Portfolio Mengabadikan Pencapaian, Menghargai Kerja Keras Sendiri

May 05, 2018

Saya melewatkan satu hal, portfolio. Saya sering mengatakan bahwa saya menulis di berbagai media serta menulis antologi untuk mengisi portfolio. Tapi, saya malah tidak pernah menyimpan hasilnya. Banyak yang lupa dan hilang. Karena ingatan saya juga terbatas, maka menyimpan di muyass.com tentu sangat bermanfaat.


Saat berkunjung ke blog salah satu blogger, pandangan saya pun tertuju pada portfolio milik beliau. Duh, manggil beliau cem tua aja, ya..hehe. Alhasil saya pun ingin mengabadikan ini juga di blog saya. Terima kasih inspirasinya diarymahasiswa.com J

Saya mulai belajar menulis sejak SMA. Sejak masuk pesantren, hobi menulis semakin menggeliat pesat. Banyak hal baru yang membuat saya semakin bersemangat. Termasuk mengisi mading pesantren dan bertemu para penulis dari Jogja dan Malang.

Selama di pesantren, saya sering banget menulis kumcer hingga novella di buku tulis. Asli semua tulisan tangan karena waktu itu saya kesulitan tidak ada komputer yang bisa dipakai. Begitu saja sudah sangat membahagiakan.


Takaitu.com (2018)

Guys, Jangan Asal Minum Antibiotik, Ini Dia 5 Fakta Tentang Antibiotik yang Jarang Diketahui!

Guys, Ini Dia 5 Asinan Khas Nusantara yang Sukses Bikin Kamu Ngiler!

Ini Dia 5 Tempat Wisata Terbaik di Turki, Nomor 4 Keren Banget, lho!

Ini Dia 7 Olahan Pisang Tradisional hingga Kekinian yang Sukses menggoyang Lidah

Inilah 7 Kuliner Khas Turki yang Wajib Kamu Coba, Nomor 2 Asli Enak Banget!

Kamu harus Tahu, Inilah 5 Moda Transportasi Unik di Dunia yang Bikin Kamu Terpana

Ratna Indraswari Ibrahim, Penulis Lisan yang Terpasung Rachitis
Wow! Disebut Identik dengan Belanda, Ternyata Tulip adalah Warisan Kesultanan Turki, lho, Guys!

Guys, Ini Dia 5 Fakta Tentang Demam dan Bahaya Paracetamol Addict yang Harus Kamu Tahu!

Guys, Ini Dia 5 Tradisi Unik Merayakan Ramadan di Seluruh Dunia, Nomor 2 Asli Keren Banget!

Ini Dia 7 Tempat Paling Keren di Dunia yang Nggak Boleh Dikunjungi, Duh, Traveler Cuma Bisa Gigit Jari!

Nggak Kalah dengan Kue Kekinian, 7 Kue Tradisional dari Singkong Ini Tetap Juara Hingga Sekarang!

Ramadan Sebentar Lagi, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Ramadanmu Lebih Berpahala dan Puasamu Nggak Bolong Lagi

Ngaku Pencinta Buku? 7 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Agar Bukumu Awet dan Tetap Kinclong, Guys!

Nggak Nyangka! Ternyata Indonesia Juga Punya Niagara Layaknya Wisata Kelas Dunia, lho!

Jangan Remehkan Alergi Makanan, Guys! 5 Hal Ini Bisa Selamatkan Nyawa Kamu, lho!

Guys, Ini Dia Kuliner Berkuah Khas Makassar yang Selalu Ngangenin, Nomor 2 Asli Bikin Ngiler!

Ini Dia Lokasi Syuting Film Avengers: Infinity War! Nomor 2 Kok Mirip Bali?

Ini Dia 5 Tempat Wisata Paling Indah di Jepang! Duh, Bikin Mupeng Para Traveler!

Keren Banget! Ini Dia Tokoh Inspiratif yang Sukes dan Mendominasi Dunia Startup Indonesia. Kamu Udah Kenal Belum?

Indahnya Ramadan di Tanah Suci, Bikin Kamu Rindu Seumur Hidup, Guys!

Ini Dia Menu Tradisional Khusus Berbuka dari Berbagai Belahan Dunia, Yakin Nggak Pengen Coba?

Supaya Roti Buatanmu Empuk dan Anti Bantat, Catat 7 Poin Penting dalam Proses Pembuatan Roti Ini, Dijamin Gampang Banget!

