Daripada Kebanyakan Micin, Mending Pakai 7 Bahan Alami Ini Sebagai Penggantinya. Dijamin Lebih Sehat!

May 12, 2018

Selama ini kita tahu, banyak sekali kontroversi mengenai penggunaan penyedap masakan yang biasa kita sebut micin ini. Meski disebut tidak berbahaya ketika dikonsumsi dalam jumlah wajar, rupanya masih banyak juga yang galau dan dilema karena merasa khawatir micin bisa mempengaruhi fungsi otak manusia.

Micin memang bisa membuat menu masakan sehari-hari jadi lebih yummy. Orang yang sudah terbiasa mengonsumsi micin tentu akan merasa aneh ketika makan menu tanpa micin. Daripada terus-terusan mengonsumsi micin, mending kamu ganti dengan bahan alami yang sering kita konsumsi sehari-hari. Ternyata beberapa bahan makanan ini juga tak kalah gurihnya kok dengan micin. Kira-kira apa saja, ya? Simak ulasannya satu-persatu, ya!

1.      Tomat

Foto: pexels.com

Meski punya rasa sedikit asam, rupanya tomat yang sudah dipanggang atau dimasukkan ke dalam sup ayam buatanmu akan menciptakan sensasi gurih alami. Tomat memang punya zat istimewa itu. Jadi, kamu bisa menggunakannya sebagai salah satu tambahan untuk menyedapkan masakan. Biar kamu move on dari micin, mulai sekarang gantilah dengan tomat segar yang lebih kaya nutrisi ini.

2.      Seafood

Foto: pexels.com


Udang, kepiting dan jenis ikan laut juga punya rasa gurih alami yang tentu saja lebih aman dikonsumsi. Ketika kamu memasak nasi goreng, tambahkan cincangan udang kupas ke dalamnya. Tanpa tambahan micin sekalipun, nasi goreng spesial buatanmu akan tetap lezat, lho. Cobaih deh!

3.      Daging, unggas dan ikan

Foto: pexels.com


Selain seafood, kamu juga bisa menggunakan daging, unggas serta ikan air tawar sebagai salah satu pengganti micin. Kamu bisa memakai kuah kaldu daging yang direbus dengan api kecil sampai empuk. Sup ayam buatanmu pun akan tetap umami tanpa tambahan micin. Begitu juga dengan ikan air tawar seperti lele. Mangut lele buatanmu tetap enak, lho, meski tanpa micin.

4.      Jamur

Foto: pexels.com


Kandungan protein yang tinggi pada jamur memberikan sensasi gurih alami yang tidak bisa ditolak oleh siapa pun. Selain dipanggang, jamur juga bisa ditumis serta dibuat sup. Kamu pun siap bilang “Bye bye, Micin!”

5.      Gula

Foto: pexels.com


Bagi yang tidak terbiasa menggunakan micin, gula bisa jadi salah satu bahan pengganti yang mudah banget dicari. Kamu bisa menambahkan sedikit gula pada setiap masakan yang kamu sajikan di meja makan. Menambahkan gula bisa membuat masakan jadi lebih gurih, lho.

6.      Rempah-rempah

Foto: pexels.com


Penggunaan rempah-rempah rupanya bisa membuat masakan kamu lebih yummy, lho. Kombinasi rempah-rempah yang tepat bisa membuat masakan menjadi lebih lezat. Tumis brokoli dengan merica bubuk dan garam saja sudah enak. Gimana kalau kamu juga coba?

7.      Duo bawang

Foto: pexels.com


Jangan pelit ketika membuat bumbu masakan. Masukkan bawang merah dan bawang putih lebih banyak supaya masakan kamu lebih gurih meski tanpa micin. Duo bawang juga bisa digoreng terlebih dulu dan jadikan taburan untuk menu spesial kamu di rumah.

Itulah beberapa jenis bahan alami yang bisa kamu pakai sebagai pengganti micin. Jangan ragu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari ya. Ingat, kesehatan itu penting banget sebagai salah satu tabungan jangka panjang yang mestinya sudah mulai kamu siapkan sejak saat ini.



8 comments:

  1. Jamur bisa jadi penyedap rasa, toh? Baru tau saya. Perasaaan kalau pas makan jamur itu, rasanya hambar *iya hambar, kaya hidupmu, Nu* wqwq. Duo bawang itu apanya duo bunga, Mbak? xD

    ReplyDelete
  2. aku jarang banget mba masak pake tomat hehehe agak kurang sreg asem2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, klw sy rasanya segar klw dimasak..beda2 ya mba selera orang :)

      Delete
  3. makasih tipsnya mbak...segera dipraktekkan

    ReplyDelete
  4. Woow!! Ternyata ada jalan pintasnya yaa!! Pengganti micin...Bahkan lebih alami...Thanks mbak muyas sudah berbagi ilmu resep tentang bumbu..😄😄

    ReplyDelete

Powered by Blogger.