Ini Dia Cara Mudah Supaya Tetap Produktif Menulis dan Menghasilkan Meski Hanya Pakai Handphone

March 28, 2018


sumber


Ha, sungguh terlalu, ya. Bukannya tambah aktif malah tambah ngadat ngeblognya..huhu. Beberapa hari ini kepikiran sih mau ngisi lagi tapi setelah itu terbengkalai lagi karena aktivitas menulis di tempat lain.

Karena nggak mau pusing mau menulis apa, saya mau sharing saja ya, tentang kegiatan baru saya selama ini. Salah satunya adalah menulis di media online. Kenapa judulnya harus begitu? Salah satu alasannya karena memang itulah yang saya rasakan.

Kalau saya pribadi sih, masih memakai laptop di rumah. Hanya saat keluar rumah dan bepergian saja saya memanfaatkan handphone untuk tetap setor tulisan di media online. Tapi, beberapa teman saya dalam grup menulis artikel memang ada yang benar-benar full pakai handphone, lho. Meski agak kesulitan di awal, tetapi mereka tetap konsisten menghasilkan tulisan dan menghasilkan sampai detik ini.

Sempat saya mendengar dan membaca soal blogger yang bermasalah dengan UC News, dan saya nggak pungkiri itu benar karena memang ada teman saya mengenal salah satu dari mereka. Kalau saya lihat memang bloggernya udah tingkat dewa, ya. Satu tulisan mereka saja bisa dihargai beberapa juta. Dan itu “WAH” banget buat saya yang masih remahan. Saat yang lain khawatir dengan tulisan di blog yang takut kecolongan, saya sih nggak terlalu gimana-gimana karena memang blog saya masih remahan banget. Sedangkan selama ini saya memang banyak juga pakai sumber dan tulisan dari dalam blog pribadi walau bukan copas, ya.

Saya berharap masalah tersebut bisa segera diselesaikan, karena bagaimanapun, tulisan yang remeh saja tetap ada pemiliknya dan jika diambil tanpa izin tetap saja mencuri. Dan pelanggaran ini tidak hanya dilakukan oleh satu media online saja. Rupanya ada juga yang lain.

Alhamdulillah selama bergabung di sana saya merasa tidak ada masalah dan insya Allah begitu juga seterusnya. Saya hanya menjadi kreator biasa sama dengan teman-teman saya. Saya mendaftar pribadi bukan ditawarkan. Intinya untuk saat ini saya memang sedang menikmati di sana. Dan semoga ke depannya tidak ada masalah berarti.

Oke, kembali soal menulis dengan handphone. Awalnya saya sama sekali tidak tahu caranya menulis di UC News dengan handphone sampai suatu hari saya diminta sharing soal menerbitkan artikel di UC News oleh CEO IIDN. Dan kelabakan dong saya, rupanya banyak teman-teman yang belum bisa log in, salah satu masalah lainnya adalah bukan menerbitkan artikel, tapi log in lewat handphone.

Sempat menjerit dan ketakutan dengan pertanyaan satu ini, rupanya saya bisa memecahkannya bersama teman-teman. Jadi saya sempat browsing dan menemukan kata kuncinya, termasuk harus masuk lewat google chrome, tapi setelah itu masuk kok tampilannya beda? Kok nggak ada tempat untuk menulis artikel? Gapteknya keluar..he.

Dan beruntungnya ada salah satu dari mereka yang mengerti kata kunci lainnya, termasuk dengan mengubah tampilan handphone menjadi desktop. Masalah pun teratasi. Sejak saat itulah kami bergabung dalam satu grup bernama ODOA (One Day One Article).

Jadi, cara menulis artikel di UC News lewat handphone sebenarnya cukup mudah. Teman-teman bisa menulis dulu dan copas nanti di UC News atau langsung masuk ke UC News dan menulis di sana.

Cara masuknya simpel aja,
1.      Masuk UC News lewat google chrome, wajib banget.
2.      Klik UC News dan masuk program UC –Wemedia. Nanti teman-teman akan masuk ke halaman log in. Masukkan email dan seterusnya.
3.      Setelah masuk, teman-teman bisa ubah tampilan handphone supaya seperti laptop dengan klik 3 titik di kanan atas. Pilih tampilan desktop, ya.
4.      Setelah itu teman-teman bisa mulai menulis seperti biasa. Kalau tampilan berubah, silakan dirubah lagi. Begitu seterusnya.
5.      Nah, kalau saya pribadi saat menulis artikel di handphone supaya mudah, saya cari dulu sumber-sumbernya termasuk foto yang akan dipakai saya save dulu. Nanti tinggal ambil dan menuliskan sumber.

Berjalannya waktu, kami pun banyak mempelajari artikel-artikel yang banyak dapat hukuman seperti offline, dikurangi poin kredit, dibekukan akunnya hingga jeritan pilu akibat dibully oleh para komentator..kwkwk. Komenanya serem-serem juga ternyata. Kalau ingat saat itu sih lucu dan lugu banget. Meskipun saya belum pernah tahu rasanya offline, tapi mendengar itu seperti mengerikan sekali.