Ini Dia Kuliner Khas Kota Malang yang Bikin Ngiler, Nomor 5 Mantap Jiwa

Daripada Kamu Pusing Ditanyain Kapan Nikah, Mending Ngebolang, Gih, Menikmati Pegunungan Tercantik di Dunia. Nomor 5 Subhanallah Indah Banget!

5 Fakta Menarik Tentang Ramadan di Negeri Sakura, Ternyata Tantangannya Berat Juga, Guys!

7 Tips Jitu Lolos Beasiswa Kuliah di Luar Negeri, Kamu Mesti Coba, Guys!

Tetap Bugar Saat Berpuasa, 3 Minuman Berbahan Kurma Ini Bisa Banget Kamu Coba. Dapat Nutrisinya, Dapat Juga Sunahnya!

Ini Dia Para Figur Cantik Penerima Beasiswa LPDP, Sungguh Menginspirasi, Guys!

7+ Spot Terbaik untuk Menikmati Sunset di Indonesia Ini Asli Bikin Traveler Jatuh Hati

Kontributor Terkece Takaitu.com (April 2018)

Naskah Anak (Elex Media 2018-proses)


34 Kisah Asal Usul Nusantara (Proses Terbit-Penerbit Mayor)



34 Dongeng Super Amazing Kekayaan Fauna Indonesia (2018)




Salah satu buku antologi bersama setelah mengikuti kelas menulis cerita anak bersama Wonderland Creative. Buku ini masih dalam masa pre order dan berhasil diterbitkan oleh penerbit Scritto. Semoga buku ini segera terbit, ya!

Rahasia dalam Semangkuk Sup (2018)




Ini adalah buku hasil menulis selama mengikuti kelas di Sekolah Perempuan. Dari sekian murid, sayalah yang pertama kali merampungkan naskah saat itu. Masya Allah, saya bersyukur punya mentor yang tidak menggurui dan selalu menyuruh saya bersemangat. Terima kasih cikgu Anna Farida, kubahagia menjadi murid-teman diskusimu J


Ceria Ramadan, di 5 Benua-25 Negara (2018)




Buku antologi bersama ini berhasil masuk penerbit Ziyad dan dirilis tepat sebelum bulan puasa tahun ini. Dalam masa pre order, buku ini sudah laku 25 ribu pcs, lho. Masya Allah, keren banget. Langsung best seller masa pre order J

Buku ini menjadi salah satu portfolio yang paling berkesan. Jika memang sudah rezeki, pastinya akan dimudahkan jalannya oleh Allah. Sebelumnya saya justru tidak masuk seleksi. Tapi, tiba-tiba ada penulis yang tidak bisa memenuhi kewajibannya sehingga mba Efa selaku penggagas buku ini segera menghubungi saya dan meminta saya supaya menulis dalam waktu sehari saja. Nah, ini nih yang dinamakan rezeki. Iya kan?


Parade Kisah Pertama Anakku Sekolah (2018)






Antologi berikutnya yang berhasil diterbitkan oleh Divapress karena memenangkan sebuah lomba menulis. Tahun ini memang banyak sekali buku antologi yang terbit. Saya bahagia banget, alhamdulillah Allah mudahkan setelah banyak menelan pahit. Hidup ini memang kadang pahit, tapi kadang ada manis-manisnya gitu J


Me and My Pet (2108)





Dan entah sudah berapa kali, sejak 2014 saya sudah sering sekali mengirimkan naskah untuk lomba di Divapress, sayangnya tidak ada yang nyangkut satu pun. Dan, taraaa, akhirnya saya menang juga dan berhasil dibukukan. Asyik banget kalau ngelomba sekaligus dibukukan. Dapat kaos lucu serta paket buku. Alhamdulillah!

45 Fairy Tales (2018)



Ini adalah salah satu antologi bersama alumni Wonderland Creative. Buku ini berhasil terbit indi dan dikemas dengan cover yang lucu. Sejak masuk Sekolah Perempuan, saya memang fokus menulis naskah anak. Setelah keluar dari SP ini, saya banyak ikut kelas menulis. Termasuk kelas cerita anak bersama Wonderland Creative, sepertinya sudah 2 kali lebih saya ikut kelasnya, kelas berbisnis tulisan bersama Indscript, kelas Copywriting bersama Indscript dan juga KMO.

