan usai, Apidet Janngam berhasil membobol gawang timnas Indonesia U-16 dan menyamakan skor. Keadaan imbang pun membuat tempo permainan semakin meningkat. Sayangnya, hingga permainan benar-benar usai, belum ada gol tambahan yang tercipta. Hal inilah yang akhirnya mengantarkan pertandingan Piala AFF U-16 menuju adu pinalti dan membawa timnas Indonesia meraih gelar juara.

Kemenangan timnas U-16 menjadi kado spesial HUT RI ke-73

Foto: sumut.pojoksatu.id

Timnas Indonesia pun akhirnya unggul dan keluar sebagai juara melalui babak adu pinalti. Kiper timnas Indonesia U-16, Ernando Ari sukses menjadi pahlawan setelah menepis dua tendangan lawan dan mengantarkan timnas Indonesia menuju kemenangan dengan skor 4-3 dalam babak adu pinalti.

Kemenangan yang berhasil diraih oleh timnas Indonesia U-16 menjadi kado spesial HUT RI yang ke-73. Tangis haru dan bahagia pun menjadi amat lekat usai pertandingan semalam. Pelukan hangat pelatih kepada para anak didiknya menjadikan suasana riuh semalam begitu syahdu. Bangga banget atas pencapaian yang mereka raih. Hasil tidak pernah membohongi proses. Dan kemenangan itu pun akhirnya nyata di depan mata.

Selamat dan bangga!

4 comments:

  1. Dalam sejarah pesepakbolaan Indonesia baru kali memenangi AFF ya.
    Semoga tehnik permainan mereka menggiring bola makin terasah dan sejarah kemenangan akan terulang kembali.
    Semoga ...

    ReplyDelete
  2. Bulan agustus bawa berkah ya buat Indonesia. Bentar lagi asean games usah gitu dapet hafian tim nas indonesia akhirnya menang AFF. Subhanallah

    ReplyDelete
  3. keren dan merinding mbaak, semoga selanjutnya bisa terus berkembang sepak bola indonesia, amiin

    ReplyDelete