Sebelum ada peraturan baru saya sudah sempat naik peringkat emas dan mendekati berlian hanya kurang sekian angka saja. Tapi rupanya mau naik ke sana itu susaah banget, lho kalau sudah mulai peringkat emas. Sempat gemes banget tapi sekarang malah dirubah peraturannya tanpa peringkat.

Asyiknya menulis di UC apa, ya? Hm, sebelumnya saya bukan termasuk penulis artikel. Saya cuma penulis resep dan fiksi recehan..he. Saat baru masuk UC, saya baru belajar menulis artikel. Tetapi karena ternyata penulis di UC itu kebanyakan juga bukan penulis, jadi masuknya juga sebenarnya tidak akan terlalu sulit asalkan diperhatikan saja peraturannya, ya. Karena setiap media online punya aturan sendiri.

Nah, lalu bagaimana cara menghasilkannya? Kalau baru masuk sebulan hingga dua, tiga bulan mungkin masih tidak terasa. Tapi jika terus dipelajari pasti teman-teman akan tahu celahnya di mana, bagaimana menghasilkan konten yang disukai dan bermanfaat hingga yang banyak dibully..kwkwkwk.

Saya bersyukur, meski sempat dibully juga, tapi banyak juga yang merasa bahwa tulisan saya bermanfaat. Nah, ini kebahagiaan yang tak ternilai.

Sebelum ada rekomendasi kata “haram”, menulis yang seperti ini "Bukan Cadar, 5 Benda Inilah yang Haram Dipakai Oleh Muslimah Berhijab" dianggap sensitif dan sara. Rupanya setelah ada rekomendasi tema, semua yang dilarang jadi dihalalkan, lho. Nah, enaknya lagi, tulisan kita nggak akan dibaca satu dua orang saja, tetapi bisa ribuan bahkan ratusan ribu. Kalau itu berguna, kurang menyenangkan apa coba? Artikel di atas sudah dibaca lebih dari 40 rb orang. Ada juga artikel saya yang dibaca lebih dari 100 rb orang. Meski angka ini cukup kecil bagi senior, tapi bagi saya ini sudah sangat luar biasa.

Saya yakin, di mana-mana pastilah ada kurang dan lebihnya. Termasuk di sini. Setelah bergabung dengan grup Perempuan Menulis dan menggarap ratusan artikel, rasanya semua itu semakin mudah dijalani dan menyenangkan.

Nah, bagi teman-teman yang ingin tahu bagaimana cara menulis dan produktif lewat handphone, di atas saya sudah memberikan tutorialnya, sisanya silakan teman-teman bersabar mengisi artikel hingga naik poin indeks dan teman-teman akan tahu sendiri hasilnya.

Niatkan untuk menebar manfaat, hasilnya adalah bonus kerja keras. Nah, menulis lewat handphone bukan hanya di UC News, di blog juga dan media lainnya juga bisa. Menulis juga bisa lewat buku. Termasuk dengan menulis kisah-kisah inspiratif seputar ramadhan. Ih, jadi pengen promosi…kwkwk.



Ini buku antologi saya bersama teman-teman yang diterbitkan lewat penerbit Ziyad dan sudah terjual hampir 30 rb buku selama masa pre order saja. Jangan sampai teman-teman tidak memilikinya, ya.

Menulis bukan hanya di blog saja, media online dan buku. Teman-teman juga bisa menulis status yang dijadikan buku. Mentor saya sudah pernah melakukan ini, lho. Asalkan statusnya bermanfaat pastilah bisa jadi tulisan menarik, ya.

Selamat berkarya dan terus semangaat *sambil menyemangati diri sendiri :D

Salam hangat,
www.muyass.com

11 comments:

  1. Hebat mba saya belum pernah nulis di UC tapi full nulis udah pake hp cz ribet klo buka laptop hehhe semangat mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, betul mbak..tapi sy suseeeh karena klw di uc harus intip sumber2 gt..

      Delete
  2. Membagi waktunya ya mbak muyass yg tambah susah itu hihi
    Saya sering nulis lewat hp mbak,bisa dimana saja soalnya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang menulis lewat hp itu bs di mana aja ya mbak.. :)

      Delete
  3. Saya masih malu bergabung dengan UC, maklum kualitast tulisan dan artikel tergolong sangat remahan. Malu lah kalau sampai dibaca banyak orang.
    Saya pakai hape kalau hanya sekedar membalas komentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, belum tahu UC berarti nih..di sana justru kebanyakan bukan penulis mas, kecuali siapa gitu ya. Saya pun masih remahan tapi sy percaya diri aja sih..hihi *nggak tahu malu :D

      Delete
  4. Hpnya perlu yang bagus biar ngetiknya nyaman

    ReplyDelete
  5. kalo saya nulisnya emg full dari hp mbak karna gak punya laptop :D tapi btw nulis di uc manfaatnya apa ya mbak, apa bisa dpt duit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manfaatnya bikin happy karena dibayar *eh :D

      Delete
  6. Artikel-artikel penulis UC tuh yang sering nongol di tampilan awal itu ya mbak Syaroh? Pernah install UC di HP, trus pernah habisin waktu 1 jaman juga cuma buat baca artikel2 yang kerap muncul di halaman depan browser UC itu :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.