Pemenang sayembara menulis ‘Istiqomah dalam Hijrah’ bersama penerbit Wahyu Qalbu (2018)

Entah sudah berapa kali saya ikut lomba menulis dari Wahyu Qalbu. Dan semuanya gagal total…he. Tapi, seperti biasa saya orangnya pantang menyerah. Duh, malu banget emak-emak yang hobi bawa teflon malah menyerah di medan tempur, bukan saya banget..he. Alhamdulillah akhirnya membuahkan hasil. Tapi, jangan tanya kapan naskah ini akan diterbitkan. Karena pihak Wahyi Qalbu sendiri yang sudah mengatakannya, jadi mending saya menulis naskah baru saja J

UC We-media (2017-2018)

Seingat saya, saya mendaftar di UC We-media sejak Nopember 2017. Jadi sudah ada enam bulanan saya menulis di platform tersebut. Memang, platform satu ini penuh dengan kontroversi. Mulai dari mengambil artikel blogger tanpa izin sampai terakhir hak saya sebagai penulis tidak diberikan dalam sebuah proyek. Ternyata bukan hanya saya saja, lho. Ada banyak penulis senasib. Karena itulah saya memutuskan keluar dari tim proyek.

Setelah masuk UC, saya memang aktif banget mengembangkan akun saya. Sejak pv saya mencapai 150an ribu, saya pun ditawari proyek sendiri. Dan sudah beberapa kali saya mengikuti proyek ini baik sendiri dan beberapa kali bersama teman-teman.

Pencapaian apa yang saya dapatkan selama ada di UC? Sudah beberapa kali saya memenangkan kompetisi menulis di UC, beberapa artikel saya masuk peringkat mingguan kategori lifestyle, dan beberapa kali juga bersaing di peringkat semua kategori.

Alhamdulillah, 1000$ pertama berhasil saya dapatkan pada 2018 ini. Ada 750an lebih artikel saya di sana, 11 ribu lebih followers dan sudah dibaca jutaan orang. Kalau dicantumkan bisa mabok, ya..he.

Pemenang lomba menulis fiksi penerbit Najmu Books bersama IIDN (2017)



Saya kembali ke duani literasi sejak setahun yang lalu. Setelah saya menyiapkan mental lebih matang, saya pun kembali menulis. Selain mulai mengisi blog, saya juga sering ikut lomba menulis. Nah, salah satu lomba menulis yang berhasil saya menangkan salah satunya adalah lomba ini.

Karya penulis akan dibukukan, hanya menunggu tugas cerpen susulan yang sepertinya belum terkumpul sepenuhnya. Saya juga lupa belum setor lagi..he.

Agar Suami Tak Menikah Lagi (2014)

Ini adalah buku solo pertama yang berhasil saya rampungkan pada 2014an silam. Buku setebal 200 halaman lebih yang diselesaikan dalam waktu 2 mingguan ini masuk penerbit Citra Risalah Jogja. Sudah ada ISBN dan setelah bertahun-tahun menunggu, rupanya buku ini gagal diterbitkan. Kalau saya cek, nomor ISBN-nya sudah terdaftar. Karena alasan internal penerbit atau memang ada yang kurang berkenan, akhirnya buku ini pun hanya tinggal kenangan.

Dunia penerbitan itu kejam. Anggap saja ini jamu pahit yang menyehatkan, begitu kata mentor saya di Sekolah Perempuan. Daripada saya pusing memikirkan kenapa buku itu gagal terbit, mending saya menulis lagi naskah baru. Ini adalah kerja keras saya, buku pertama yang  saya rampungkan tetapi tanpa alasan jelas justru dibatalkan terbit padahal katanya sudah antri cetak. Meski sudah mendapatkan royalti, tetap saja saya belum bisa menerima kejanggalan di sini. Karena sejak awal saya berniat menerbitkan, bukan hanya merampungkan.

Pesantren Penulis (2014)

Dulu saya juga sering mengisi cerpen di Pesantren Penulis. Beberapa cerpen saya akhirnya saya masukkan blog karena trenlis sempat tidak aktif dan sepertinya semua cerpen saya musnah..he. Saya pun nggak ingat apa saja yang sudah terbit di sana. Nah, sekarang saya sudah membuat portfolio ini, jadi meminimalisir tulisan yang ‘lupa ingatan’ J

Seminar kepenulisan bersama Asma Nadia (2014)


Seminar ini merupakan impian saya banget. Saya mendapatkan kesempatan untuk hadir di sana karena memenangkan sebuah kuis yang diadakan oleh pihak Asma Nadia. Dan di sana, cerpen saya dikomentari langsung oleh Asma Nadia dan putrinya. 


Seporsi Rasa (2014)



Salah satu antologi hasil memenangkan sebuah lomba pada 2014 lalu. Tiga cerpen saya masuk dalam antologi bersama yang diterbitkan di Elex Media ini. Ceritanya masih alay gitu..he. Malu kalau dibaca lagi sekarang..he. Zaman masih suka menulis kisah romantis ala ala..hehe.



Cookpad (2017)



Saya juga termasuk orang yang suka memasak sejak mengenal Cookpad. Dan 2017 silam saya sempat memenangkan kontes memasak di Cookpad, ci Elise dan rekannya sendiri yang datang langsung ke rumah mengantarkan hadiahnya. Benar-benar nggak nyangka J

Saat ini saya kurang aktif di Cookpad, tapi setidaknya ada 280an resep tersimpan di sana dan 3200 followers. Nabung followers di sini susah cem di IG..hehe.


Oase Musafir Cinta (2014)



Ini adalah antologi hasil menang lomba menulis pada 2014 silam. Cerpen saya pun terpilih sebagai salah satu kisah paling inspiratif saat itu. Ini awal saya mulai serius dan sering banget ikutan lomba. Zaman dulu masih banyak lomba yang diadakan penerbit indi. Beberapa kali saya memenangkannya, tapi hanya ini yang bukunya masih saya punya J

Pleidooi (2009)



Pleidooi ini berhasil terbit pada 2009 silam. Ini merupakan antologi pertama saya bersama beberapa penulis senior dari kota Malang. Asli cerpen saya di sini kelihatan banget masih amatiran. Saya harus berterima kasih kepada mas Ragil yang sudah mengajak saya ikut menulis di dalam buku ini. Mas Ragil ini adalah asistennya almarhumah Ratna Indraswari Ibrahim, seorang sastrawan dari kota Malang. Karena mas Ragil saya bisa mencapai sesuatu yang mungkin saat itu mustahil banget dicapai buat orang seperti saya.

Mas Ragil mau direcokin, kalau saya kesulitan, beliau mau menjawab ini dan itu. Asli beliau orangnya menyenangkan banget. Pertama kali bertemu saat mas Ragil datang bersama mba Ratna ke pesantren saya ditemani dua mentor jurnalistik.

Hingga sekarang, saya belum pernah berkomunikasi lagi. Semoga beliau selalu sehat, ya. Amiin.




16 comments:

  1. Banyak banget mba pencapaiannya. Hebat mbak. Aduh, aku selalu salut buat mereka yang bergelut di bidang literasi.

    ReplyDelete
  2. Wih, mantep banget, Mba. Walaupun saya suka ngga ngerti definisi portfolio, tapi pencapaina, Mba banyak banget.

    Menulis sepertinya bukan sekedar hobi pengisi waktu luang. Tapi memang sesuatu yang mengasilkan karya. Salut sama, Mba.

    ReplyDelete
  3. waahh kok keren mba. Duh jadi pecutan banget nih buat saya biar bisa menghasilin suatu yang bermanfaat buat lingkungan sekitar. Smoga bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo semangaat mas :D
      Amiin...pasti bisa insya Allah

      Delete
  4. Waduhhh mba hebat, sy salut banget..terus berkarya mba, sukses sll :)

    ReplyDelete
  5. pencapaianya bnyak banget ya mbak, saya agak merinding bacanya, kayaknya saya masih belum apa-apa kalo di bandingin mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy juga masih junior ini, semua pasti bisa kok..semangat!

      Delete
  6. banyaknya..

    untung la ada koleksi sebegini

    ReplyDelete
  7. Idola baruuu ini. Produktif sekali mba Muyasss, dari UC sekarang pindah ke Takaitu dan tetap sama, rajin bikin karya 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, makasih mbak, kalau udah suka pasti nulisnya jd rajin hehe

      Delete
  8. waduuuuuuuhhhhh prestasinya banyak banget mba. subhanallah ikut bangga deh emang suka banget menulis ya mba. saya jg jadi semangat deh nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, kutak suka menulis tapi kucinta..haha. semangaat mba menulisnya :)

      Delete

Powered by Blogger.